Pemkab Penajam Harap Semua Warga Dapat Sambungan Aliran Gas 

Berharap kuota penerima ditambah

Penajam, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur berharap semua warga di daerah itu bisa menikmati sambungan aliran gas rumah tangga dari program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar mengatakan Kementerian ESDM dapat menambah jatah atau kuota sambungan aliran gas rumah tangga. Sehingga lebih banyak warga yang bisa menikmati program itu.

"Banyak keinginan masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara menyangkut sambungan aliran gas rumah tangga program Kementerian ESDM itu," katanya seperti dilansir dari Antara, Minggu (27/3/2022).

1. Harap semua warga diakomodir

Pemkab Penajam Harap Semua Warga Dapat Sambungan Aliran Gas Dok. Pertamina

Warga yang belum mendapatkan jaringan gas rumah tangga, ujar dia, menginginkan segara diakomodir. Sehingga mereka dapat menikmati sambungan aliran gas rumah tangga.

Sejak dua tahun program Kementerian ESDM berjalan di Kabupaten Penajam Paser Utara, katanya, program itu belum mengakomodir seluruh rumah tangga yang ada di daerah itu. Sehingga besar harapan Pemkab Penajam agar sasarannya bisa lebih banyak.

"Rumah tangga di wilayah Penajam Paser Utara yang mendapat program jaringan gas rumah, baru sebanyak 9.354 sambungan aliran gas rumah tangga," ujarnya.

Baca Juga: Jalanan di Panajam Kian Mulus, Petani Lebih Mudah Pasarkan Hasil Sawah

2. Jarak geografis jadi kendala

Pemkab Penajam Harap Semua Warga Dapat Sambungan Aliran Gas Google Map

Menurut Tohar, memang terdapat kendala pada pemasangan sambungan aliran gas. Kondisi geografis dan permukiman penduduk di Kabupaten Penajam Paser Utara jaraknya agak jauh.

"Jumlah itu baru mengakomodir tiga desa dan sembilan kelurahan di seluruh Kabupaten Penajam Paser Utara," ujarnya.

Namun, kata Tohar, pemerintah kabupaten terus mendorong untuk pemenuhan keinginan masyarakat mendapatkan sambungan aliran gas itu. Itu juga menjadi harapan Pemkab dan akan terus diupayakan.

3. Pengurangan penggunaan minyak bumi

Pemkab Penajam Harap Semua Warga Dapat Sambungan Aliran Gas Ilustrasi Penurunan Harga Minyak (IDN Times/Arief Rahmat)

Sambungan aliran gas rumah tangga tersebut, ujarnya, merupakan langkah strategis pemerintah pusat untuk menggantikan penggunaan minyak bumi. Yakni dengan meningkatkan penggunaan gas bumi untuk sektor rumah tangga dan pelanggan kecil.

Pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga, katanya, merupakan program prioritas nasional. Ini bertujuan untuk diversifikasi energi sebagai percepatan pengurangan penggunaan minyak bumi.

Baca Juga: Agar Pembangunan Gak Timpang, Pemkab Penajam Harap Dapat Dana Khusus

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya