Para ASN Pra-Pensiun di PPU Memperoleh Pembekalan 

Fasilitas kredit untuk para pensiunan

Penajam, IDN Times - Para aparatur sipil negara (ASN) pra-pensiun di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) memperoleh pembekalan jelang purnatugas

Pembekalan diberikan Bankaltimtara, PT Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen), dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) PPU, Selasa, (15/11/2022).    

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bankaltimtara yang telah memberikan fasilitasi atas terselenggaranya sosialisasi tersebut. Kami juga menyampaikan apresiasi atas peran aktif dan layanan PT Taspen Samarinda dan BKPSDM PPU yang prima dari tahun ke tahun,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Bupati PPU Hamdam saat membuka kegiatan.

1. Pensiunan ASN PPU terlayani dengan baik

Para ASN Pra-Pensiun di PPU Memperoleh Pembekalan Ilustrasi ASN Pemkab PPU yang memasuki pra pensiun (IDN Times/Ervan)

Pelayanan prima PT Taspen, Bankaltimtara dan BKPSDM PPU tersebut, menurut Hamdam, membuat para pensiunan ASN di PPU terlayani dengan baik. 

"Saya juga berharap kepada ASN yang pensiun bisa terus menjaga hubungan emosional antara bapak ibu sekalian yang akan berpisah menyelesaikan tugasnya dengan teman-teman yang masih ada," katanya. 

Baca Juga: PMI Diminta yang Tangani Urusan Transfusi Darah di PPU 

2. Pensiun bukanlah akhir dari kata terus produktif

Para ASN Pra-Pensiun di PPU Memperoleh Pembekalan Plt. Bupati PPU Hamdam saat berikan arahan kepada ASN Pemkab PPU yang memasuki pra pensiun (IDN Times/Ervan)

Hamdam menyatakan, pensiun bukanlah akhir dari sebuah produktivitas kerja. Bisa diartikan peningkatan waktu yang bermanfaat bersama keluarga. 

"Apalagi Bankaltimtara masih memberikan kesempatan untuk mendapatkan bantuan perkreditan untuk mengembangkan usaha bagi para PNS," tukasnya. 

3. Sebanyak 31 ASN PPU masuki purnatugas

Para ASN Pra-Pensiun di PPU Memperoleh Pembekalan Kepala BKPSDM PPU, Khairuddin (IDN Times/Ervan)

Sementara itu Kepala BKPSDM PPU Khairuddin mengungkapkan, jumlah ASN yang memasuki purnatugas sebanyak 31 orang terhitung 1 Januari hingga Desember 2022. 

“Untuk pengisian jabatan kekosongan jabatan karena pejabatnya purnatugas ada beberapa jabatan administrator dan pengawas, maka akan dibahas dengan tim penilai kinerja,” jelasnya.

Sedangkan pada jabatan pimpinan tinggi (JBT) untuk rotasi dilakukan assessment job fit atau  uji kesesuaian terlebih dahulu. Pengisian kekosongan  akan dilakukan secara seleksi terbuka.

4. Untuk JPT harus ajukan permohonan ke Komisi ASN

Para ASN Pra-Pensiun di PPU Memperoleh Pembekalan Kantor Bupati Penajam Paser Utara (IDN Times/Ervan)

Posisi JPT di PPU harus mengajukan permohonan ke Komisi ASN.

“Tentunya untuk JPT harus mengajukan permohonan ke Komisi ASN dahulu, salah satu syarat untuk pelaksanaan job fit dan selter serta pembentukan panitia seleksinya. Saat ini ada 10 JPT dengan pangkat eselon II kosong karena pejabatnya purnatugas,” bebernya.

Sementara itu Pemimpin Bankaltimtara Cabang Penajam Arie Herlambang menjelaskan, sosialisasi dimaksudkan untuk memberi pembekalan kepada ASN yang memasuki pra-pensiun mengenai ke Taspen, pengurusan pensiun pertama dan kewirausahaan. 

"Kenapa kami melakukan ini dikarenakan kami merupakan lembaga penyalur pensiunan ASN untuk mempersiapkan diri menghadapi masa pensiun termasuk fasilitas kredit untuk para pensiunan, " pungkasnya.

Baca Juga: Kekerasan Seksual Anak di PPU Dilaporkan Meningkat

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya