Luhut: Kami akan Cek Kemajuan Pembangunan IKN secara Berkala

Harga tanah ditetapkan dengan benar

Penajam, IDN Times - Ketua Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Percepatan Investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, mengecek kemajuan pembangunan IKN secara berkala. 

“Kami akan mengecek kemajuan lapangan secara berkala,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ini dalam keterangan tertulis kepada IDN Times, Jumat (19/5/2023).

Luhut meninjau progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Rabu 17 Mei 2023 lalu. Turut mendampingi Kepala OIKN Bambang Susantono dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti. 

1. Masalah pertanahan segera diselesaikan

Luhut: Kami akan Cek Kemajuan Pembangunan IKN secara BerkalaKetua Satgasus Luhut Binsar Pandjaitan bersama Kepala OIKN Bambang Bambang Susantono. Foto Tim Komunikasi OIKN (IDN Times/Ervan)

Luhut mengatakan, pihaknya berperan dalam mengkoordinasikan lintas kementerian sesuai perannya sebagai Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Rombongannya meninjau lokasi proyek Hunian Tapak Menteri, Sumbu Kebangsaan Barat, dan Istana Presiden.

Luhut menjelaskan, bagian paling penting yang perlu segera diselesaikan adalah masalah pertanahan, agar semua bisa memberi kepastian untuk investor berinvestasi.

“Termasuk di dalamnya adalah soal harga tanah yang perlu ditetapkan dengan mekanisme yang benar melalui appraisal,” tegasnya.

Baca Juga: Hotel Whiz Prime di Balikpapan Kebakaran

2. Ingin memastikan berjalan sesuai target

Luhut: Kami akan Cek Kemajuan Pembangunan IKN secara BerkalaKetua Satgasus Luhut Binsar Pandjaitan saat kunjungi IKN . Foto Tim Komunikasi OIKN (IDN Times/Ervan)

Kepala OIKN Bambang Susantono menambahkan, Presiden Joko Widodo sudah menunjuk Menko Marves menjadi Ketua Satgasus Percepatan Investasi di IKN. Selain itu, Menko Marves ingin memastikan pembangunan infrastruktur prioritas sudah berjalan sesuai targetnya.

“Menko Marves ingin melihat kemajuan pembangunan Nusantara serta membahas peluang-peluang investasi yang dapat segera direalisasikan di IKN,” ujar Kepala OIKN.

Diungkapnya, presiden telah memerintahkan jajarannya untuk mempercepat proses, agar investasi di IKN dapat terealisasi sesuai dengan koridor dari peraturan perundangan yang berlaku, termasuk di dalamnya penyelesaian permasalahan pertanahan. 

3. Ingin segala sesuatunya clean and clear

Luhut: Kami akan Cek Kemajuan Pembangunan IKN secara BerkalaKetua Satgasus Luhut Binsar Pandjaitan bersama Kepala OIKN Bambang Bambang Susantono. Foto Tim Komunikasi OIKN (IDN Times/Ervan)

Bambang memastikan agar area investasi ditawarkan kepada investor sudah aman.

“Kita ingin agar segala sesuatunya clean and clear, istilahnya begitu, jadi yang akan ditawarkan kepada investor ini adalah tanah-tanah yang sudah matang dan kita tahu harganya sehingga mereka bisa langsung menghitung,” ungkapnya. 

Akhirnya, pemerintah pun membentuk satuan tugas khusus dipimpin Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan di mana tugasnya mengkoordinasikan dalam percepatan investasi di IKN. 

Hal ini juga diungkapkan Bambang usai mengikuti rapat yang dipimpin oleh Presiden di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (15/05/2023). Turut hadir Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana OIKN Silvia Halim serta Deputi Bidang Perencanaan dan Pertanahan OIKN Mia Amalia.

Baca Juga: Kemenkumham dan Kota Balikpapan MoU Perlindungan Kekayaan Intelektual 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya