Banjarmasin Resmikan Kampung Merah Putih pada Hari Pancasila

Serentak kibarkan bendera merah putih depan rumah

Banjarmasin, IDN Times - Pemerintah Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) mencanangkan keberadaan Kampung Merah Putih atau Kamaratih di Sungai Andai Jalan Cengkeh RT 70, Kamis (1/6/2023). 

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina yang memimpin langsung proses pencanangan kampung tersebut bertepatan dengan Hari Kelahiran Pancasila ini. 

Kamaratih sendiri merupakan gagasan dari Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Kota Banjarmasin yang didukung warga Sungai Andai RT 70 dan Pemerintah Kota Banjarmasin.

1. Kampung Merah Putih pertama di Kalsel

Banjarmasin Resmikan Kampung Merah Putih pada Hari PancasilaSejumlah pelajar mengibarkan bendera merah putih mewarnai Pencanangan Kampung Merah Putih di Sungai Andai.

Ibnu Sina mengatakan, penetapan Kampung Merah Putih ini menjadi pertama kalinya di Kalsel. Proses penetapannya Kamaratih ini pun membutuhkan proses panjang. Sehingga warga seluruh RT 70 di Sungai Andai ini, sepakat bahwa menjadi pelopor Kampung Merah Putih.

Itu juga diharapkan Ibnu dapat diikuti oleh kelurahan lainnya di Kota Banjarmasin dan menjadi kampung wisata edukasi Pancasila dan Merah Putih.

"Ini yang pertama di Banjarmasin, dan saya rasa ini juga yang pertama di Kalsel karena belum ada didengar Kampung Merah Putih Kamaratih," ucapnya.

Baca Juga: SKPD Pemkot Banjarmasin Diminta Teliti dalam Pengelolaan Keuangan

2. Bendera Merah Putih dikibarkan setiap hari besar nasional

Banjarmasin Resmikan Kampung Merah Putih pada Hari PancasilaPengibaran bendera merah putih depan rumah warga.

Kampung Merah Putih, menurut Ibnu, memiliki keunikan tersendiri yang sedikit beda dibandingkan kampung lainnya. Seperti sikap nasionalisme penduduknya yang kompak mengibarkan Bendera Merah Putih di setiap hari besar nasional. 

Seperti saat ini, perayaan Hari Lahirnya Pancasila ditandai lewat pengibaran Bendara Merah Putih dengan ukuran yang identik.  

"Setiap hari-hari besar nasional warga di sini disuruh tidak disuruh akan mengibarkan bendera putih. Semua bendera ukurannya sama," papar Ibnu.

3. Murni swadaya masyarakat

Banjarmasin Resmikan Kampung Merah Putih pada Hari PancasilaPara pelajar SD berebut foto bersama Wali Kota Banjarmasin.

Koordinator PPWK Kota Banjarmasin Bambang Budiyanto menambahkan, inovasi Kamaratih merupakan murni swadaya masyarakat yang direalisasikan di RT 70 Sungai Andai.

Dalam prosesnya, Wali Kota Banjarmasin meminta agar dibuatkan perumusan konsep yang matang dalam merealisasikan inovasi Kamaratih. 

Pemkot Banjarmasin akan mengembangkan konsep Kamaratih hingga 1 Agustus. Peresmiannya akan dipimpin langsung Wali Kota Banjarmasin. 

"Ini swadaya kita dan masyarakat, maka dari itu kami ucapkan banyak terima kasih kepada warga khususnya RT 70 yang mau kampungnya dijadikan Kamaratih. Terima kasih juga atas dukungan Pemerintah Kota Banjarmasin serta pihak sponsor," bebernya

Baca Juga: Puluhan Truk di Banjarmasin Terjaring Razia dari KIR hingga ODOL

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya