Universitas Gunadarma Meresmikan Kampus Baru di PPU

Merupakan kampus ke 14 Universitas Gunadarma

Penajam, IDN Times - Masyarakat di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) kini memiliki universitas pertama nasional  ditandakan dengan diresmikan kampus Universitas Gunadarma (UG) pada Sabtu (12/8/2023).

Kampus tersebut berdiri megah di Desa Girimukti, Kecamatan Penajam dan merupakan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) UG di PPU. Dihadiri Bupati PPU Hamdam beserta jajaran, Direktur Pelayanan Dasar Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Suwito, Rektor UG Margianti, dan Plt Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nizam.

“Kampus yang diresmikan ini adalah kampus bernama Nusantara atau disingkat N dan sangat dekat dengan Ibu Kota Nusantara serta merupakan kampus ke 14. Dibangunan di atas lahan seluas 18 hektare dengan delapan program studi (prodi),” ungkap Margianti dalam sambutannya. 

1. PSDKU UG miliki delapan Prodi

Universitas Gunadarma Meresmikan Kampus Baru di PPUDirjen Diktiristek Kemendikbudristek Nizam saat memotong pita peresmian gedung kampus PSDKU UG (IDN Times/Ervan)

Ia mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih baik kepada kementerian dan lembaga serta pemerintah Kabupaten PPU. Proses  terlewati hingga kampus PSDKU UG dapat terselesaikan sesuai rencana dan harapan bersama dan diresmikan pada hari ini. 

Kampus PSDKU Universitas Gunadarma ini terdapat delapan prodi dengan bangunan 4 lantai sehingga ini memberikan pengalaman baru, semangat baru dan semoga membawa berkah untuk kita semua tak terkecuali bagi Kabupaten PPU. 

"Hadirnya kampus pertama yang letaknya dekat dengan IKN ini semoga menjadi harapan baru kita dalam menyongsong SDM unggul yang berdaya saing seiring pembangunan IKN, terkhusus wilayah PPU yang menjadi serambinya Nusantara,” ujarnya.

Baca Juga: Kejari PPU Memeriksa PNS dalam Kasus Korupsi Pelabuhan Benuo Taka

2. Hasilkan talenta muda isi pembangunan di IKN

Universitas Gunadarma Meresmikan Kampus Baru di PPUDirektur pelayanan Dasar Otorita IKN, Suwito (IDN Times/Ervan)

Sementara itu, Direktur pelayanan Dasar Otorita IKN Suwito menyampaikan, Kabupaten PPU  merupakan wilayah pendukung IKN dan diresmikannya Kampus UG di luar kampus utama ini maka harapannya dapat menghasilkan talenta muda yang nantinya dapat mengisi pembangunan di IKN, PPU dan Indonesia pada umumnya.

IKN, lanjutnya, memiliki visi sebagai kota dunia untuk semua yang dibangun dan dikelola dengan tiga tujuan, dua di antaranya adalah menjadi kota berkelanjutan dan sebagai penggerak ekonomi Indonesia di masa depan. 

“Dalam mencapai kedua tujuan tersebut dibutuhkan SDM yang unggul, tentu keberadaan Kampus UG ini harapannya menjadi wadah untuk menciptakan generasi muda memiliki kualitas tinggi,” tegasnya. 

Sementara itu, Bupati PPU, Hamdam pada kesempatan sama menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya atas dedikasi dan hadirnya UG di Kabupaten PPU.

Hal ini juga termasuk juga dalam gerakan nasional revolusi mental kepada para kepala sekolah dan peserta didik di wilayah PPU.

3. Kado terindah bagi masyarakat Kabupaten PPU

Universitas Gunadarma Meresmikan Kampus Baru di PPURektor Universitas Gunadarma Prof. Dr. E.S Margianti, SE., M.M (IDN Times/Ervan)

Pembangunan kampus Universitas Gunadarma berkontribusi dalam pembangunan SDM di PPU. 

"Terima kasih telah turut berkontribusi besar untuk PPU termasuk peran seluruh pihak yang terlibat hingga proses peresmian kampus PSDKU ini dapat terlaksana dengan baik," ucapnya.

Menurutnya,  merupakan suatu  kebahagian sekaligus kebanggan sekali karena peresmian kampus ini adalah kado terindah bagi masyarakat Kabupaten PPU

Menyongsong lahirnya sumber daya manusia (SDM) yang unggul, berdaya saing dan membawa kemajuan bagi daerah yang kini menjadi Serambinya Nusantara.   

Dirinya meyakini, ke kepan seiring berjalannya waktu kampus ini akan semakin berkembang dengan baik. Kampus Gunadarma ini merupakan kampus pertama di wilayah terdekat dari IKN Nusantara dan menjadi roda penggerak pengembangan SDM unggul di Kabupaten PPU sebagai serambinya Nusantara.

“Sebetulnya, selain UG terdapat beberapa universitas di luar Kaltim yang kita ajak untuk mengembangkan pendidikan di PPU, karena tidak dapat dipungkiri hadirnya universitas di wilayah PPU membawa dampak perubahan signifikan dari sisi pembangunan daerah manusia maupun pembangunan kualitas SDM nya.  

Baca Juga: Polres PPU Bekuk Warga Buluminung Pelaku Curanmor dan Tabung Elpiji

4. Kemajuan daerah tergantung pada SDM nya

Universitas Gunadarma Meresmikan Kampus Baru di PPUDirjen Diktiristek, Nizam dan Rektor UG, Margianti, tandatangani prasasti peremian kampus UG disaksikan Bupati PPU Hamdam (IDN Times/Ervan)

Plt Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Nizam, menyampaikan pentingnya pentingnya membangun SDM di sekitar IKN sebagai pendukung kemajuan IKN, karena kemajuan suatu daerah tergantung pada kemajuan SDMnya, saat ini ada langkah nyata dengan lahirnya kampus pertama di PPU. 

“Jangan sampai masyarakat menjadi penonton di tengah kemajuan IKN. Oleh karena itu perlu akselerasi pembangunan IKN dan sekitarnya melalui kemajuan SDM yang didukung dengan riset dan inovasi,” sebutnya.

Terpisah Sekretaris OIKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya mengakui, keberadaan Kampus PSDKU UG ini, tentu sangat diharapkan bagi masyarakat Kaltim dan juga masyarakat yang ada di IKN. Guna meningkatkan SDM mereka untuk memenuhi kebutuhan pembangunan IKN dan Indonesia.   

"Awal sebelum UG masuk di PPU saya juga terlibat aktif selaku asesor melaksanakan asesmen atau penilaian dalam rencana pembangunan kampus ini  yang sangat dekat dengan IKN dengan jaraknya lebih kurang hanya 40 kilometer saja," pungkasnya. 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya