Ratusan Guru di IKN Ikuti Pelatihan Pendidikan Profesi Guru

Peningkatan profesionalisme guru di IKN

Samarinda, IDN Times - Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menggelar pelatihan pendidikan profesi guru dalam jabatan di Hotel Puri Senyiur Samarinda pada Selasa 26 September 2023. Peningkatan mutu guru jenjang pendidikan sekolah dasar (SD) di IKN bekerja sama dengan Universitas Mulawarman Samarinda.  

Pelatihan PPG ini merupakan tindak lanjut nota kesepakatan antara OIKN dengan Universitas Mulawarman guna meningkatkan mutu guru di wilayah IKN. Peluncurannya dimulai pemukulan gong dilakukan bersama Deputi Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat (Sosbudpemas) OIKN Alimuddin dan Rektor Unmul Abdunnur. 

Turut hadir Direktur Pelayanan Dasar Otorita IKN Suwito serta undangan lainnya.

“Kegiatan hari ini memang adalah tugas besar kita bagaimana mengangkat kualitas guru-guru di IKN. Salah satu yang paling sederhana adalah pelatihan PPG dalam jabatan seperti hari ini,” kata Alimuddin.     

1. Berharap peningkatan mutu dan kesejahteraan

Ratusan Guru di IKN Ikuti Pelatihan Pendidikan Profesi GuruPenandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Direktur Yandas dan FKIP Unmul (IDN Times/Ervan)

Alimuddin berharap, kegiatan ini ada peningkatan mutu guru dalam memberikan layanan pendidikan kepada peserta didiknya di IKN, lalu guru yang lulus akreditasi mendapatkan peningkatan kesejahteraan. 

“Selama ini kita selalu bicarakan tentang kesejahteraan guru, sehingga ada dua hal penting dari pelatihan ini  pertama adalah meningkatkan mutu guru dan kedua untuk kesejahteraan guru,” tegasnya.

OIKM memberikan pelatihan untuk 229 orang guru SD di wilayah IKN dengan perincian dari Kabupaten Kutai Kartanegara, yakni di Kecamatan Loa Kulu (66 orang) dan Loa Janan (53 guru).

"Kemudian Kecamatan Samboja termasuk Samboja Barat ada 43 peserta dan Kecamatan Muara Jawa 40 guru. Lalu dari Kabupaten Penajam Paser Utara berasal dari Kecamatan Sepaku sebanyak 27 orang guru," imbuhnya. 

Baca Juga: RSUD Kabupaten PPU Sediakan Balai Rehabilitasi Narkoba

2. Tidak ada kata lain siapkan sumber daya

Ratusan Guru di IKN Ikuti Pelatihan Pendidikan Profesi GuruDeputi Alimuddin berikan arahakan kepada seluruh peserta pelatihan PPG (IDN Times/Ervan)

Untuk diketahui, jelasnya, tahun depan kegiatan tata kelola kegiatan pemerintahan di IKN semua berada di Pemerintah Daerah Khusus (Pemdasus). Jadi tidak ada kata lain selain mempersiapkan sumber daya yang ada untuk memberikan layanan terbaik pada generasi pewaris IKN kelak. 

“Selain itu, kami atau Otorita tentu tidak mau ada ketimpangan antara Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dengan wilayah pinggir IKN, sehingga kita harus to up together atau membangun bersama,” tukas Alimuddin. 

Para peserta pelatihan ini, lanjutnya, merupakan para guru yang sudah mengajar di sekolah-sekolah. Sehingga dilakukan sifatnya pelatihan PPG dalam jabatan, di mana ketika mereka lulus kembali ke tempatnya bertugas masing-masing. Tentu setelah pelatihan harus ada perubahan mindset atau pola pikir di dalam proses memberi pelajaran kepada peserta didiknya di IKN.

“Kita sih ingin pembelajaran itu berpihak pada siswa, apa sih yang menjadi kebutuhan siswa. Jadi sekolah itu bukan satu-satunya tempat belajar,” harapnya.

3. Para guru miliki kebebasan mengajar

Ratusan Guru di IKN Ikuti Pelatihan Pendidikan Profesi GuruDeputi Alimuddin bersama Direktur Yandas Suwito (IDN Times/Ervan)

Dan para guru, sambungnya, memiliki kebebasan serta kemerdekaan mengajar ke siswanya, begitu pula sebaliknya kebebasan bagi siswa untuk menerima pelajaran bahkan mengekspresikan pelajaran yang mereka terima.

“Kita tidak mau ketinggalan, apalagi pada 2 November 2023 depan akan ada lagi groundbreaking pembangunan di IKN, salah satunya adalah pembangunan sekolah berstandar internasional. Sehingga, harus diimbangi dan menyiapkan SDM melalui peningkatan mutu guru salah satunya adalah melalui PPG ini,” sebut Alimuddin. 

Sementara itu, Rektor Universitas Mulawarman Abdunnur menuturkan, kegiatan ini merupakan kelanjutan kerja sama MoU dengan OIKN. Di mana mereka juga kini mengikuti program pendidik profesi guru di Unmul.

“Tentunya menjadi sebuah kegiatan yang harus kita lakukan bersama bahkan tadi FKIP Unmul baru saja menandatangani Perjanjian Kerja sama dengan Direktur Pelayanan Dasar Kedeputian Sosbudpemas Otorita IKN, guna kita melakukan percepatan peningkatan kapasitas semua guru di wilayah IKN,” tukasnya. 

4. Unmul bersinergi dengan semua pihak

Ratusan Guru di IKN Ikuti Pelatihan Pendidikan Profesi GuruPemukulan gong bersama tanda launching pelatihan PPG dalam jabatan di wilayah IKN tahun 2023. (IDN Times/Ervan)

Ditambahkannya, tentu Unmul bersinergi dengan semua pihak untuk meningkatkan SDM di mana terdapat beberapa program seperti program toefl bagi guru-guru di IKN. Sehingga kelak mereka mampu memiliki daya saing yang memang dipersyaratkan dalam peningkatan mutu guru,

Ini akan menjadi pilot projek di IKN, serta bradmark indikator standar pendidikan Indonesia yang berada di IKN. Oleh karenanya, Unmul terus mendukung semua program di IKN, melalui kerja sama dengan Otorita IKN di semua kedeputiannya.

“Ini sebuah prefiles, kami sangat apresiasi dan berterima kasih bahwa Unmul salah satu perguruan tinggi di Kaltim menjadi mitra utama Otorita IKN. Dan sebagaimana stemen Bapak Alimuddin, bahwa Unmul selalu dilibatkan setiap melakukan kerja sama dengan pihak lain untuk membangun IKN," ungkap Abdunnur. 

Ia menilai, hal itu akan mendapatkan output akselerasi pembangunan, sehingga menjadi lebih cepat dalam pelaksanaan program secara bersama semua stakeholder terkait. Bagi Unmul ini menjadi sangat penting.

"Karena telah berkomitmen untuk mendukung pembangunan IKN khususnya di bidang pelayanan dasar Kedeputian Sosbudpemas, guna penguatan kapasitas SDM dan penguatan aspek sosial kemasyarakatan di IKN,” pungkasnya.

Baca Juga: Pemda Salurkan Rp771 Juta untuk Sembilan Parpol di PPU 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya