Pelayanan Puskesmas di Banjarmasin Tetap Aktif selama Lebaran 

Warga merasa terbantu bisa kontrol kesehatan

Banjarmasin, IDN Times - Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) memastikan layanan kesehatan puskesmas tetap aktif selama lebaran Idul Fitri nanti. Tenaga kesehatan (nakes) di Banjarmasin memang tetap memberikan layanan kesehatan di tengah cuti bersama lebaran hari raya pada 22-23 April 2023. 

Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin sudah menggelar rapat supervisi bersama beberapa puskesmas setempat dalam pelayanan kesehatan selama lebaran ini. 

1. Nakes dapat insentif lembur

Pelayanan Puskesmas di Banjarmasin Tetap Aktif selama Lebaran Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, M Ramadhan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin M Ramadan mengatakan, para nakes memang diminta tetap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Mereka nantinya akan memperoleh insentif lembur dengan besaran sudah diatur Pemkot Banjarmasin. 

Tugas kedinasan mereka dilakukan saat cuti bersama lebaran Idul Fitri. 

"Di hari cuti bersama layanan kesehatan di Puskesmas tetap buka. Nakes yang mendapat jatah piket dihitung lembur," katanya.

Menurut Ramadan, layanan kesehatan tidak boleh dihentikan kepada masyarakat. Terbukti selama musim liburan ini terjadi peningkatan 80 persen jumlah pasien yang berobat di Banjarmasin. 

"Karena urusan kesehatan tidak ada kompromi, meski cuti ternyata masyarakat banyak yang datang berobat. Hal itu diyakininya meski saat lebaran nanti juga ada warga yang berobat," bebernya.

Baca Juga: Warga Banjarmasin Mulai Bersiap Mudik untuk Menyambut Lebaran

2. Layanan hingga pukul 14.30 Wita

Pelayanan Puskesmas di Banjarmasin Tetap Aktif selama Lebaran Suasana layanan kesehatan di Puskesmas Pelambuan di Banjarmasin

Ia menyampaikan, bahwa dengan dibukanya layanan puskesmas di hari cuti bersama sebagai komitmen Pemerintah Kota Banjarmasin untuk tetap hadir melayani dengan sepenuh hati.

Hal tersebut sejalan dengan amanah pimpinan kepada SOPD agar mempermudah urusan masyarakat termasuk salah satunya dalam pemberian pelayanan kesehatan. 

"Ini memang sudah komitmen kami tetap melayani masyarakat meski di hari libur. Adapun layanan untuk loket pendaftaran sampai jam 12 dan layanan sampai 14 30," bebernya.

Ini diakui salah satu kepala puskesmas di Banjarmasin dr Mei mengatakan, para nakes memperoleh jadwal piket jaga selama cuti lebaran keagamaan ini. Ia pun menegaskan komitmen personelnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.  

"Kami sangat senang tetap bekerja piket selama cuti lebaran, karena cuti kami di masa akan datang bertambah dengan mengambil jadwal piket saat cuti lebaran ini," katanya.

3. Warga sehat, nakes bahagia

Pelayanan Puskesmas di Banjarmasin Tetap Aktif selama Lebaran Nakes Puskesmas Sungai Andai Banjarmasin.

Sementara itu, salah seorang pasien bernama Nia mengapresiasi pelayanan puskesmas yang tetap aktif selama cuti lebaran. Menurutnya, hal tersebut sangat membantu masyarakat yang akan mengontrol penyakit sesuai jadwal yang sudah ditetapkan dokter puskesmas.

"Syukur meski di hari libur puskesmas tetap beroperasi, jadi bisa mengontrol," bebernya.

Baca Juga: Asyik! 509 Pemudik Naik KRI Banjarmasin, Sebagian Turun di Semarang dan Dikawal

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya