Tiga Kecamatan di Penajam Zona Kuning dan Satu Hijau COVID-19

Kasus aktif tersisa 47 kasus

Penajam, IDN Times - Tiga kecamatan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) kini masuk dalam zona kuning pandemik COVID-19 dan satu wilayah sudah berada di zona hijau.

“Ada satu wilayah yakni Kecamatan Babulu kini berada dalam zona hijau dan tiga kecamatan lainnya, yaitu Penajam, Waru dan Sepaku berada di zona kuning penyebaran COVID-19,” ujar Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 PPU, dr. Jansje Grace Makisurat kepada IDN Times, Selasa (28/9/2021). 

1. Tujuh warga dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19

Tiga Kecamatan di Penajam Zona Kuning dan Satu Hijau COVID-19Ilustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Dibeberkannya, pemerintah Kabupaten PPU hari ini telah merilis kembali perkembangan penanganan COVID-19 di mana terdapat penambahan tujuh kasus terkonfirmasi positif COVID-19.

“Dengan bertambahnya kasus positif COVID-19 per hari ini maka jumlah keseluruhan kasus aktif tersisa 47 kasus saja dan semua pasien melaksanakan isolasi mandiri sedangkan yang dirawat di rumah sakit tidak ada,” sebut Grace.

Selain itu, tambahnya, per hari ini juga terdapat tambahan empat kasus pasien positif yang dinyatakan sembuh, sehingga total kasus pasien sembuh sejak 22 Maret 2020 lalu sampai sekarang mencapai 4.129 kasus.

Baca Juga: Giliran Pelajar Penajam Paser Utara Ditarget BIN untuk Vaksinasi 

2. Angka kesembuhan pasien COVID-19 capai 4.129 kasus atau sebesar 94 persen

Tiga Kecamatan di Penajam Zona Kuning dan Satu Hijau COVID-19Infografis Update COVID-19 PPU 28 September 2021 (Dok.Satgas COVID-19 PPU)

“Hingga sekarang angka kesembuhan pasien COVID-19 di PPU telah mencapai 4.129 kasus atau sebesar 94 persen dari total kasus positif sejak 22 Maret 2020 lalu sampai sekarang sebanyak 4.404 kasus,” ungkap Grace.

Grace mengatakan, dengan situasi saat ini Kabupaten PPU masih dalam posisi zona oranye untuk wilayah Kaltim, meskipun ada tiga kecamatan zona kuning dan satu hijau, namun dinilai angka kesembuhan terus meningkat setiap harinya.     

“Kecamatan Babulu masuk dalam zona hijau dengan perincian kasus lima warganya kini masih status positif aktif tersisa lima orang saja, lalu warga positif sembuh capai 652 orang dan meninggal mencapai 50 orang,” tukasnya. 

3. Total pasien suspek akumlasi capai 6.040 orang dengan 31 pasien di antarannya meninggal dunia

Tiga Kecamatan di Penajam Zona Kuning dan Satu Hijau COVID-19Jubir Satgas COVID-19, dr, Jansje Grace Makisurat bacakan rilis Update kasus (IDN Times/Ervan)

Sementara itu, untuk kasus suspek COVID-19 per hari ini terdapat tambahan tujuh kasus, sehingga kini total kasusnya mencapai 6.040 kasus terhitung atau akumulasi sejak 22 Maret 2020 silam sampai sekarang.

“Dari 6.040 kasus suspek COVID-19 tersebut sebanyak 31 pasien di antaranya meninggal dunia  dengan komorbid atau akibat penyakit penyerta yang dideritanya,” urai Grace.

Sedangkan untuk update kasus COVID-19 per hari ini, jelas Grace, total kasus pasien terkonfirmasi positif COVID-19 sejak 22 Maret 2020 lalu sampai sekarang sebanyak 4.044 kasus, pasien aktif lakukan isolasi mandiri sebanyak 47 orang, sedangkan positif meninggal dunia terdapat 228 orang dan pasien sembuh total 4.129 kasus.

“Selain itu, jumlah kasus probable COVID-19 hingga sekarang sebanyak 189 kasus dan kasus pasien discarded total mencapai 5.547 Kasus. Kami mengimbau meskipun kasus terus alami penurunan tetapi masyarakat kami tetap melaksanakan protokol kesehatan,” pungkasnya.  

Baca Juga: Hujan Tiga Jam, Dua RT di Waru Penajam Paser Utara Diterjang Banjir 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya