Puluhan ASN Kepergok Keluyuran Tanpa Izin saat Razia di Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin ancam berikan sanksi tegas 

Banjarmasin, IDN Times - Puluhan aparatur sipil negara (ASN) terjaring razia keluyuran tanpa izin di saat jam kerja di Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa (6/6/2023). Pemerintah daerah menggelar razia penerapan disiplin yang digelar di Taman Kamboja Jalan Djok Mentaya Banjarmasin Tengah. 

Penerapan razia dilakukan Badan Kepegawaian Daerah Pendidikan dan Pelatihan (BKD Diklat) dan personel Satpol PP Banjarmasin. Pemkot Banjarmasin menindaklanjuti laporan masyarakat adanya oknum ASN yang sering kedapatan keluyuran saat jam kerja. 

1. Razia sejam terjaring 21 pegawai keluyuran

Puluhan ASN Kepergok Keluyuran Tanpa Izin saat Razia di BanjarmasinASN memberikan penjelasan terkait dirinya keluar kantor.

Kepala Bidang Mutasi, Promosi, Penilaian dan Evaluasi Kerja ASN Banjarmasin Miftah Al Hajr mengatakan, razia digelar selama 1 jam di sekitar Taman Kamboja. Dalam momentum tersebut, aparat berhasil merazia sebanyak 21 oknum ASN dengan rincian 9 pegawai Pemkot Banjarmasin dan 12 lainnya Pemprov Kalsel. 

Sebagian besarnya, pegawai yang terjaring itu keluar tanpa mengantongi surat izin atau surat tugas dari pimpinan instansi. Para oknum ASN ini pun akhirnya hanya diminta pulang kembali ke kantor masing-masing. 

"Tadi kami menjaring pegawai yang keluyuran, ada 21 yang diperiksa, 19 tidak bisa menunjukkan surat izin," katanya.

Baca Juga: Viral, Remaja Banjarmasin Dilecehkan Jukir di Taman Kamboja

2. Oknum ASN ini terancam kena sanksi disiplin

Puluhan ASN Kepergok Keluyuran Tanpa Izin saat Razia di BanjarmasinASN yang keluyuran dicegat dan diperiksa surat izinnya.

Kendati itu, Miftah tetap meminta kepada para ASN ini agar bisa menyerahkan surat izin dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) masing-masing. Jika tidak dilakukan, mereka terancam dikenakan sanksi tegas dari BKD Banjarmasin. 

"Ya dengan ini kami minta surat izinnya baru bisa keluar. Kalau tidak akan kami berikan teguran baik langsung maupun tertulis," ucapnya.

Ia menyatakan, razia disiplin ASN nantinya akan digelar secara rutin di Banjarmasin dengan target ke sejumlah area publik seperti mal dan pasar tradisional. 

3. Alasan para ASN yang kedapatan keluyuran saat jam kerja

Puluhan ASN Kepergok Keluyuran Tanpa Izin saat Razia di BanjarmasinSejumlah petugas Satpol PP Kota Banjarmasin yang melakukan razia ASN keluyuran.

Sementara itu, sala seorang ASN terjaring razia bernama Sri mengaku punya alasan sendiri keluar kantor tanpa izin dari pimpinan. Ia mengklaim ada urusan penting di sekolah tempatnya bekerja sehingga nekat keluar kantor tanpa izin. 

Diketahui, Sri menjadi salah seorang guru di SMPN 17 Banjarmasin. 

"Saya keluar karena ingin minta rujukan di rumah sakit maka tadi minta izin keluar," ujarnya. 

Meskipun demikian, Sri tetap saja harus memperoleh teguran resmi dari Pemkot Banjarmasin saat gagal menunjukkan surat izin pimpinan. 

Baca Juga: Kendala Teknis, Garuda Tunda Keberangkatan 328 Jemaah Haji Banjarmasin

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya