PPU Tambahan 17 Pasien Positif COVID-19 dan Lima Sembuh

Bayi positif karena kontak erat ibunya

Penajam, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas  (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dr. Janji Grace Makisurat mengatakan, selama dua hari terakhir yakni Kamis (26/11/2020) serta Jumat (27/11/2020) PPU mendapatkan tambahan 17 Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 baru dan lima pasien dinyatakan sembuh.

"Kamis sore kemarin kita dapat tambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 12 orang dan hari ini juga tambahan lima positif, sehingga total selama dua hari sejumlah 17 pasien. Sementara pasien sembuh Kamis ada satu pasien dan Jumat terdapat empat pasien total lima pasien sembuh," ujarnya kepada IDN Times Jumat (27/11/2020) di Penajam.

1. Satu ASN di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga PPU dinyatakan positif

PPU Tambahan 17 Pasien Positif COVID-19 dan Lima SembuhKantor Disdikpora PPU (IDN Times/ Ervan Masbanjar)

Dibeberkannya, pada Kamis kemarin dari 12 pasien terkonfirmasi positif COVID-19 terdapat, satu ASN yang bekerja di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) PPU bertugas sebagai pengawas sekolah, satu pelajar dan dua bayi berusia tiga dan lima hari dinyatakannya positif.

"Adapun pasien berstatus ASN diberi kode PPU 182 perempuan (58) tinggal di desa Girimukti, kecamatan Penajam, lalu pasien masih berstatus pelajar yakni PPU 185 perempuan usia 11 tahun tinggal di kelurahan Penajam, kecamatan Penajam, kemudian PPU 177 bayi usia lima hari terpapar akibat kontak erat dengan ibunya PPU 171 tinggal di kelurahan Waru, Kecamatan Waru dan PPU 181 bayi berusia  tiga hari kontak erat dengan ibunya PPU  178 yang juga positif COVID-19, dinyatakan pada Kamis kemarin," urainya.

Baca Juga: Bayi Dua Bulan Positif COVID-19 di Penajam Paser Utara

2. Satu warga Perum Korpri Penajam dinyatakan positif

PPU Tambahan 17 Pasien Positif COVID-19 dan Lima SembuhIlustrasi pasien COVID-19. ANTARA FOTO/Ampelsa

Selain pasien ASN, pelajar dan dua bayi yang dinyatakan positif Kamis kemarin, lanjutnya, terdapat satu warga tinggal di Perum Korpri, Kelurahan Sungai Parit, Kecamatan Penajam dengan kode PPU 174, laki-laki usia 28 dinyatakan positif, lalu PPU 175 laki-laki (36) alamat, Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam, PPU 176 laki-laki (32), tinggal di jalan Muara Tunan, kecamatan Penajam, kemudian PPU 179, laki-laki (56), kelurahan Nenang, kecamatan Penajam, lalu PPU 180, perempuan (60) tinggal di kelurahan Penajam dan terakhir yaitu PPU 183, laki-laki alamat Desa Girimukti, Kecamatan Penajam

"Ke 12 pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 Kamis kemarin didominasi warga dari kecamatan Penajam. Sementara itu PPU 183 dan 184 merupakan klaster keluarga," ungkap Grace.

Sementara itu, lanjutnya, lima pasien terkonfirmasi pada hari Jumat ini pertama PPU 186 perempuan (59) alamat di desa , Giripurwa, lalu PPU 187 perempuan usia 24 tahun alamat KTP Kabupaten Grobogan, provinsi Jawa Tengah tetapi lama tinggal di Kelurahan Petung, Penajam. Selanjutnya PPU 188, laki-laki 69 tahun tinggal di Perum Penajam Indah Lestari, kelurahan Penajam, PPU 189, laki-laki (50) tinggal di Kelurahan Riko, Kecamatan Penajam.

3. THL RSUD PPU positif COVID-19

PPU Tambahan 17 Pasien Positif COVID-19 dan Lima SembuhRSUD RAPB PPU hingga kini menjadi lokasi perawatan pasien COVID-19 (IDN Times/Ervan Masbanjar)

"Pasien kelima positif hari ini yakni PPU 190 seorang perempuan berusia 32 warga Desa Telemow, Kecamatan Sepaku. Pasien ini, merupakan Tenaga Harian Lepas non kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  Ratu Aji Putri Botung (RAPB) PPU dengan hasil swab positif," tukasnya.

Selain terdapat 17 pasien terkonfirmasi positif COVID-19 baru, bebernya, di PPU juga ada lima pasien sembuh di mana diketahui satu pasien di hari Kamis kemarin dan empat hari Jumat ini.

“Pasien sembuh dihari Kamis kemarin, adalah PPU 161 laki-laki, 34 tahun tinggal di kelurahan Nipah-nipah, Kecamatan Penajam, sedang Jumat ini pasien semua warga Kecamatan Penajam yakni PPU 142, laki-laki (31) alamat kelurahan Petung, PPU 144 perempuan (17) tinggal di kelurahan Penajam, PPU 149, laki-laki kelurahan, Gunung Seteleng dan terakhir adalah PPU 152, perempuan usia 40 tahun berdomisili desa Girimukti," pungkasnya.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times

Baca Juga: Satu Pelajar di Penajam Paser Utara Dinyatakan Positif COVID-19

Topik:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya