Big Bad Wolf Balikpapan Sudah Dibuka hingga 8 Oktober di Dome

Tak hanya internasional, ada juga buku lokal loh!

Balikpapan, IDN Times - Bazar buku internasional Big Bad Wolf (BBW) di Balikpapan Sport and Convention Center (BSSC) Dome mulai dibuka untuk umum pada Jumat, 29 September 2023. Pada hari pembukaannya, Kamis (28/9/2023) ini BBW terlebih dahulu dibuka khusus untuk para nasabah Bank BCA. 

BBW Balikpapan akan dibuka untuk umum selama 10 hari, yaitu 29 September - 8 Oktober 2023. Yang dibuka mulai pukul 10.00 - 22.00 WITA. Beragam buku lokal sampai internasional sudah siap diserbu para pecintanya. 

1. Dukungan pemerintah agar buku kian terjangkau

Big Bad Wolf Balikpapan Sudah Dibuka hingga 8 Oktober di DomeBig Bad Wolf Balikpapan berlangsung 29 September - 8 Oktober 2023. (IDN Times/Fatmawati)

BBW Balikpapan resmi dibuka Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian dari Dapil Kalimantan Timur. Pembukaan BBW Balikpapan juga dihadiri oleh Wali kota Balikpapan Rahmad Mas'ud.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian menyampaikan dukungannya akan kegiatan semacam ini. Ia mengajak masyarakat Balikpapan dan sekitarnya untuk datang dan memborong di BBW Balikpapan.

"Buku internasional seperti ini juga membantu meningkatkan literasi akan bahasa Inggris. Apalagi di tahun 2024 jadi mata pelajaran wajib sejak elementary school. Ibu-ibu harus siap-siap. Apalagi di sini banyak ragam buku, termasuk yang mengasah keterampilan," ungkapnya.

Ia juga menyampaikan terkait dukungan pemerintah pusat terhadap buku murah. Yaitu dengan dikeluarkannya sistem perbukuan. "Ingin membuat buku murah dan merata, terjangkau. Kita juga memiliki aturan terkait pajak buku yang dihapuskan. Jadi harganya bisa lebih murah," katanya.

Hetifah melihat, iklim untuk mendukung buku lebih terjangkau sangat penting. Meskipun saat ini juga sudah ada buku digital. Namun interaksi orang tua dengan anak akan berbeda jika buku yang digunakan ada secara fisik atau hardcopy

"Kami senang bahwa hal seperti ini dilakukan. Supaya pegiat literasi di Indonesia terdorong menulis, juga menciptakan buku-buku yang bagus. Juga ikut serta dalam gerakan literasi," ungkapnya. 

Baca Juga: Big Bad Wolf Books Datangkan 10 Juta Buku dalam Bazar di Balikpapan

2. Hadirkan juga buku-buku Mizan

Big Bad Wolf Balikpapan Sudah Dibuka hingga 8 Oktober di DomeBerbagai buku tersedia di Big Bad Wolf Balikpapan. (IDN Times/Fatmawati)

Sementara, Direktur Big Bad Wolf Indonesia Uli Silalahi mengungkapkan, kehadiran BBW di Balikpapan ini juga bentuk dukungan terhadap kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Keberadaan buku-buku internasional ini menurutnya spesial. BBW menyajikan buku-buku top rank mulai dari produk Disney, Dickey, Random House dan lainnya. "Buku-buku ini susah dicari dan limited. Bahkan hanya ada di Big Bad Wolf," katanya. 

BBW juga menghadirkan penerbit Mizan. Total ada 40 penerbit Indonesia yang terlibat. "Jadi kita juga ada buku dari Mizan dan lainnya. Kita lengkap. Maka datang dulu ke sini, baca, baru beli," katanya.

3. Transaksi cashless dan berbagai promo BBW bersama BCA

Big Bad Wolf Balikpapan Sudah Dibuka hingga 8 Oktober di DomeKepala BCA Cabang Balikpapan, Jedida Lauw bersama Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud berkeliling melihat buku-buku di Big Bad Wolf Balikpapan. (IDN Times/Fatmawati)

Untuk informasi, pada BBW Balikpapan ini, penawaran promosi harga buku dan flash sale akan digelar lima kali setiap harinya. Koleksi buku impian dari jutaan buku pilihan dengan harga yang sangat jarang ditemui di tempat lain. 

Mendukung kampanye membaca ini, BCA berpartisipasi dalam kegiatan BBW 2023 untuk mendukung literasi masyarakat Indonesia terlebih warga Balikpapan di Kalimantan Timur. 

"Perhelatan yang digelar secara offline dan online ini juga mendorong BCA untuk memfasilitasi pembayaran yang modern bagi seluruh pengunjung dengan menghadirkan pembayaran cashless untuk memberikan kemudahan serta kenyamanan bertransaksi, dan dilengkapi dengan beragam promo menarik bagi pecinta buku di Indonesia, termasuk Kalimantan Timur,” ungkap Kepala BCA Cabang Balikpapan, Jedida Lauw.

Sebaran akses buku gratis untuk gaya hidup kekinian juga akan disalurkan BBW melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) bernama Red Readerhood (RRH). Program ini mengajak para pengunjung berpartisipasi untuk mendonasikan buku-buku yang disediakan di pojok RRH. Penyaluran CSR RRH akan ditujukan kepada anak-anak di seluruh pelosok Kalimantan Timur.

Baca Juga: Simak Tips dan Trik Belanja Buku di Big Bad Wolf 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya