Kasus Positif COVID-19 di PPU Naik Jadi 72 Pasien

Ada penambahan delapan kasus hari ini

Penajam, IDN Times - Kasus pasien terkonfirmasi positif di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus merangkak naik. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 PPU dr. Jansje Grace Makisurat mengatakan, saat ini kasus aktif tercatat sebanyak 72 orang pasien.

“Per hari ini total pasien positif COVID-19 di PPU naik menjadi 72 orang dari 304 jumlah keseluruhan pasien terkonfirmasi positif COVID-19,” ujarnya kepada IDN Times di Penajam, Kamis (24/12/2020).

Baca Juga: Tambah 7 Kasus Positif COVID-19 di PPU, 2 Diantaranya Nakes RSUD PPU

1. Ada penambahan delapan pasien positif hari ini

Kasus Positif COVID-19 di PPU Naik Jadi 72 PasienIlustrasi lawan COVID-19 PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Per Kamis, ada delapan tambahan kasus positif COVID-19. Sedangkan enam pasien selesai menjalani isolasi mandiri. Sehingga saat ini terdapat 72 kasus aktif, dengan total kasus 304 orang selama pandemik.

Delapan pasien terkonfirmasi positif hari ini, semuanya warga Kecamatan Penajam.

"Kami beri kode  PPU 297 perempuan (29) alamat Kelurahan Gunung Seteleng, masih dilakukan proses pelacakan kontak erat dengan siapa, lalu PPU 298 laki-laki (48) tinggal di Kelurahan Lawe-Lawe, merupakan klaster tambang salah satu perusahaan subkontraktor migas di PPU,” katanya.

2. Selain tambahan klaster tambang, hari ini ada dua positif klaster keluarga

Kasus Positif COVID-19 di PPU Naik Jadi 72 PasienBahaya Klaster Keluarga (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain satu tambahan klaster tambang, lanjutnya, hari ini juga dua pasien dari klaster keluarga. Masing-masing PPU 299 bayi laki-laki usia delapan bulan, yang kontak erat dengan PPU 300 laki-laki usia 34 tahun. Kedua pasien ini ada hubungan keluarga.

“Selain PPU 297,PPU 298, PPU 299 dan PPU 300, ada empat pasien terkonfirmasi positif non klaster tetapi masih dilakukan pelacakan kontak erat dengan positif berkode berapa. ada empat orang itu, yaitu, PPU 301 perempuan (56) tinggal di Desa Girimukti, PPU 302 laki-laki (55) alamat Kelurahan Gresik, PPU303 laki-laki (26) juga tidak d ikelurahan Gersik namun beda RT dan terakhir PPU 304 laki-laki (45) alamat Kelurahan Petung,” urainya.

Untuk diketahui, PPU 302,303 dan PPU 304, jelas Grace, saat sedang menjalani perawatan medis di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung (RAPB) sementara lainnya melakukan isolasi mandiri dan diarahkan ke lokasi karantina isolasi terpadu di rumah susun sewa (Rusunawa).

3. Terdapat enam pasien terkonfirmasi positif selesai isolasi atau sembuh

Kasus Positif COVID-19 di PPU Naik Jadi 72 Pasiendr. Jansje Grace Makisurat (IDN Times Ervan Masbanjar)

Sementara itu, tambahnya, untuk pasien yang selesai isolasi atau sembuh hari ini sebanyak enam orang. Yaitu PPU 227, PPU 232, PPU 238, PPU 239, PPU 240 dan PPU 258. Dimana PPU 232 perempuan (32) warga Kelurahan Petung merupakan tenaga kesehatan yang selama pengobatan di isolasi di Wisma PKK PPU.

“Dengan sembuhnya enam pasien terkonfirmasi tersebut, maka jumlah keseluruhan pasien positif yang selesai isolasi atau sembuh mencapai 222 orang dari total keseluruhan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di PPU sejak 22 Maret 2020 lalu hingga hari ini, dengan presentasi angka kesembuhan sekitar 73 persen lebih, sementara kasus pasien meninggal tetap 10 orang,” sebut Grace.

Ia mengimbau masyarakat untuk tetap patuh protokol kesehatan, selalu menggunakan masker, menjaga jarak aman, sering cuci tangan menggunakan sabun, beretika ketika batuk dan bersin.

“Kami juga meminta masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan yang mengumpulkan atau menghadirkan banyak orang dan membatasi aktivitas, guna memutus rantai penyebaran COVID-19 khususnya di PPU,” pungkasnya. 

Baca Juga: Lima Desa di Penajam Paser Utara Diklaim Milik Kabupaten Paser

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya