Lagi, Jumlah ODP COVID-19 Penajam Paser Utara Bertambah Jadi 106 Orang

Sebagian ODP telah selesai masa pemantauan

Penajam, IDN Times -  Jumlah warga yang masuk dalam status Orang dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) per Minggu (29/3), kembali bertambah dua orang, sehingga kini jumlah kasus corona yang ditangani oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) total mencapai 106 atau naik dua kasus.

"Jumlah ODP kita kembali bertambah sebanyak dua orang tetapi jumlah itu tidak menjadi tren kenaikan jumlah, karena ODP yang telah selesai pemantauan seimbang jumlahnya dengan ODP yang baru masuk dalam data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19,"  ujar Juru Bicara Pemerintah Kabupaten PPU, dr. Arnold Wayong, MM dalam siaran persnya, Minggu (29/3).

1. Terdapat 88 ODP virus corona

Lagi, Jumlah ODP COVID-19 Penajam Paser Utara Bertambah Jadi 106 OrangPemerintahaan desa Semoi Dua, Kecamatan Sepaku dirinykan Posko Tanggap Darurat COVID-19 guna mencegah penyebaran corona di wilayah tersebut (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Diungkapkannya, hingga kini di PPU tidak ada warga yang ditetapkan sebagai Pasien dalam Pengawasan (PDP) dalam satu minggu terakhir. Arnold berharap kondisi itu bertahan hingga akhir.

Sementara, dari 106 kasus yang ditangani pihaknya terdiri dari 88 ODP virus corona dan 18 ODP yang telah selesai pemantauan. Naik dua ODP dibandingkan posisi per Sabtu (28/3) kemarin kasus tertangani mencapai 104 kasus se-PPU.

Untuk ODP sebanyak 88 orang per Ahad ini, bebernya, berasal dari Kecamatan Penajam sejumlah 33 orang lalu Kecamatan Waru tiga orang, ODP di dua kecamatan ini tidak ada perubahan sama dengan Sabtu kemarin.

Baca Juga: [BREAKING] Kaltim Tambah 6, Total 17 Orang Positif Virus Corona

2. Terjadi perubahan jumlah ODP di Kecamatan Babulu dan Sepaku

Lagi, Jumlah ODP COVID-19 Penajam Paser Utara Bertambah Jadi 106 OrangPolres PPU, BPBD dan Tagana Dinsos PPU dirikan tenda penyemprotan disinfektan di pintu masuk pelabuhan speedboat dan kelotok Penajam (IDN Times/Ervan Masbanjar)

"Terjadi perubahan jumlah ODP di Kecamatan Babulu dan Sepaku, dimana awalnya Babulu 38 orang kini menjadi 39 orang atau bertambah satu orang dan Sepaku Sabtu kemarin 14 kasus hari ini menjadi 132 orang atau berkurang satu ODP," bebernya.

"Sedangkan untuk ODP yang dinyatakan selesai pemantauan berjumlah 18 orang atau bertambah dua orang dibandingkan data Sabtu kemarin yakni sejumlah 16 kasus," tutur Arnold.

3. Dua warga Penajam selesai sebagai ODP

Lagi, Jumlah ODP COVID-19 Penajam Paser Utara Bertambah Jadi 106 OrangJuru Bicara Pemkab PPU terkait Penanganan COVID-19, dr. Arnold Wayong (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Arnold merinci, 18 ODP yang dinyatakan selesai pemantauan tersebut, dua warga  Kecamatan Penajam yang selesai sebagai ODP, sehingga awalnya 10 orang menjadi 12 warga. Sedangkan di Kecamatan Waru dan Sepaku masing - masing satu orang . Begitu pula dengan di Kecamatan Babulu jumlahnya tetap sama yaitu empat orang.

Arnold meminta, agar masyarakat untuk tetap tenang serta menjalankan anjuran pemerintah berupa social distancing atau physical distancing. Bagi masyarakat yang ingin  mendapatkan informasi terkait COVID-19 di PPU dapat menghubungi hotline 082157516261 dan 082157816663

Baca Juga: Warga Balikpapan Bisa Periksa Rapid Test Virus Corona Mandiri di RSKD

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya