Idul Adha Kodim, Polres dan ASDP PPU Sembelih Hewan Qurban

Qurban momen untuk umat Islam PPU

Penajam, IDN Times - Memperingati Hari raya Idul Adha 1444 hijriah tahun 2023 masehi Kodim 0913, Polres dan Pelabuhan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim) laksanakan penyembelihan hewan qurban.

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban, juga dilaksanakan di hampir seluruh tempat di wilayah PPU dalam hari raya Qurban itu.

"Momentum ibadah qurban ini hendaknya dapat kita maknai untuk rela berkorban dengan tulus dan ikhlas, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam setiap menjalankan tugas dan kewajiban sebagai prajurit TNI dengan dilandasi iman dan takwa,” tegas Komandan Kodim (Dandim) 0913/PPU, Letkol Inf Arfan Affandi kepada IDN Times, disela-sela pemotongan hewan kurban, Kamis (29/6/2023) di Markas Kodim PPU di Penajam. 

Baca Juga: Gubernur Kaltim Serahkan Sapi dari Presiden RI ke Masjid Darussalam 

Baca Juga: Gubernur Kaltim Sebut Sinode di Indonesia Paling Banyak di Kaltim

1. Daging qurban disalurkan ke masyarakat berhak

Idul Adha Kodim, Polres dan ASDP PPU Sembelih Hewan QurbanProses pemotongan daging qurban di Kodim PPU sebelum dibagikan ke warga tak mampu (IDN Times/Ervan)

Dibeberkannya, pada hari raya Idul Adha tahun ini Kodim PPU melaksanakan penyembelihan sebanyak sembilan ekor hewan qurban terdiri dari empat ekor hewan sapi dan lima ekor kambing.

“Daging qurban tersebut kami salurkan kepada masyarakat yang berhak sesuai dengan syariat islam dan Pasal 34 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 menyebutkan bahwa fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara,” ucapnya.

Dandim mengatakan, Idul Adha tidak dapat dipisahkan dengan kisah teladan dari Nabi Ibrahim Alaihis Salam (AS). Di mana ketika Nabi Ibrahim diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala (SWT) yang mempunyai rasa empati kepada masyarakat maupun lingkungan dalam bentuk pengorbanan yang dilakukan secara ikhlas.

2. Tumbuhkan hubungan harmonis Kodim dengan masyarakat

Idul Adha Kodim, Polres dan ASDP PPU Sembelih Hewan QurbanProses pemotongan daging qurban di PT ASPD Pelabuanan Penajam (IDN Times/Ervan)

“Kami berharap, melalui Idul Adha 1444 Hijriah ini dapat meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT,” tukasnya.

Selain itu, tambahnya, penyaluran daging qurban tersebut diharapkan juga dapat menumbuhkan hubungan yang harmonis antara jajaran personel Kodim 0913/PPU dengan masyarakat.

“Qurban merupakan kegiatan ibadah yang semata-mata untuk mengharap keridhoan dan sebagai wujud syukur kepada Allah SWT. Di samping untuk memupuk rasa kepedulian terhadap sesama, juga sebagai bukti rasa syukur terhadap nikmat yang telah dilimpahkan olehNya,” tuturnya.

3. Bagikan masakan dan beras pada warga tak mampu

Idul Adha Kodim, Polres dan ASDP PPU Sembelih Hewan QurbanDapur umum Polres PPU masak daging qurban untuk dibagikan pada warga miskin (IDN Times/Ervan)

Kapolres PPU, AKBP Hendrik Eka Bahalwan mengatakan, kali ini pelaksanaan qurban kembali dilaksanakan di Polres PPU seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana jumlah hewan qurban sebanyak 13 ekor terdiri dari delapan ekor sapi tambah lima ekor kambing.

Hewan qurban itu, hewan qurban sapi dan kambing itu disembelih di Polres PPU dan empat ekor sapi diserahkan ke masing masing Polsek yang berjumlah empat lokasi. Namun semua daging hewan itu langsung dimasak dan dinikmati bersama-sama dengan masyarakat dan juga warga kurang mampu sekitarnya.

“Jadi kami dirikan dapur umum dan dagingnya kami masak dan hasilnya dibagikan kepada  masyarakat kurang mampu, juga diberikan berasnya, agar mereka tidak kesulitan dalam memasaknya yang pasti membutuhkan bumbu masaknya, sedangkan sisanya kita dinikmati bersama, ini sebagai bentuk kebersamaan,” tuturnya.

4. ASDP bagikan daging qurban ke warga sekitar pelabuhan

Idul Adha Kodim, Polres dan ASDP PPU Sembelih Hewan QurbanKapolres PPU AKBP Hendrik Eka Bahalwan serta istri serahkan daging qurban masak dan beras kepada warga (IDN Times/Ervan)

Terpisah, Supervisi Pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) di Penajam, Radmiadi, mengatakan dalam perayaan hari raya Idul Adha tahun ini mengatakan melaksanakan pemotongan hewan qurban sebanyak dua ekor dapat 2 ratus bungkus.

“Hasil pemotongan hewan qurban itu kami bagikan kepada warga di empat RT sekitar pelabuhan, termasuk untuk karyawan, petugas kebersihan, petugas tambat, kapal. Alhamdulillah semua kebagian, bahkan disaksikan pak GM ASDP Cabang Balikpapn, Cristoper Samosir ,” sebutnya.  

Ia menerangkan, pembagian hewan qurban untuk warga sekitar pelabuhan Penajam merupakan, bentuk kepedulian dan salah satu program kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) ASDP Cabang Balikpapn. 

Sementara itu, Bupati PPU, Hamdam saat melaksanakan salat Idul Adha 1444 Hijriah di Masjid Agung Al-Ikhlas, bersama istri Hj. Satriyani Sirajudin, mengatakan, Idul Adha  dirayakan seluruh umat Islam, di dalamnya terkandung nilai kepatuhan dan keikhlasan saat menjalankan perintah Allah SWT.

"Keteladanan spirit pengorbanan yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim, menjadi salah satu momen terbesar untuk diikuti oleh umat Islam," ujarnya.

5. Harus ikhlas relakan yang paling berharga

Idul Adha Kodim, Polres dan ASDP PPU Sembelih Hewan QurbanBupati PPU Hamdam saat berikan sambutan Idul Adha di Masjid Agung Al-Ihklas PPU (IDN Times/Ervan)

Dimana dalam menjalankan perintah Sang Pencipta, sambungnya, manusia harus ikhlas merelakan apapun yang paling berharga dalam hidupnya, termasuk anak terkasih-Nya Ismail bila itu memang dikehendaki Sang Khalik.

"Semangat berkurban inilah yang semoga mampu diresapi oleh seluruh umat Islam khususnya di PPU. Karena hakekat berkurban adalah kita mampu mengedepankan orang lain dari pada diri kita sendiri dan itulah inti dari esensi ajaran agama Islam, "kata Hamdam.

Idul Adha, adalah momen yang tepat bagi semua untuk mengambil pelajaran dari apa yang telah di lakukan. Baik sebagai pribadi maupun anggota masyarakat.

"Tentunya banyak hikmah yang bisa kita petik dari perayaan Idul Adha ini yaitu keikhlasan dan kerelaan berkurban bagi sesama," pungkasnya.

Topik:

  • Silfa Humairah Utami

Berita Terkini Lainnya