4 Pelabuhan di Kaltim Memuat Barang Ekspor Senilai 14,55 Miliar Dolar

Ekspor ke Asia dan Eropa

Samarinda, IDN Times - Sebanyak empat pelabuhan laut maupun sungai di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada Periode Januari - Juni 2023 memuat berbagai komoditas migas dan nonmigas untuk diekspor ke sejumlah negara tujuan. Nilainya sebesar 14,55 miliar dolar AS.

"Negara tujuan ekspor sebesar itu antara lain ke Cina, Malaysia, Jepang, Belanda, Spanyol, Kroasia, India, dan Korea Selatan," ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kaltim Yusniar Juliana di Samarinda, Rabu.

Komoditas migas yang diekspor adalah hasil minyak dan gas, sedangkan komoditas nonmigas antara lain bahan bakar mineral, lemak dan minyak hewani atau nabati, aneka produk kimia, dan bahan kimia organik.

1. Pelabuhan

4 Pelabuhan di Kaltim Memuat Barang Ekspor Senilai 14,55 Miliar DolarAktivitas Bongkar Muat di Pelabuhan Balikpapan yang juga dikenal sebagai Pelabuhan Semayang. (Dok. IDN Times)

Pelabuhan di Kaltim yang memuat barang ekspor senilai 14,55 miliar dolar itu antara lain Pelabuhan Samarinda di Samarinda, Pelabuhan Semayang di Balikpapan, Tanjung Bara di Kabupaten Kutai Timur, dan Pelabuhan Adang Bay di Kabupaten Paser.

Nilai ekspor dari sejumlah pelabuhan di Kaltim yang sebesar 14,55 miliar tersebut mengalami penurunan ketimbang periode Januari - Juni 2022 yang senilai 15,99 miliar dolar.

Baca Juga: BNNP Kaltim Ungkap Transaksi Narkotika di Salah Satu Kafe di Samarinda

2. Nilai yang dimuat di Pelabuhan Samarinda dan Balikpapan

4 Pelabuhan di Kaltim Memuat Barang Ekspor Senilai 14,55 Miliar Dolarilustrasi ekspor-impor (IDN Times/Aditya Pratama)

Rinciannya adalah komoditas yang dimuat dari Pelabuhan Samarinda Periode Januari - Juni 2023 sebesar 4,34 miliar dolar, naik sebesar ketimbang periode yang sama tahun 2022 yang senilai 4,29 miliar dolar.

Kemudian komoditas yang dimuat di Pelabuhan Balikpapan sebesar 3,33 miliar dolar AS, terjadi sedikit penurunan ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya yang senilai 3,5 miliar dolar.

3. Pelabuhan Tanjung Bara dan Muara Berau

4 Pelabuhan di Kaltim Memuat Barang Ekspor Senilai 14,55 Miliar Dolarilustrasi ekspor-impor (IDN Times/Aditya Pratama)

Di Pelabuhan Tanjung Bara memuat komoditas ekspor senilai 2,32 miliar dolar, mengalami penurunan tipis jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022 yang tercatat 2,35 miliar dolar AS.

Berikutnya ekspor komoditas yang dimuat melalui Pelabuhan Muara Berau di Kabupaten Berau dengan nilai 928,87 juta dolar. Komoditas yang diekspor dari pelabuhan ini sebelumnya belum terjadi.

"Kemudian komoditas ekspor yang dimuat melalui Pelabuhan Adang Bay periode Januari - Juni 2023 sebesar 1 miliar dolar, mengalami penurunan tipis jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat 1,16 miliar dolar AS," kata Yusniar.

Baca Juga: Tiga Kampus di Samarinda Kerja Sama dengan Negara-Negara OKI

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya