RSUD Sultan Suriansyah Buka Layanan Spesialis Ortopedi dan Kulit

Tiga tahun berjalan sudah melayani 18 Poliklinik

Banjarmasin, IDN Times - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Suriansyah di Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) membuka layanan spesialis ortopedi (tulang), kulit, dan kelamin. 

Pelayanan spesialis ini menjadikan rumah sakit ini daerah memiliki 18 poliklinik selama tiga tahun terakhir ini. 

1. Permudah akses layanan kesehatan

RSUD Sultan Suriansyah Buka Layanan Spesialis Ortopedi dan KulitDirektur RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin, M Syaukani.

Direktur RSUD Sultan Suriansyah M Syaukani mengatakan,  pembukaan klinik spesialis tulang, kulit, dan kelamin ini tentunya akan mempermudah akses berobat masyarakat. Menjawab harapan masyarakat Banjarmasin agar pihak rumah sakit menambah fasilitas layanan. 

Selama dua tahun terakhir, RSUD Sultan Suriansyah setidaknya sudah menambah 5 poliklinik spesialis bagi masyarakat Banjarmasin. 

"Bisa meningkatkan layanan dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat serta mempermudah akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat," katanya.

Baca Juga: Pemkot Banjarmasin Menggelar Uji Kompetensi bagi Pimpinan SKPD

2. Pengobatan kulit dan kelamin dibutuhkan masyarakat

RSUD Sultan Suriansyah Buka Layanan Spesialis Ortopedi dan KulitPenampakan RSUD Sultan Suriansyah dari dalam lobi.

Untuk spesialis kulit dan kelamin, menurut Syaukani, sudah mulai ditangani dr Muhammad Mazaya Atif Sp DV dengan beberapa pasien berobat. Artinya, pengobatan kulit dan kelamin ini memang dibutuhkan masyarakat sekitar Banjarmasin.

Selain itu, poliklinik ini memberikan pelayanan perawatan kulit dan kecantikan. 

"Untuk spesialis kulit ini akan dikembangkan hingga soal kecantikan," katanya.

3. Biaya pelayanan dijamin tidak membebani masyarakat

RSUD Sultan Suriansyah Buka Layanan Spesialis Ortopedi dan KulitDirektur Jaminan Perlayanan Kesehatan, Lily Kresnowati mengungkapkan BPJS Kesehatan berperan dalam hal memberikan penjaminan akses layanan kesehatan sebagai upaya penanganan stunting, mulai dari akses kesehatan bagi ibu saat hamil, saat persalinan maupun pasca persalinan. (Dok. BPJS Kesehatan)

Lebih lanjut, Syaukani memastikan pihak rumah sakit membebankan biaya rasional dalam pelayanan kesehatan ini. Bahkan ia berani menjamin tidak membebani masyarakat.

Pihak rumah sakit ini juga menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

"RS Sultan sudah bekerja sama dengan BPJS, termasuk pelayanan spesialis kulit dan kelamin ini, jadi bisa melayani pasien umum dan pasien peserta JKN/BPJS," katanya.

Syaukani juga menyampaikan, bahwa tahun ini layanan RS akan ditambah fasilitas ruangan operasi yang lebih canggih. Juga beberapa ruangan lainnya untuk mendukung kenyamanan pasien maupun pengunjung.

Baca Juga: 5 Larangan Berbau Agama di Banjarmasin yang Wajib Dipatuhi

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya