Pasien Positif COVID-19 di Penajam Paser Utara Tinggal Satu Orang

PPU 23 dinyatakan sembuh setelah dua kali hasil swab negatif

Penajam, IDN Times - Kabar menggembirakan bagi masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) karena kini jumlah pasien positif virus corona atau COVID-19 tinggal satu orang menyusul dengan sembuhnya satu pasien setelah menjalani perawatan dan pengobatan di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB).

"Kami mendapatkan informasi satu pasien terkonfirmasi positif COVID-19 asal PPU dinyatakan sembuh, setelah menjalani dua kali uji sampel swab di RSPB," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 PPU, dr. Arnold Wayong kepada IDN Times, Kamis (2/7) di Penajam.

1. Pasien merupakan pekerja tambang emas di Halmahera Utara

Pasien Positif COVID-19 di Penajam Paser Utara Tinggal Satu OrangKepala Dinas Kesehatan Penajam Paser Utara dr Arnold Wayong (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Arnold mengungkapkan, pasien yang dinyatakan sembuh berkode PPU 23, berumur 39 tahun berdomisili di RT 13, Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam. Pasien ini merupakan pekerja tambang emas berlokasi di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara.

“Pasien PPU 23 dinyatakan sembuh ini adalah pelaku perjalanan (PP) dan berstatus orang tanpa gejala (OTG), datang ke Penajam dalam rangka cuti kerja pada 8 Juni," katanya.

Ia menambahkan, petugas pos pelabuhan telah melakukan pendataan serta skrining. Diketahui pasien tidak menunjukkan gejala COVID-19 serta menunjukan surat keterangan hasil rapid test nonreaktif.

Kemudian Pasien PPU 23, ungkapnya, melaksanakan pengambilan swab PCR secara mandiri di RSPB pada 17 Juni, hasilnya diketahui positif COVID-19 pada 19 Juni. Pasien langsung diisolasi di RSPB guna menjalani pengobatan dan perawatan medis.

Baca Juga: 1 Sembuh, Positif COVID-19 di Penajam Paser Utara Kini Tinggal 2 Orang

2. Tersisa satu pasien positif COVID-19 yang masih menjalani perawatan

Pasien Positif COVID-19 di Penajam Paser Utara Tinggal Satu OrangSalah satu lorong di RSUD RAPB PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

“Setelah menjalani perawatan dan pengobatan di RSPB, pasien menjalani pengambilan swab Real Time PCR sebanyak dua kali dan hasilnya diketahui negatif sehingga pada Rabu (1/7) kemarin pasien ini dinyatakan sembuh berdasarkan pemeriksaan dokter yang menanganinya,” ujar Arnold.

Untuk diketahui, lanjutnya, dengan bertambahnya satu pasien sembuh, maka saat ini jumlah pasien positif yang masih menjalani perawatan dan pengobatan di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Butong (RAPB) PPU tinggal satu orang yakni PPU 20.

“Pasien PPU 20 berjenis kelamin perempuan usia 45 tahun,warga Perumahan BTN Km 4 RT 10 Kelurahan Nenang, Kecamatan Penajam, terpapar COVID-19 akibat kontak erat dengan suaminya yang merupakan pasien kota Balikpapan dengan kode BPN 50 tetapi telah dinyatakan sembuh,” ungkapnya.   

3. Warga PPU gembira pasien positif COVID-19 tinggal satu tetapi jangan terlena

Pasien Positif COVID-19 di Penajam Paser Utara Tinggal Satu OrangPasien COVID-19 menerima surat sehat dari Direktur RSUD PPU, dr. Jansje Grace Makisurat (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Terpisah Taufik warga Kelurahan Nenang mengaku gembira karena pasien virus corona sembuh di PPU kembali bertambah. Meskipun masih tersisa satu orang yang dirawat di RSUD PPU, harapannya pasien itu cepat sembuh sehingga di PPU tidak ada lagi warganya yang positif COVID-19. 

"Walaupun kini tinggal satu warga yang positif, tapi saya meminta agar warga PPU tidak terlena sehingga mengabaikan protokol kesehatan. Termasuk melakukan perjalanan keluar daerah yang wilayahnya masuk dalam zona berbahaya penyebaran COVID-19 seperti kota Balikpapan sekarang ini," pinta warga yang berprofesi sebagai tukang ojek ini.

Ia berpendapat, penanganan dan penanggulangan pandemik virus corona di PPU adalah tanggung jawab bersama bukan hanya dibebankan kepada pemerintah saja. Masyarakat juga harus memiliki kepedulian untuk mengikuti protokol kesehatan serta membantu pemerintah  menyosialisasikan kepada masyarakat lain terkait pencegahan penyebaran virus COVID-19 di PPU.  

Baca Juga: Wabup Penajam Paser Utara Minta Pos Pengetatan Tingkatkan Pengawasan

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya