Kembangkan Bakat Maritim, Kawasan IKN Saka Bahari PPU Dikukuhkan 

IKN butuhkan Saka Bahari

Penajam, IDN Times - Pengurus Satuan Karya Pramuka (Saka) Bahari Kwartir Cabang Penajam Paser Utara (PPU) masa bakti 2023-2028 resmi dikukuhkan, Sabtu (12/2/2023). Pengembangan bakat maritim masyarakat di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

“Ada empat Krida atau tindakan perbuatan di Saka Bahari pertama Krida Sumberdaya Bahari, Jasa Bahari, Wisata Bahari, dan Krida Reksa Bahari.  Di mana semua menyentuh dalam kehidupan masyarakat apalagi kawasan kita masuk dalam daerah IKN Nusantara,” kata Ketua Majelis Pembimbing Saka (Mabi Saka) Bahari Kaltim Kolonel Laut (P) Rasyid Al Hafiz. 

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Balikpapan ini mengukuhkan Mabisaka Bahari dan pengukuhan Pengurus cabang Saka Bahari Kwarcab PPU di Pelabuhan Feri ASDP Penajam. Turut hadir Bupati PPU Hamdam selaku Ketua Mabicab Kwarcab PPU.

1. Berguna bagi diri pribadi keluarga dan masyarakat

Kembangkan Bakat Maritim, Kawasan IKN Saka Bahari PPU Dikukuhkan Pengurus Mabi Saka Bahari PPU (IDN Times/Ervan)

Diterangkannya, Saka Bahari adalah salah satu satuan karya pramuka yang diselenggarakan secara nasional di Indonesia. Dalam kaitannya dengan kegiatan Saka Bahari mengandung arti segala kegiatan yang ada sangkut pautnya dengan sistem lingkungan hidup atau ekosistem kelautan dan perairan.

“Saka Bahari sebagai wadah pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pandega dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang kebaharian yang berguna bagi diri pribadi, keluarga, masyarakat dan lingkungan serta dapat menjadi bekal dalam mengembangkan lapangan kerja,” tuturnya.

Ia menerangkan, anggota Pramuka itu tidak ada yang tua, tapi semua muda namun di bawah terik sinar matahari ini belum ada apa-apanya, tetapi para pengurus saka bahari PPU kuat bertahan mengikuti pengukuhan itu. 

Baca Juga: Bupati PPU Meminta Masyarakat Lebih Aktif dalam Penyusunan Musrenbang 

2. Saka Bahari PPU pertama dilantik di Kaltim

Kembangkan Bakat Maritim, Kawasan IKN Saka Bahari PPU Dikukuhkan Bupati Hamdam mendapat tanda lambang kehormatan Saka Bahari dari Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Rasyid Al Hafiz (IDN Times/Ervan)

Para pejuang yang terdahulu berjasa merebut kemerdekaan. 

“Sementara para pejuang pendahulu kita berjuang untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah atau memerdekakan negara ini dengan keringat dan darah, sekarang kita baru keringat sedikit saja, jadi belum ada apa-apanya sehingga saya mengajak untuk kita semua untuk tetap semangat untuk mengisi kemerdekaan ini,” pintanya.

Dikatakannya, dirinya selaku Ketua Mabi Saka Bahari Kaltim mengakui Saka Bahari di PPU ini merupakan yang pertama dilantik di Kaltim, sehingga diharapkan di Saka ini kembali berjaya dan hidup kembali.

“Dan di PPU ini merupakan yang pertama dan saya melihat semangatnya juga sangat luar biasa,” tukasnya. 

3. Saka Bahari harus lakukan kerja keras dengan ikhlas

Kembangkan Bakat Maritim, Kawasan IKN Saka Bahari PPU Dikukuhkan Tradisi Dewan Kerja Saka Bahari dan Dewan Kerja Ambalan SMK Pelayaran Nusantara PPU (IDN Times/Ervan)

Ia membeberkan, PPU merupakan bagian dari IKN Nusantara yang wilayahnya masuk dari laut, teluk, dermaga hingga menyisir ke darat. Sehingga peran serta Saka  Bahari untuk melakukan kerja keras dengan ikhlas.

“IKN membutuhkan seluruh anggota atau adik dan kakak Saka Bahari, berupa kerja keras dan ikhlas baik berusia di atas 50 tahun dan di bawah usia itu, jadi kita sangat dibutuhkan untuk membangun negara ini,” tegas Rasyid Al Hafiz  

Dia juga berharap, Saka Bahari terus melaksanakan kegiatan secara berkelanjutan. Selain itu, pramuka bukan seragamnya, tetapi yang terpenting adalah jiwa kepramukaannya. 

“Pada kesempatan ini, kami juga memberikan dana pembinaan untuk Saka Bahari PPU, agar menjadi motivasi dalam melaksanakan kegiatannya,” tutupnya.   

4. Saka Bahari harus persiapkan diri hadapi IKN

Kembangkan Bakat Maritim, Kawasan IKN Saka Bahari PPU Dikukuhkan Dewan Kerja Saka Bahari dan Dewan Kerja Ambalan SMK Pelayaran Nusantara PPU (IDN Times/Ervan)

Sementara itu, Bupati PPU Hamdam mengatakan dirinya sebagai bupati mengapresiasi dan menyambut baik, karena ia yakin dengan terbentuknya Saka Bahari ini, akan lebih banyak lagi putra dan putri di PPU yang akan mendapatkan keterampilan dan mental yang kuat.

“Saya berpesan, dengan adanya IKN Nusantara warga PPU termasuk anggota Saka Bahari harus mempersiapkan diri, terutama SDM nya, agar nantinya bisa ikut mengambil peran dalam proses pembangunan Ibu Kota baru dan tidak hanya menjadi penonton,” harapnya.

Ia meminta, para pengurus Saka Bahari yang baru dikukuhkan segera melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, mudah-mudahan hubungan antara Saka Bahari dengan pemerintah PPU bisa terjalin dengan baik. “Tentu ujungnya adalah untuk menyejahterakan rakyat PPU,” pungkas Hamdam.

Baca Juga: Kondisi Pasar Sepaku di PPU Dilaporkan Rawan Lakalantas 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya