Liburan Nataru, Polres PPU Antisipasi Wisatawan di Titik Nol IKN

Pengamanan titik nol Badan Otorita IKN

Penajam, IDN Times - Polres Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) mengantisipasi lonjakan wisatawan di lokasi titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Terutama peningkatan arus transportasi selama liburan Natal dan Tahun Baru 2023 nanti. 

Diprediksi pengguna jalan raya akan mengalami peningkatan serta aktivitas pembangunan di wilayah itu.

“Kita akui liburan Natura tahun ini agak istimewa dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, karena lokasi  titik nol IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku PPU, bakal diserbu oleh wisatawan," kata Kapolres PPU Ajun Komisaris Besar Polisi Hendrik Eka Bahalwan kepada IDN Times, Kamis (22/12/2022). 

Polres PPU menggelar apel gelar pasukan Operasi Lilin Mahakam Tahun 2022. 

1. Mendirikan pos pengamanan dan pelayanan di IKN Sepaku

Liburan Nataru, Polres PPU Antisipasi Wisatawan di Titik Nol IKNKapolres PPU AKBP Hendrik Eka Bahalwan berikan arahan kepada personil Operasi Lilin Natura 2022 , Kamis 22/12/2022 (Dok. Humas Polres PPU)

Hendrik memperdiksi arus transportasi kendaraan menuju titik nol IKN akan padat tahun ini. Bertepatan dengan musim lebaran sekolah, perayaan Natal dan Tahun Baru 2023.  

Pos pengamanan dan pelayanan langsung didirikan di Markas Polsek Sepaku terdiri 60 personel Polri, TNI, pemerintah daerah, dan mitra. 

“Kami bakal mendirikan 15 pos yakni satu pos terpadu di Pelabuhan Penyeberangan Feri Penajam, satu pos di Petung dan 13 Pospam,” katanya.

Polres PPU pun mengonfirmasi ke Badan Otorita IKN tentang pengamanan titik nol IKN. Apakah lokasi tersebut terbuka untuk umum atau tidak. 

“Kami masih menunggu jawaban dari konfirmasi yang telah kami sampaikan guna mengetahui teknis dan mekanismenya, namun hingga kini masih belum konfirmasi balasan,” sebutnya.

Baca Juga: Korban Tenggelam, BPBD PPU Meminta Waduk ITCI Ditutup untuk Umum

2. Operasi Lilin dikerahkan 601 personel gabungan

Liburan Nataru, Polres PPU Antisipasi Wisatawan di Titik Nol IKNApel gelar pasukan personil gabungan operasi lilis Mahakam tahun 2022 di Polres PPU, Kamis 22/12/2022 (Dok. Humas Polres PPU)

Kapolres mengungkapkan, untuk Operasi Lilin Mahakam Tahun 2022 ini pihaknya akan mengerahkan 601 orang personel atau lebih banyak dibandingkan tahun 2021 kemarin yang jumlah lebih dari 200 orang.

“Total ada 601 personel yang dikerahkan terdiri dari unsur Polres, TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol PP dan unsur pemerintah lainnya di PPU. Ditambah dari personel dari mitra Polres PPU seperti Senkom, Pramuka, Relawan PMI, dan Banser,” urainya.    

Untuk diketahui, tambahnya, saat ini sejumlah personel telah dikerahkan untuk melakukan pengamanan gereja untuk mengamankan jalannya ibadah natal. 

Dikatakannya sesuai dengan atensi Kapolri, Polres PPU sendiri pada pelaksanaan Operasi Lilin tahun ini, menitikberatkan pada pengamanan jalur penyeberangan, tempat atau rumah ibadah serta obyek wisata guna memberi rasa amankan kepada pengunjung tempat wisata itu.

3. Sepanjang jalan negara dan provinsi dalam keadaan baik

Liburan Nataru, Polres PPU Antisipasi Wisatawan di Titik Nol IKNApel gelar pasukan personil gabungan operasi lilis Mahakam tahun 2022 di Polres PPU, Kamis 22/12/2022 (Dok. Humas Polres PPU)

Terpisah Kepala Dishub PPU Ahmad menerangkan, pihaknya mengerahkan sebanyak 20 orang petugas membekap pelaksanaan Operasi Lilin 2023 ditempatkan di empat pos. Yakni Pos Terpadu, Pospam Pantai Tanjung Jumlai, Pantai Corong, dan Pantai Amal. 

“Masing-masing Pos ditempatkan lima orang personel Dishub PPU,” bebernya.   

Sedangkan untuk kondisi jalan, terangnya, berdasarkan hasil monitoring pihaknya pada umumnya sepanjang jalan provinsi dan negara yang berada di wilayah PPU dalam keadaan baik. Meskipun ada jalur yang dinilai rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas.  

“Pemasangan rambu pasti dan tetap dilakukan untuk lokasi rawan kecelakaan. Bahkan kami juga melakukan kontrol sosial bersama kepolisian serta unsur lain," paparnya.

Baca Juga: Pencurian Onderdil Alat Berat di PPU, Pelaku Kabur ke Balikpapan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya