Sebanyak 9.899 KPM di PPU Memperoleh Bantuan Pangan

Penyaluran CPP untuk periode Oktober

Penajam, IDN Times - Sebanyak 9.899 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) menerima bantuan pangan dari pemerintah pusat pada Jumat 6 Oktober 2023. 

Bantuan dilakukan secara simbolis oleh Penjabat (PJ) Bupati PPU berupa beras seberat 10 kilogram kepada beberapa orang perwakilan KPM di wilayah Kecamatan Penajam.

Makmur juga meluncurkan pendistribusian Cadangan Pangan Pemerintah atau CPP dari bantuan pemerintah pusat, periode Oktober untuk didistribusikan di Kecamatan Waru, Babulu, dan Sepaku. 

"Saya minta untuk percepatan pendistribusian terhadap cadangan pangan yang bersumber dari pemerintah pusat khususnya pada bulan Oktober ini," ujar Makmur di sela-sela kegiatan kepada awak media.

1. Minta penyaluran betul-betul tepat sasaran

Sebanyak 9.899 KPM di PPU Memperoleh Bantuan PanganPelepasan truk angkutan bantuan pangan oleh Pj Bupati, Makmur Marbun bersama anggota Forkopimda (IDN Times/ervan)

Ia juga meminta agar bantuan pangan ini dapat segera didistribusikan kepada para keluarga penerima manfaat yang berhak di PPU. "Tolong dinas terkait saya minta agar menyalurkan bantuan ini betul-betul tepat sasaran diberikan kepada masyarakat yang memang berhak menerimanya," tegas Makmur. 

Ia menjelaskan, alasan pemerintah pusat menyalurkan atau melakukan mendistribusikan cadangan pangan ini, salah satu tujuannya untuk mengatasi krisis pangan dan mencoba mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi oleh keluarga-keluarga yang membutuhkan bantuan pangan. 

Baca Juga: Pembangunan IKN Dorong Investasi Pengembang Perumahan di PPU

2. Bantuan tidak bisa dilakukan terus menerus

Sebanyak 9.899 KPM di PPU Memperoleh Bantuan PanganPj Bupati PPU, Makmur Marbun serahkan secara simbolis CPP kepada perwakilan KPM (IDN Times/Ervan)

Makmur menyatakan, pemberian bantuan tidak bisa dilakukan secara terus menerus. Yang terpenting justru ke depan bagaimana masyarakat dapat semakin diberdayakan.

Menurut Makmur, masyarakat harus diberikan kailnya jadi tidak hanya diberikan ikannya saja. Karena jika ikan yang diberikan, maka ikan itu akan cepat habis. Sebaliknya, jika diberikan kail, masyarakat dapat berhari-hari mendapatkan ikan tersebut.

"Saya minta seluruh perangkat daerah yang bertugas dan bertanggung jawab terhadap ketahanan pangan ini harus bersinergi dengan stakeholders terkait, harus biasa berkolaborasi," ucapnya. 

3. Penerima masyarakat dari 54 desa/kelurahan

Sebanyak 9.899 KPM di PPU Memperoleh Bantuan PanganPelepasan truk angkutan bantuan pangan oleh Pj Bupati, Makmur Marbun bersama anggota Forkopimda (IDN Times/ervan)

Di tempat sama Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten PPU Mulyono menuturkan, pada rentang September hingga November 2023 ini ada sebanyak 9.899 KPM akan menerima bantuan pangan tiap keluarga berupa beras sebesar 10 kilogram setiap bulan. 

Keluarga penerima bantuan cadangan pangan bersumber dari pemerintah pusat itu, adalah masyarakat yang tersebar di 54 desa dan kelurahan dari empat kecamatan di PPU. 

"Kami berharap pendistribusian cadangan pangan dari pemerintah pusat di kabupaten PPU ini, dapat  membantu masyarakat yang membutuhkan termasuk mampu meringankan dampak dari adanya bencana El Nino saat ini," pungkas Mulyono.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati PPU Makmur Marbun, Dandim 0913/PPU Letkol Inf Arfan Affandy, Kapolres AKBP Hendrik Eka Bahalwan, dan Kajari PPU Agus Chandra melepas rombongan truk pengangkut beras cadangan pangan untuk didistribusikan kepada 9.899 KPM.

Baca Juga: Pembangunan Lapas di PPU akan Kembali Dilanjutkan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya