Warga Banjarmasin Mulai Bersiap Mudik untuk Menyambut Lebaran

Dinas Perhubungan Kalsel siapkan 44 bus mudik gratis

Banjarmasin, IDN Times - Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah tinggal menghitung hari. Tentu momentum ini tak ingin ditinggalkan bagi perantau yang ingin pulang kampung berkumpul sanak saudara.

Salah satunya adalah Masrida warga Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) yang sudah tidak sabar menjalani mudik lebaran ke rumah orangtuanya. Perempuan muda ini memang aslinya kelahiran Barabai di Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalsel. 

Tahun ini, ia berencana menghabiskan liburan ke Barabai selama tiga dengan bersepeda motor bersama suami. 

1. Menjaga kesehatan selama perjalanan

Warga Banjarmasin Mulai Bersiap Mudik untuk Menyambut LebaranSuasana arus lalu lintas di Kota Banjarmasin.

Masrida mengaku tetap mempergunakan sepeda motor menuju ke Barabai. Perjalanan darat rute Banjarmasin-Barabai setidaknya butuh waktu tempuh sekitar 4 jam. 

Menurutnya, penggunaan sepeda motor lebih praktis dibandingkan menumpang fasilitas sarana transportasi umum. Ia tidak tertarik meskipun Pemprov Kalsel menyediakan fasilitas bus untuk mudik gratis bagi warga Banjarmasin. 

"Kalau mudik saya ingin cepat sampai karena kangen orang tua dan keluarga. Tapi kalau ngantuk ya terpaksa istirahat. Kalau kebanyakan istirahat kan jadi lama, 4 jam perjalanan normal bisa menjadi 5 jam lebih baru sampai," katanya.

Baca Juga: Tips Sehat Berpuasa selama Musim Pancaroba di Banjarmasin 

2. Pemprov Kalsel siapkan 44 bus mudik gratis

Warga Banjarmasin Mulai Bersiap Mudik untuk Menyambut LebaranBus mudik gratis untuk warga Banjarmasin.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kalsel Fitri Hernandi mengatakan, pihaknya menyiapkan sebanyak 44 unit bus guna melayani mudik gratis bagi masyarakat. Masing-masing bus ini setidaknya mampu memuat sebanyak 15 orang dengan tujuan kota/kabupaten di Kalsel. 

"Ini jadi momentum pas untuk mereka yang ingin mudik. Ada 44 bus muat 15 orang yang kami siapkan," ucapnya.

Adapun angkutan mudik gratis itu akan beroperasional selama dua hari saja yakni pada tanggal 19 dan 20 April 2023 mendatang.

"Untuk bisa menikmati fasilitas angkutan gratis itu masyarakat harus mendaftar terlebih dahulu melalui laman https://bit.ly/MudikGratisPamanBirin2023," katanya.

3. Silvia merasa terbantu ada bus mudik gratis

Warga Banjarmasin Mulai Bersiap Mudik untuk Menyambut LebaranArmada bus yang berangkat dalam program Mudik Aman Mudik Sehat di Stadion GBK, Jakarta, Rabu (27/4). (Dok. Marwan Fitranansya)

Sedangkan warga Banjarmasin lainnya, Silvia mengaku sangat antusias dengan layanan bus mudik gratis dari Pemprov Kalsel. Bersama seluruh keluarga, ia memang berencana mudik lebaran ke Batu Licin. 

Bus gratis dari pemerintah daerah ini tentunya bisa menghemat pengeluaran biaya hingga Rp200 ribu. 

"Lumayan menghemat ongkos, karena pulang ke Batu Licin perlu modal lebih dari Rp200 ribu," katanya.

Di sisi lain, Silvia enggan mengendarai sepeda motor sebagai sarana mudik lebaran tahun ini. 

"Kalau pakai motor sendiri capek," tutupnya.

Baca Juga: TNI AL Siapkan KRI Banjarmasin untuk Angkut Pemudik Secara Gratis

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya