Comscore Tracker

Tinggal Sendirian dalam Rumah, Kakek di Penajam Ditemukan Meninggal

Penyebab kematian diduga serangan jantung

Penajam, IDN Times - Masyarakat di Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) dihebohkan dengan penemuan sosok mayat pria lanjut usia inisial KN (71), Kamis (29/9/2022) pukul 12.30 Wita. 

Jasad pria nahas ini ditemukan tepat di belakang rumah di Jalan Provinsi Km 3,5 Perum Rinda Jaya RT 01 Kelurahan Penajam PPU. Selama ini, ia menempati rumah tersebut seorang diri.  

“Kakek ini ditemukan sudah meninggal dunia tergeletak tempat di belakang rumahnya. Pertama kali ditemukan oleh tetangganya bernama Ahmad Zainuri. Setelah itu laporan masuk ke Polsek Penajam dan tim evakuasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PPU,” kata Kapolres PPU AKBP Hendrik Eka Bahalwan melalui Kapolsek Penajam AKP Purwo Asmadi kepada IDN Times, Jumat (30/9/2022).

1. Korban sempat makan di rumah adik iparnya

Tinggal Sendirian dalam Rumah, Kakek di Penajam Ditemukan MeninggalKapolsek Penajam, AKP Purwo Asmadi dan anggota BPBD di TKP penemuan mayat (IDN Times/Ervan)

Purwo mengatakan, korban diketahui sempat mengunjungi adik iparnya untuk meminta makan pada Senin 26 September 2022. Setelah itu, ia pun kembali pulang ke rumahnya. 

“Rumah kakek ini dekat dengan rumah adik iparnya, Senin kemarin sempat makan di rumah di rumah adiknya itu. Lalu setelah makan korban pulang ke kediamannya,” ujarnya.

Seorang saksi lainnya, tetangga korban bernama Ahmad Zainuri pun menguatkan keterangan keluarganya ini. Korban diketahui beraktivitas seperti biasa pada Selasa 27 September 2022 pukul 10.00-12.00 Wita. 

Baca Juga: Pemkab PPU Respons Positif Kejaksaan Melakukan Restorative Justice 

2. Jasad korban ditemukan di belakang rumah

Tinggal Sendirian dalam Rumah, Kakek di Penajam Ditemukan MeninggalKapolsek Penajam, AKP Purwo Asmadi mengecek mayat kakek KN (IDN Times/Ervan)

Tetapi sejak hari Rabu dan seterusnya, kata Purwo, korban tidak terlihat menjalankan aktivitas di rumahnya. 

“Sehingga pada Kamis kemarin tetangganya mencoba mencari korban di sekeliling rumah dan ketika di belakang rumah korban sudah tergeletak menjadi mayat,” urainya.

Akses menuju belakang rumah kakek KN hanya satu, yakni melalui depan rumah. Lokasi belakang rumah hanya terdapat jamban, pepohonan, dan alang-alang. 

Korban sendiri diketahui memiliki riwayat penyakit pikun sekaligus stroke ringan. 

“Bahkan akibat penyakitnya itu beberapa kali terjatuh saat jalan dan kepalanya pun pernah bocor karena terjatuh,” sebut Kapolsek Penajam.

3. Polisi amankan dan olah TKP

Tinggal Sendirian dalam Rumah, Kakek di Penajam Ditemukan MeninggalAnggota BPBD PPU lakukan evakuasi mayat kekak KN (IDN Times/Ervan)

Para warga selanjutnya melaporkan penemuan mayat ini ke Polsek Penajam dan BPBD PPU. Polisi pun langsung mengamankan tempat kejadian perkara (TKP) dilanjutnya mengevakuasi jasad korban ke Puskesmas Penajam.

“Dari Puskesmas Penajam, kemudian korban langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Butong (RAPB) PPU untuk dilakukan visum sebelum diserahkan ke keluarga,” ujarnya.

4. BPBD PPU evakuasi mayat ke RSUD

Tinggal Sendirian dalam Rumah, Kakek di Penajam Ditemukan MeninggalAnggota BPBD PPU lakukan evakuasi mayat kekak KN (IDN Times/Ervan)

Terpisah, Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD PPU Marjani membenarkan kejadian penemuan mayat tersebut. Tim BPBD langsung bergerak ke lokasi guna mengevakuasi keberadaan jasad korban. 

Jasad kakek ini dibawa ke RSUD RAPB untuk menjalani proses visum dokter dan Tim Inafis Polres PPU.

“Setelah semua proses dilakukan kemudian jenazah dibawa ke rumah keluarga untuk dimakamkan,” pungkasnya.

Baca Juga: Seorang Santri Ponpes di PPU Jadi Korban Perundungan 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya