OIKN Bertekad Turut Terkoneksi Gerakan Global Tujuan SDGs

Lakukan tinjauan lokal sukarela

Penajam, IDN Times – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyatakan untuk turut terkoneksi dengan gerakan global dalam menyelaraskan pembangunan kota dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Hal ini disampaikan Kepala OIKN, Bambang Susantono melalui Staf Khusus Bidang Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), Diani Sadiawati, dalam forum ECOSOC High Level Political Forum on Sustainable Development (HPLF) 2023 yang berlangsung pada sejak 10-20 Juli 2023 di Markas Besar PBB (UNHQ) New York, dihadiri oleh delegasi dari 196 negara.

“Untuk melacak dan melaporkan kemajuan SDGs di Nusantara, kami akan melakukan tinjauan lokal sukarela atau Voluntary Local Review (VLR) tahun depan 2024. Dengan ini, Nusantara akan menjadi kota pionir di Indonesia yang melakukan tracking dan review SDGs secara sistematis,” ungkap Diani Sadiawati, dalam paparannya berjudul Nusantara Indonesia’s Sustainable Forest City.

Baca Juga: Para Guru di Kaltim Sampaikan Aspirasi Pendidikan pada OIKN

Baca Juga: 4 Pelabuhan di Kaltim Memuat Barang Ekspor Senilai 14,55 Miliar Dolar

1. Keterlibatan masyarakat lokal sangat penting

OIKN Bertekad Turut Terkoneksi Gerakan Global Tujuan SDGsStaf Khusus Bidang Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), Diani Sadiawati. Foto Humas OIKN (IDN Times/Ervan)

Ia menambahkan, keterlibatan masyarakat lokal sangat penting untuk kesuksesan Nusantara. Pelibatan masyarakat dilakukan melalui pendidikan dan inisiatif yang mempromosikan praktik berkelanjutan. 

“Upaya konservasi dan pengelolaan lingkungan serta ekowisata yang akan menciptakan ekonomi berkelanjutan bagi masyarakat lokal,” ungkap Diany dalam seminar bertajuk Driving changes at the local level Innovative approaches to localize the SDGs (Experience, reflections, and ways forward.), Senin (17/7/2023) kemarin, diadakan oleh Delegasi Republik Indonesia dengan dukungan penyelenggara oleh UNDP, United Cities dan UCLG.

Tenaga Ahli Komunikasi OIKN, Troy Pantouw dalam siaran persnya, Jumat (21/7/2023) mengatakan, ini adalah kesempatan besar ini untuk mendorong kerjasama dengan institusi lain yang hadir dalam pertemuan ini.  

2. Nusantara posisikan diri sebagai laboratorium hidup

OIKN Bertekad Turut Terkoneksi Gerakan Global Tujuan SDGsPresiden Jokowi bersama Gubernur Kaltim Isran Noor saat meninjau kawasan IKN yang berkontur pegunungan. (IDN Times/ Istimewa)

“Seminar itu, juga dihadiri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, bapak Abdul Halim Iskandar serta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Pembangunan Nasional, pak Suharso Monoarfa dan beberapa pejabat teras kementerian terkait lainnya,” tukasnya.

Nusantara, sambungnya, memposisikan diri sebagai laboratorium hidup. Nusantara juga menyambut mitra yang tertarik untuk melakukan eksperimen, pengujian dan implementasi konsep serta pendekatan terbaru mereka, dalam pembangunan perkotaan berkelanjutan.

“Kami juga ingin terus mengundang ide dan perspektif baru, untuk membantu kami membentuk kota serta menjadikannya lebih layak huni, menyenangkan dan berkelanjutan,” tegasnya.

3. Nusantara mengadopsi kemitraan multi-stakeholder

OIKN Bertekad Turut Terkoneksi Gerakan Global Tujuan SDGsPembangunan Istana Negara di Ibukota Nusantara di Kalimantan Timur, Kamis (8/6/2023). (IDN Times/Sri.Wibisono)

Troy menjelaskan, guna memastikan kelancaran implementasi Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs, Nusantara mengadopsi kemitraan multi-stakeholder, terdiri dari lembaga pemerintah, komunitas lokal, bisnis, organisasi masyarakat sipil dan akademisi.  

Kolaborasi dan kemitraan, sebutnya, adalah modalitas penting untuk memastikan pendekatan implementasi yang komprehensif dan menyeluruh. Sedangkan kerjasama dengan organisasi internasional untuk mengembangkan dasar keanekaragaman hayati dan strategi konservasi di Nusantara.

“Ini akan memandu kita selama proses pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals di Ibu Kota Negara bernama Nusantara tersebut,” pungkas Troy.

Topik:

  • Silfa Humairah Utami

Berita Terkini Lainnya