Kota Balikpapan Sudah Gunakan Vaksin Covovax untuk Masyarakat

Efikasi hingga 90 persen, dosis per hari tak dibatasi

Balikpapan, IDN Times - Vaksin jenis baru, Covovax saat ini sudah didistribusikan ke Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). Vaksin tersebut diterima Dinas Kesehatan Kota Balikpapan dalam pandemik COVID-19 pada Minggu 20 Maret 2022 lalu. 

Vaksin ini merupakan produksi India dan telah mendapatkan izin penggunaan Energi Used Authorization (EUA) dari Balai POM. 

"Vaksin ini juga sudah mendapatkan rekomendasi dari pakar ahli imunisasi di Indonesia, Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI)," jelasnya, Kamis (24/3/2022).

1. Peruntukan Vaksin Covovax

Kota Balikpapan Sudah Gunakan Vaksin Covovax untuk MasyarakatIlustrasi petugas saat disinfektan COVID-19. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Vaksin jenis baru ini juga direkomendasikan untuk dosis satu, dua, maupun dosis bagi masyarakat yang dosis keduanya telah terlewat atau terlampaui.

"Atau berstatus drop out," jelas Dio, sapaan Andi Sri Juliarty. 

Vaksin ini sudah dipergunakan untuk masyarakat sejak Senin (21/3/2022) lalu. Vaksinasi dilakukan di pelayanan di sentra vaksinasi, Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome. 

"Silakan masyarakat yang akan menggunakan vaksin jenis Covovax. Efikasi vaksin ini tinggi, yaitu mencapai 89,7 persen - 90,4 persen," terang Dio.

Baca Juga: Pusing Jadi Pengangguran, Pemuda Balikpapan Bobol Batu Granit Musala

2. Tak batasi jumlah dosis per hari

Kota Balikpapan Sudah Gunakan Vaksin Covovax untuk MasyarakatKepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty (IDN Times/ Fatmawati)

Dinkes Kota Balikpapan sebenarnya sudah mulai menyampaikan atau melakukan sosialisasi kepada masyarakat, mengenai ketersediaan Covovax di Balikpapan sejak Sabtu (19/3) lalu. Balikpapan menerima distribusi Vaksin Covovax dengan total 1.800 dosis. 

“Kami tidak membatasi jumlah dosis per hari. Silakan saja seberapa masyarakat menginginkan,” terang Dio, sapaan Andi Sri Juliarty. 

Untuk informasi, Indonesia merupakan pengguna pertama vaksin oleh produsen Serum Institute of India Pvt.Ltd (SII). Covovax bisa diberikan kepada masyarakat dengan kategori usia di atas 18 tahun hingga lansia.

3. Efikasi vaksin Covovax

Kota Balikpapan Sudah Gunakan Vaksin Covovax untuk MasyarakatInformasi mengenai vaksin Covovax (Dinkes Balikpapan)

Ditambahkan Dio, vaksin ini juga berlaku juga untuk KTP luar Balikpapan. Berdasarkan hasil penelitian, efikasi vaksin ini, untuk lansia mencapai 88,9 persen. Kemudian efikasi terhadap virus COVID-19 asli sebesar 96,4 persen. Serta 86,3 persen terhadap varian Alpha (B.1.1.7).

Sebagai informasi, Covovax dilaporkan telah memenuhi persyaratan evaluasi vaksin oleh WHO dan melakukan uji klinis fase 3 di Amerika Serikat, Meksiko, dan Inggris. Jenis vaksin ini berbasis protein nanopartikel rekombinan dan adjuvant matrix-M1. 

Ada pun pemberian vaksin sebanyak 5 miligram per dosis, dua kali suntikan dengan jarak interval 21 hari. Dinkes Kota Balikpapan hingga kini masih terus gencar melakukan vaksinasi di BSCC Dome.

“Kami menyediakan Sinovac, Moderna, Astrazeneca, Pfizer, dan Covovax,” tuturnya,

Baca Juga: IRT Balikpapan Edarkan Narkoba Jenis Sabu, Apa Alasannya?

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya