Comscore Tracker

Jaringan Telkom Bermasalah, Ratusan Peserta CASN Batal Ikuti Tes

Tes SKD Balikpapan tak alami kendala

Balikpapan, IDN Times - Jaringan internet provider Telkom yang mengalami masalah berimbas pada pelaksanaan tes calon aparatur sipil negara (CASN) di Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). Tes CASN untuk institusi kejaksaan se Kalimantan ini dilaksanakan di Balai Sudirman, Balikpapan, Senin (20/9/2021).

Sebanyak lebih 400 orang peserta mesti pulang dengan kecewa lantaran batal mengikuti tahapan seleksi kompetensi dasar (SKD) CAT (computer assisted test).

Server Badan Kepegawaian Nasional (BKN) tidak dapat diakses. Padahal para peserta ini datang dari berbagai daerah luar Balikpapan. Seperti dialami Reinaldi, salah satu peserta yang mengaku kecewa karena tak ada pemberitahuan dari pihak BKN. 

"Kami menunggu tanpa kejelasan dan kepastian. Baru di sore hari ada panitia BKN yang memberikan penjelasan,” ungkap peserta asal Samarinda ini.

1. Peserta sayangkan BKN tak miliki langkah antisipasi

Jaringan Telkom Bermasalah, Ratusan Peserta CASN Batal Ikuti TesIlustrasi Pendaftaran CPNS (IDN Times/Mardya Shakti)

Tak sedikit peserta yang menunggu untuk menjalani tes sejak pagi. Ia pun menyayangkan BKN yang tak memiliki langkah antisipasi. 

Padahal harusnya instansi tersebut punya rencana cadangan kalau-kalau ada kejadian jaringan down seperti ini. “Sangat disayangkan, BKN tidak punya opsi lain. Padahal harusnya bisa diantisipasi,” keluhnya. 

Kendati akhirnya BKN menjadwalkan ulang tes tersebut, sehingga peserta bisa sedikit lega. Tes susulan ini rencananya akan dilaksanakan Oktober mendatang. Menurut dia kepastian akan disampaikan panitia melalui akun resmi BKN.

"Kalau tidak 1 ya 2 Oktober," sebutnya. 

Baca Juga: Sadis, Ayah di Balikpapan Siram Air Mendidih ke Tubuh Anak Kandung

2. Akan jadwalkan ulang tes

Jaringan Telkom Bermasalah, Ratusan Peserta CASN Batal Ikuti Teshttps://sscasn.bkn.go.id

Sementara itu, Koordinator Pelaksana CASN BKN Kantor Regional 8 Banjarmasin Nur Muhammad Ilyas menerangkan, jaringan Telkom yang bermasalah memang jadi alasan kenapa server BKN tak dapat diakses oleh peserta.

Pihaknya tak bisa login ke server BKN melalui provider Telkom. Bagaimana pun, tender untuk pelaksanaan tes CASN ini memang diperoleh Telkom.

"Jadi kami tidak masuk pakai provider lain," katanya. 

Ke depan, menurutnya panitia bakal menyiapkan langkah antisipasi supaya kejadian serupa tak terulang lagi. "Tapi kami pastikan akan ada penjadwalan ulang pelaksanaan tes CAT yang urung terlaksana hari ini," katanya. 

3. Tes CASN Pemkot Balikpapan tak alami kendala

Jaringan Telkom Bermasalah, Ratusan Peserta CASN Batal Ikuti TesIlustrasi tes CPNS (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Sementara untuk pelaksanaan tes CASN Pemkot Balikpapan rupanya tak mengalami kendala serupa. Untuk diketahui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Balikpapan tengah melaksanakan tes SKD juga di Universitas Mulia Balikpapan. 

Menurut Plt Kepala BKPSDM Balikpapan Amiruddin, pada hari ketiga pelaksanaan SKD sebenarnya tak ada kendala berarti. Meski saat hari pertama SKD pada Sabtu (18/9/2021) lalu terdapat gangguan jaringan dan server tak bisa diakses peserta. 

"Tapi ini juga terjadi di 172 titik lokasi lainnya se-Indonesia. Setelah perbaikan server dari pusat, tes berjalan normal kembali seperti biasa. Ini hari ketiga pelaksanaan SKD sudah tidak ada masalah," katanya.

Terkait jaringan dia mengaku aman karena sudah tersedia dari lokasi penyelenggara Universitas Mulia. Kemudian dibantu bekap oleh Diskominfo Balikpapan. 

Baca Juga: Bripka Taufik Ismail, Polisi yang Dedikasikan Diri di Teluk Balikpapan

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya