Pertamina MoU dengan OIKN dalam Pengembangan Energi Berkelanjutan

Presiden Joko Widodo menyaksikan proses kesepakatan

Penajam, IDN Times - PT Pertamina (Persero) menandatangani MoU kerja sama dengan Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dalam pengembangan sustainable energy center atau pusat energi berkelanjutan mewujudkan target net zero emission 2045. Kesepakatan ini disaksikan Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia, dan Wakil Kepala OIKN Dhony Rahajoe. 

Kesepakatan ini dilakukan Kepala OIKN Bambang Susantono dan Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati di Sumbu Kebangsaan Barat IKN.

"Peran Pertamina di kawasan riset dan inovasi ini diharapkan berkontribusi dalam membangun masa depan IKN sebagai smart sustainable forest city. Sebagai BUMN pertama yang menandatangani MOU dengan OIKN, Pertamina diharapkan turut menjadi penggerak investasi di Ibu Kota Nusantara," kata Bambang, Jumat (22/9/2023). 

1. Pengembangan net zero emission di IKN

Pertamina MoU dengan OIKN dalam Pengembangan Energi BerkelanjutanDirektur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati, Jumat (22/9/2023). Foto OIKN

Nicke mengatakan, kawasan IKN memiliki potensi dalam pengembangan net zero emission hingga negative emission. Kawasan yang masih dikelilingi hutan luas, menurutnya, bisa menjadi natural based solutions semacam carbon sink yang bisa menyerap atau menyimpan secara alami emisi itu sendiri. 

Rencananya Pusat Energi Berkelanjutan akan dibangun di wilayah perencanaan 5 IKN seluas 3.720 hektare. Proses pembangunan akan dilakukan secara bertahap.

Baca Juga: Gubernur Kaltim Melantik Penjabat Bupati PPU 

2. Pembangunan fasilitas Pertamina di IKN

Pertamina MoU dengan OIKN dalam Pengembangan Energi BerkelanjutanPenandatanganan MoU antara PT Pertamina (Persero) dan Badan OIKN, Jumat (22/9/2023). Foto OIKN

Pertamina akan membangun sejumlah fasilitas antara lain Pertamina Sustainability Academy, Pertamina Training Institute, Pertamina Research and Innovation Center for Sustainable and Low Carbon Technologies. Selain itu, Pertamina Vocational Education Center, Shared Green Infrastructure, Laboratorium, dan Sustainability Start-up Hub.

"Di IKN akan dikembangkan dengan konsep zero emission untuk semua energi yang digunakannya, Oleh karena itu, tentu kita juga perlu mempersiapkan semua ekosistemnya," jelasnya.

3. Pembangunan Pusat Energi Berkelanjutan

Pertamina MoU dengan OIKN dalam Pengembangan Energi BerkelanjutanPekerja melintas disamping proyek pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajem Pasert Utara, Kalimantan Timur, Kamis (8/6/2023). ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc

Sebagai tahap awal, lanjut Nicke, Pertamina akan mulai dengan membangun Pusat Energi Berkelanjutan. Selain itu, Pertamina juga akan mempersiapkan sumber daya manusianya melalui program vokasi. 

"Ini nanti akan kami detailkan bersama-sama pemerintah dan IKN, karena berkaitan dengan penyiapan lahan, penyiapan infrastruktur, namun kami pastikan ini akan segera kami jalankan," tuturnya.

Baca Juga: Pemda Salurkan Rp771 Juta untuk Sembilan Parpol di PPU 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya