Sisa Jabatan, Bupati PPU Meminta Dukungan untuk Laksanakan RPJMD

PPU jangan tertinggal pembangunan IKN

Penajam, IDN Times - Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Hamdam meminta dukungan masyarakat dalam menyelesaikan program rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) setempat. 

Terutama di akhir masa jabatannya yang tersisa sembilan bulan pada Oktober 2023 sebagai Bupati PPU di Kalimantan Timur (Kaltim). 

“Saya mengharapkan dukungan seluruh masyarakat untuk menyelesaikan seluruh program dalam RPJMD PPU 2018-2023 ini. Karena masa jabatan saya sebagai kepala daerah hanya tersisa sekira sembilan bulan ke depan,” katanya kepada IDN Times, Senin (9/1/2023).

1. Perkembangan dinamis tata pemerintahan di PPU jadi tantangan

Sisa Jabatan, Bupati PPU Meminta Dukungan untuk Laksanakan RPJMDKantor Bupati Penajam Paser Utara (IDN Times/Ervan)

Hamdam berkomitmen menyelesaikan program RPJMD sebelum masa jabatannya berakhir. Perkembangan Pemkab PPU menjadi tantangan dalam merencanakan kepemimpinan ke depan. 

“Mewujudkan berbagai program pembangunan, terutama agenda proyek strategis nasional (PSN) Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara,” tuturnya.

Menurutnya, pembangunan IKN Nusantara memberikan manfaat bagi masyarakat PPU. 

Baca Juga: Jaringan 3G Telkomsel di PPU akan Shutdown pada Bulan Januari

2. Optimisme selesaikan seluruh program RPJMD PPU Tahun 2018-2023

Sisa Jabatan, Bupati PPU Meminta Dukungan untuk Laksanakan RPJMDIlustrasi pembangunan (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Lebih lanjut, Hamdam optimis mampu menyelesaikan seluruh program RPJMD PPU 2018-2023. Di mana pembangunan PPU diselaraskan dengan IKN Nusantara. 

Oleh karena itu, Pemkab PPU berupaya agar mereka tidak tertinggal dalam rangkaian pembangunan IKN. Ia harus meluangkan waktu dalam segala hal kaitan IKN. 

“PPU jangan sampai tertinggal dengan pembangunan di IKN Nusantara. Saya sebagai Bupati PPU harus jeli Tidak mungkin orang lain lebih memikirkan PPU maju kecuali saya yang lebih proaktif,” ungkapnya.

3. Capaian RPJMD PPU sebesar 82,40 persen

Sisa Jabatan, Bupati PPU Meminta Dukungan untuk Laksanakan RPJMDProyek strategis nasional pembangunan bendungan Sepaku penunjang air bersih IKN (IDN Times/Ervan)

Realisasi pencapaian RPJMD PPU, menurut Hamdam, kisaran 82,40 persen memasuki tahan keempat pelaksanaannya.  Terdapat 11 misi RPJMD PPU Tahun 2018 hingga 2023, ini bisa terwujud sesuai yang telah direncanakan sebelumnya.

Indikator kinerja daerah baik dari segi kesejahteraan masyarakat, pendidikan, kesehatan, PUPR, koperasi UMKM dan perindustrian.

Lalu, jelasnya, indikator kinerja di segi pertanian, kehutanan, perikanan, kemampuan ekonomi, keuangan dan akuntabilitas, perhubungan, pariwisata, ketenteraman dan ketertiban. Dan Itu optimistis tercapai semua di 2023 ini.

Optimis semua dapat tercapai menyelesaikan rencana atau program di RPJMD berkat kerja sama dengan stakeholder. Bahkan untuk mewujudkan hal itu, Ia tidak akan ragu untuk menjalin berbagai kolaborasi dengan berbagai pihak. 

“Tentu satu hal yang telah menjadi daya tarik, yakni keberadaan IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku tadi, membuat peluang untuk melaksanakan itu,” pungkasnya.

Baca Juga: Pemkab PPU Meminta Penggantian Aset yang Masuk dalam IKN Nusantara

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya