Perumda Limbah di Banjarmasin Kelola 16 Kubik Tinja per Harinya 

Limbah tinja dijadikan pupuk

Banjarmasin, IDN Times - Perumda Pengolahan Air Limbah Daerah (PALD) Banjarmasin di Kalimantan Selatan (Kalsel) mengelola 16 kubik tinja niaga per harinya. Limbah tinja ini merupakan hasil penyedotan kotoran di masing-masing hotel-hotel yang berada di wilayah Banjarmasin dan sekitarnya. 

"Seharinya rata-rata limbah tinja niaga ada 4 rit atau 16 kubik. Itu belum ditambah tinja domestik, namun ini sifatnya jika ada permintaan warga, penyedotan rumah tangga," kata Direktur Perumda PALD Banjarmasin Endang Waryono ditemui IDN Times, Jumat (10/2/2023).  

1. Paling banyak limbah niaga

Perumda Limbah di Banjarmasin Kelola 16 Kubik Tinja per Harinya Direktur Perumda PALD Ir Endang Waryono

Endang mengatakan, pihaknya menangani pengangkutan limbah tinja baik dari domestik masyarakat maupun niaga di swasta. Ia mengoperasikan sebanyak 5.910 titik sambungan yang berada di seluruh Banjarmasin. 

Dalam kelancaran operasi, Perumda PALD mempunyai 5 truk tangki di mana masing-masing mampu mengangkut 4 kubik tinja. Sementara ini, Endang lebih banyak mengurusi persoalan limbah tinja niaga dari hotel-hotel di Banjarmasin, intensitas dua kali dalam sepekan.  

"Misalnya Hotel HBI limbahnya bisa kita sedot seminggu sekali. Ada juga sampai dua kali, kalau pelanggan Niaga ini bertambah, maka perusahaan ini akan bisa berkembang baik," bebernya.

Baca Juga: Pinggiran Kota Banjarmasin Punya Potensi Produksi Sayuran Kalakai

2. Limbah tinja dimanfaatkan jadi pupuk

Perumda Limbah di Banjarmasin Kelola 16 Kubik Tinja per Harinya Proses pengambilan limbah tinja oleh Perumda PALD.

Perumda PALD Banjarmasin menangani sebanyak 16 kubik limbah tinja per hari yang bisa dimanfaatkan jadi pupuk dan untuk reklamasi menyuburkan tanah. Sebagian limbah tinja cair dipergunakan flushing pipa dan menyiram tanaman.

Endang mengatakan, pengelolaan limbah tinja di Banjarmasin memiliki aspek bisnis menjanjikan di masa depan. Sementara ini, pengelolaannya memang belum komersil. 

Meskipun demikian, Perumda PALD Banjarmasin membuka ruang kerja sama bagi pihak ketiga. 

3. Gali potensi melalui perumahan baru

Perumda Limbah di Banjarmasin Kelola 16 Kubik Tinja per Harinya Perumda Pald Banjarmasin

Endang meyakini bisnis pengelolaan limbah makin menjanjikan setiap tahunnya. Seperti tahun 2022 ini saja, ia menyebutkan ada tambahan sebanyak 100 sambungan baru pengelolaan limbah di Banjarmasin. 

Karenanya, ia mengambil potensi kerja sama dengan perumahan rakyat dan perusahaan pengembang. Beberapa pertemuan pun sudah dilakukannya.

"Sekarang ini yang masih kita tunggu adalah pengesahan Perda yang di dalamnya tentang perizinan perumahan dengan air bersih dan PAL. Kalau itu sudah diketuk setiap perumahan yang dibangun wajib bekerja sama, semoga ini bisa cepat terealisasi," harapnya.

Baca Juga: Pemkot Banjarmasin Gali Potensi Pajak pada 249 Titik Sarang Walet 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya