Agar Pembangunan Gak Timpang, Pemkab Penajam Harap Dapat Dana Khusus

Tujuannya agar pembangunan di Penajam tidak tertinggal jauh

Penajam, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur berharap ada alokasi dana khusus untuk menopang pembangunan infrastruktur dari pemerintah pusat. Sehingga daerah itu dapat mengimbangi pembangunan yang akan dilaksanakan di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang saat ini tengah dirancang.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Jon Kenedi mengatakan bahwa permintaan itu cukup wajar. Karena Anggaran Pendapatan Belanja Daerah atau APBD kabupaten sangat terbatas. Sehingga tidak mampu membiayai kebutuhan pembangunan infrastruktur yang diperlukan.

1. Ingin dapat dana khusus

Agar Pembangunan Gak Timpang, Pemkab Penajam Harap Dapat Dana KhususWikipedia/Arief Rahman Saan (Ezagren)

Dengan terbatasnya APBD kabupaten tersebut, dipastikan tidak akan mampu mengimbangi pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN baru yang bernama Nusantara.

"Kami berharap ada dana khusus untuk Kabupaten Penajam Paser Utara dari pemerintah pusat di luar dari DBH (dana bagi hasil) dan DAK (dana alokasi khusus)," ujarnya seperti dilansir dari Antara, Sabtu (26/3/2022).

Dengan adanya dana khusus tersebut, maka pembangunan di Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai penyangga ibu kota negara tidak tertinggal jauh.

"Supaya tidak tertinggal jauh dengan pembangunan IKN Nusantara," tambahnya.

Baca Juga: Sambut IKN, Warga Penajam Usulkan Pemekaran Kelurahan Sotek dan Riko 

2. Pembangunan butuh dana besar

Agar Pembangunan Gak Timpang, Pemkab Penajam Harap Dapat Dana KhususIlustrasi uang (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Ada sejumlah pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Penajam Paser Utara yang belum rampung. Di antaranya yakni jalan pesisir pantai (coastal road) di Kecamatan Penajam. Kemudian jalan dari Kawasan Industri Buluminung atau KIB di Kelurahan Buluminung sampai Jembatan Pulau Balang di Kelurahan Pantai Lango.

Pembangunan lanjutan infrastruktur jalan tersebut membutuhkan anggaran berkisar ratusan miliar rupiah.

"Jembatan Sungai Nenang Besar dan Jembatan Sungai Nenang Kecil juga belum selesai pembangunannya," ucap Jon Kenedi.

3. Tak ingin ada kesenjangan pembangunan

Agar Pembangunan Gak Timpang, Pemkab Penajam Harap Dapat Dana KhususPelabuhan Buluminung Penajam Paser Utara (Dok Humas Setkab PPU)

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas, kata dia, telah meminta pemerintah kabupaten untuk mengusulkan program pembangunan yang akan dilaksanakan.

"Kami tidak inginkan kesenjangan antara wilayah IKN Nusantara di wilayah Kecamatan Sepaku dengan Kabupaten Penajam Paser Utara," tegas Jon Kenedi.

Baca Juga: Badan Otorita IKN Diminta Rangkul Tokoh Masyarakat Penajam Paser Utara

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya