Pasien COVID-19 Tersisa 2 Orang, PPU Berharap Status Zona Hijau

5 PDP menunggu hasil uji swab

Penajam, IDN Times - Juru Bicara Gugus Tugas penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara, dr. Arnold Wayong berharap tidak terjadi lagi penambahan kasus positif virus corona di wilayahnya agar new normal atau normal baru bisa segera diterapkan. Saat ini, tersisa dua orang pasien positif di Penajam.

"Kami berharap PPU bisa mencapai zona hijau, jadi kami optimis bisa," kata Arnold kepada IDN Times, Kamis (18/6) di Penajam.

1. Mendorong masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan

Pasien COVID-19 Tersisa 2 Orang, PPU Berharap Status Zona HijauProtokol kesehatan di Bandara Soetta (AP II)

Target PPU untuk mencapai status zona hijau corona, jelas Arnold, bisa diwujudkan apabila pemerintah dan masyarakat bekerja sama untuk mematuhi penerapan protokol kesehatan.

Selain itu, tambah Arnold, pihaknya juga terus berupaya mengoptimalkan pengetatan pintu-pintu masuk ke Kabupaten PPU dengan menerapkan aturan yang telah ditetapkan. Seperti skrining, cek suhu tubuh, surat keterangan sehat, surat hasil rapid rest, bahkan keterangan swab dengan hasil negatif.

"Tracking bagi masyarakat juga harus dilakukan apabila ada yang terindikasi terpapar covid-19. Kegiatan ini tentunya dilakukan oleh petugas yang memiliki kemampuan dan ditugas melakukan tracking di masing-masing wilayah kecamatan se-PPU," tegasnya.

2. Hari ini terdapat tambahan dua ODP

Pasien COVID-19 Tersisa 2 Orang, PPU Berharap Status Zona HijauJubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19 Penajam Paser Utara, dr. Arnold Wayong (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Arnold memaparkan kondisi terkini kasus COVID-19 di Penajam. Hari ini terdapat tambahan dua orang dalam pemantauan, sehingga total OPD kini berjumlah 35 orang. Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) mencapai lima orang dan sementara menunggu hasil uji swab.

Terpisah, Wakil Bupati PPU, Hamdam menegaskan, agar bisa menuju zona hijau corona, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 PPU akan melakukan beberapa langkah.

"Gugas kabupaten PPU baru mempersiapkan rapat dulu untuk mengambil langkah-langkah penanganan selanjutnya sehingga zona hijau bisa tercapai," kata Arnold.

Baca Juga: Kontak Erat dengan Suami, Warga Penajam Positif COVID-19

3. Pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat

Pasien COVID-19 Tersisa 2 Orang, PPU Berharap Status Zona HijauGapura Penajam Paser Utara (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Pemkab PPU masih menerapkan standar penanganan COVID-19 sesuai aturan dari pemerintah dan gugus tugas pusat. Seperti pengetatan aturan, protokol kesehatan, dan pembatasan aktivitas lainnya. 

"Nanti kita evaluasi dulu kinerja Gugus dengan harapan tugasnya dapat lebih maksimal," pungkasnya.

Baca Juga: Zona Kuning COVID-19, Siswa di Penajam Masih Harus Belajar dari Rumah

https://www.youtube.com/embed/oeIer0hQRo0

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya