Tambah 18 Kasus Konfirmasi COVID-19 di PPU, Lima Diantaranya Guru

29 pasien konfirmasi positif COVID-19 dirawat di rumah sakit

Penajam, IDN Times - Kasus konfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) kembali bertambah 18 kasus. Lima diantaranya adalah tenaga pendidikan atau guru.

“PPU mendapatkan tambahan 18 kasus konfirmasi positif COVID-19, lima pasien positif diantaranya berprofesi sebagai guru dari dua SMPN di wilayah Kecamatan Waru ditambah satu tenaga harian lepas (THL) staf Tata Usaha di salah satu sekolah tersebut,” ujar Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 PPU, dr. Arnold Wayong, kepada IDN Times, Selasa (25/8/2020) di Penajam.

1. Terdapat tiga pasien kontak erat karena masih memiliki hubungan keluarga dengan PPU 36

Tambah 18 Kasus Konfirmasi COVID-19 di PPU, Lima Diantaranya GuruJubir Satgas penanganan COVID-19 PPU, dr Arnold Wayong (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Selain itu juga terdapat tiga pasien kontak erat karena masih memiliki hubungan keluarga dengan PPU 36 yang meninggal pada Minggu malam (23/8/2020), setelah menjalani perawatan di RSUD Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan.

“Tiga pasien yang kontak erat dengan pasien PPU 36 terdiri dari istri, anak dan cucu yaitu PPU 57, perempuan (62), PPU 58 perempuan (37) dan PPU 59 laki-laki (14) semua tinggal di Kelurahan Petung,” urainya.

Baca Juga: Pandemik COVID-19, Objek Wisata di PPU Ramai Meski Masih Ditutup

2. 18 kasus positif COVID-19 itu merupakan kasus asimptomatik hasil pemeriksaan Dinas Kesehatan PPU

Tambah 18 Kasus Konfirmasi COVID-19 di PPU, Lima Diantaranya GuruKantor Dinkes PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Arnold juga menjelaskan sebanyak sembilan pasien lainnya merupakan hasil tracing dan sebagian lagi positif akibat komorbid atau penyakit bawaan serta kasus konfirmasi tanpa gejala atau disebut asimptomatik.

Ia membeberkan beberapa pasien tanpa gejala ini diantaranya, “Dari 18 kasus positif COVID-19 itu (sebagian) merupakan kasus asimptomatik hasil pemeriksaan Dinas Kesehatan PPU yaitu PPU 50, laki-laki (33)  alamat Kelurahan Sungai Parit, Kecamatan Penajam, PPU 51 laki-laki, 34 tahun, alamat Desa Girimukti, Kecamatan Penajam, PPU 52 perempuan (25), alamat Desa Api-api, Kecamatan Waru,” bebernya.

3. Dua pasien konfirmasi dinyatakan sembuh setelah menjalani beberapa kali proses uji swab

Tambah 18 Kasus Konfirmasi COVID-19 di PPU, Lima Diantaranya GuruInfografis COVID-19 Kabupaten PPU (dok. Satgas COVID-19 PPU)

Selain terdapat tambahan 18 kasus konfirmasi positif, terang Arnold, ada dua pasien konfirmasi yang dinyatakan sembuh setelah menjalani beberapa kali proses uji swab  yaitu, PPU 27 laki-laki (30) merupakan karyawan di perusahaan migas. Ia menjalani perawatan di RS Pertamina Balikpapan. Juga PPU 41, perempuan (60) warga Desa Sesulu, Kecamatan Waru yang dirawat di RSUD Ratu Aji Putri Botung PPU.

“Hingga kini ada total 67 kasus konfirmasi Positif COVID-19 di PPU, dengan perincian 34 orang yang dinyatakan sembuh, empat meninggal dunia serta 29 pasien konfirmasi masih dirawat di RSUD RAPB PPU maupun melaksanakan isolasi mandiri di rumah khusus bagi pasien yang tidak memiliki gejala atau komorbid,” pungkasnya.

Baca Juga: Lagi, Satu Pasien Konfirmasi COVID-19 Penajam Paser Utara Meninggal

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya