MenPAN-RB Minta ASN PPU Siapkan SDM untuk Sambut IKN

Jokowi perintahkan MenPAN-RB siapkan SDM

Penajam, IDN Times - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas meminta, aparatur sipil negara (ASN) di Penajam Paser Utara (PPU) mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) dalam menyambut Ibukota Nusantara (IKN). 

MenPAN-RB mengunjungi Kabupaten PPU di Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (10/6/2023). 

“Selama ini banyak teman-teman dari kementerian berkunjung ke titik nol tetapi belum ke SDM-nya. Nah saya oleh bapak presiden ditugasi untuk menyiapkan terkait dengan pemindahan IKN dan soal SDM ini,” katanya kepada awak media usai pertemuan.

1. Ke depan PPU jadi bagian penting proses IKN

MenPAN-RB Minta ASN PPU Siapkan SDM untuk Sambut IKNBupati PPU Hamdam sambut MenPAN-RB, Abdullah Azwar Anas dalam Kunkernya ke PPU (IDN Times/Ervan)

Ia mengungkapkannya, pertemuan ini dapat dikatakan semacam menteri mengajar ASN khususnya di PPU. Ia menyampaikan secara detail bagaimana agar ASN di Kabupaten PPU ini benar-benar disiapkan menjadi ASN yang berkelas dan punya SDM yang bagus.

“Maka tadi saya sampaikan skala prioritas terkait digital yang harus disiapkan. Karena mau tidak mau ke depan PPU akan menjadi bagian penting dari proses IKN yang ada nantinya,” ujar Mantan Bupati Banyuwangi dua periode ini.

Dituturkannya, jangan sampai IKN berdiri dengan sistem Otorita IKN, tetapi SDM di Kabupaten PPU tidak disiapkan. Oleh karena diharapkan pelayanan publik  segera dibangun, karena pelayanan publik itulah akan mengintegrasikan beberapa layanan di sana. 

Baca Juga: Kejari PPU Buka Posko untuk Antisipasi Adanya Pidana Pemilu

2. Target kemiskinan agar didorong untuk diselesaikan

MenPAN-RB Minta ASN PPU Siapkan SDM untuk Sambut IKNMenPAN-RB, Abdullah Azwar Anas didampingi Bupati PPU Hamdam ketika berikan materi kepada ASN PPU (IDN Times/Ervan)

Begitu juga dengan target kemiskinan yang ada agar segera untuk diselesaikan, termasuk kemiskinan ekstrem yang ada. 

Tetapi terkait kemiskinannya, tegasnya, juga beres, begitu pula jemput bola terhadap layanan-layanan publik lainnya, IKN pindah tapi urusan di lokal juga diharapkan beres.

“Untuk menuju ke sana kunci salah satunya, adalah pada engine percepatan birokrasi. Maka dari itu birokrasi yang melayani dan birokrasi digital itu menjadi salah satu alternatif,” ujarnya.

Ditekannya, ia telah menyampaikan ASN nya harus punya passion atau gairah, bahwa  kehormatan IKN ada di Kabupaten PPU. Kalau SDM nya tidak berubah maka akan disayangkan nantinya. 

3. ASN seperti mobil enginenya tidak bagus maka tidak bisa melompat

MenPAN-RB Minta ASN PPU Siapkan SDM untuk Sambut IKNMenPAN-RB, Abdullah Azwar Anas dalam pertemuan dengan pejabat dan PPU (IDN Times/Ervan)

“Karena itu kita ingin meningkatkan aparatur SDM yang ada. Motivasinya karena ASN ini seperti mobil, kalau enginenya tidak bagus maka tidak bisa melompat. Jadi itu yang harus kita benahi,” ucapnya. 

Ini merupakan bukti bahwa keseriusan yang disampaikan melalui saran Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk disiapkan SDM-nya di kabupaten PPU. 

“Bapak presiden Jokowi telah memerintahkan ke kami selaku MenPAN-RB untuk menyiapkan SDM nya. Nanti secara bertahap semua di IKN akan digital. Pemerintah lokalnya harus didorong, yaitu birokrasi. Sekarang saya bertemu Bupati, Sekda untuk menyiapkan SDM yang lebih preferensi dan melayani untuk menyambut IKN ini,”  tukasnya.

4. Berupaya lakukan sejumlah langkah strategis

MenPAN-RB Minta ASN PPU Siapkan SDM untuk Sambut IKNMenPAN-RB, Abdullah Azwar Anas dalam pertemuan dengan pejabat dan PPU (IDN Times/Ervan)

Sementara ini Bupati PPU Hamdam menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada jajaran KemenPAN-RB, karena dengan padatnya jadwal kegiatan yang ada dapat berkenan hadir ke Kabupaten PPU dalam rangka kegiatan penting terkait peningkatan  SDM aparatur sipil negara tersebut. 

Pihaknya akan berupaya melakukan sejumlah langkah strategis , agar SDM ASN di PPU terus bergairah dan meningkat sebagaimana keinginan presiden dalam rangka pemindahan IKN ke PPU tersebut.

“Atas nama pribadi maupun Pemerintah Daerah Kabupaten PPU kami menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Menteri Pan RB Bapak Abdullah Azwar Anas yang telah hadir di Kabupaten PPU ini," pungkasnya.

Baca Juga: PHKT Tanam 5 Ribu Bibit Mangrove dan Bersih Pantai di PPU

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya