Event Job Fair Memperoleh Respons Positif dari Warga Banjarmasin

Para pencari kerja kelompok millennials

Banjarmasin, IDN Times - Event Job Fair digagas Pemkot Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) memperoleh respons positif dari pencari kerja. Sebanyak 34 perusahaan setempat membuka kesempatan kerja yang digelar di Siring Menara Pandang Banjarmasin, Selasa (25/7/2023).

Pantauan IDN Times, puluhan warga Banjarmasin silih berganti memadati event Job Fair ini. Para pencari kerja adalah mereka yang baru lulus sekolah dan kuliah. Sisanya yang sudah berpengalaman dan ingin mencari lowongan kerja baru. 

1. Puluhan perusahaan membuka lowongan kerja

Event Job Fair Memperoleh Respons Positif dari Warga BanjarmasinSuasana pencaker di Kota Banjarmasin di Job Fair 2023.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Tenaga Kerja Kota Banjarmasin Isa Ansari mengatakan, event Job Fair ini bertujuan mengurangi angka pengangguran. Apalagi bulan ini banyak yang baru lulus sekolah dan yang baru menyelesaikan program sarjana universitas. 

Job Fair pun memudahkan masyarakat untuk bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian maupun keinginan. Banyak pilihan perusahaan yang mau bergabung dalam acara tahunan itu, salah satunya perhotelan dan pembiayaan.

"Saya harap Job Fair yang didukung 34 perusahaan ini dapat mengurangi angka pengangguran di Banjarmasin," ujarnya.

Baca Juga: Praktik Jual Beli Kursi Sekolah Nihil di Banjarmasin 

2. Banjarmasin Kota tertinggi angka pengangguran di Kalsel

Event Job Fair Memperoleh Respons Positif dari Warga BanjarmasinJob Fair secara resmi dibuka oleh Kadis Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Banjarmasin.

Isa melanjutkan, Banjarmasin menjadi kota/kabupaten di Kalsel dengan tingkat pengangguran paling tinggi. Dalam pendataannya, event Job Fair terbukti mampu menurunkan angka pengangguran di Banjarmasin. 

Dimulai tahun 2021, angka pengangguran di kota ini sempat 8,47 persen, setelah dipantau angka pengangguran berhasil turun menjadi 6,96 persen di tahun setelahnya.

Berkurangnya angka pengangguran itu salah satunya disumbang kegiatan Job Fair.  Oleh sebab itu, Pemkot Banjarmasin rutin menggelar acara tersebut.

"Setiap tahunnya angka pengangguran berkurang," ucapnya.

3. Para pencari kerja di Banjarmasin

Event Job Fair Memperoleh Respons Positif dari Warga Banjarmasinilustrasi pencari kerja (jobseeker) (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara itu, salah seorang pengunjung Job Fair bernama Hendri (23) menjadi salah seorang pencari kerja di Banjarmasin. Sehingga, ia pun kemudian berinisiatif mencari lowongan kerja yang nantinya bisa memberikan gaji lebih besar. 

Meskipun sudah bekerja dan ingin memperoleh peluang lebih baik. 

"Ya saya iseng saja sambil jalan-jalan dan siapa tahu ada pekerjaan yang bagus gajinya tinggi walaupun saya sudah ada pekerjaan," katanya.

Demikian pun pengunjung lain bernama Dian (25) yang mencari lowongan kerja sesuai keahlian. "Kalau ada yang bagus boleh dicoba, hitung-hitung cari pengalaman," ujarnya.

Baca Juga: Pengamat Kritisi Program Pengurangan Sampah Plastik di Banjarmasin 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya