Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Polres Khusus IKN Seluas 6 Ha

Anggaran pembangunan Rp160 miliar

Penajam, IDN Times - Presiden RI, Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama pembangunan Polres khusus Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Paser Utara (PPU). Gedung polres ini akan dibangun seluas kurang lebih 6 hektare (ha) dari total luas lahan 12 hektare. Anggaran yang disiapkan sebesar Rp160 miliar.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, pada pagi hari ini peletakan batu pertama, groundbreaking resort khusus IKN ini secara resmi saya nyatakan dimulai," kata Jokowi, di PPU, Kamis (21/12/2023).

Peresmian dan peletakan batu pertama ini juga disiarkan secara langsung pada channel YouTube Sekretariat Negara. Sehingga dapat disaksikan oleh masyarakat Indonesia.

1. Jokowi minta konsep gedung green building

Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Polres Khusus IKN Seluas 6 HaPresiden Jokowi di IKN. (YouTube Sekretariat Presiden)

Pada kesempatan itu, Jokowi juga meminta agar konsep pembangunan gedung yaitu green building atau bangunan hijau. Pembangunan gedung polres khusus IKN ini akan dilakukan dalam waktu 9 bulan.

"Saya titip satu, karena polres ini adalah khusus Ikn, gedungnya didesain khusus IKN yaitu gedung green building. Saya minta untuk desain polresnya agar muncul green-nya," ujar Jokowi dalam pidatonya.

Jokowi berharap keberadaan gedung polres khusus IKN ini dapat memberikan rasa aman bagi semua orang yang tinggal di IKN. Dengan demikian, bisa menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia.

Baca Juga: Seorang IRT di Penajam Jadi Korban Perampokan di Rumahnya

2. Dilengkapi CCTV dan command center

Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Polres Khusus IKN Seluas 6 HaIlustrasi CCTV sebagai alat untuk memantau Rumah dari jaraj jauh (unsplash.com/@possessedphotography)

Gedung polres khusus IKN ini akan dilengkapi dengan CCTV di berbagai sudut. Selain itu, dilengkapi pula dengan analisis AI dan command center (pusat komando atau ruang kendali).

Jokowi berharap semua fasilitas dapat dilengkapi dengan baik. Sehingga polres di IKN ini tidak kekurangan apa pun.

"Ini contoh, IKN adalah ibu kota yang aman dan tidak ada kejahatan sama sekali yang berkaitan dengan kriminalitas dalam rangka menjaga warga di IKN. ini jadi contoh untuk kota-kota lainnya," kata Jokowi.

3. Siapkan 750 personel

Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Polres Khusus IKN Seluas 6 HaPresiden Jokowi berada di Ibu Kota Nusantara (IKN) (dok. Sekretariat Presiden)

Jokowi mengatakan bahwa terdapat 750 personel Polri yang akan langsung bertugas di polres khusus IKN ini. Personelnya merupakan anggota dari masing-masing polres di Kalimantan Timur. Semuanya juga bertugas di 6 polsek yang ada di PPU.

"Saya senang karena personelnya sudah disiapkan. Sehingga ketika pembangunan selesai, 750 personel itu bisa digeser ke sini (IKN). Saya berharap ini memberikan perlindungan kepada masyarakat, memperkuat penegakan hukum, meningkatkan stabilitas dan keamanan di wilayah IKN," harapnya.

Baca Juga: Positif COVID-19 Kaltim Menjadi 13 Kasus, Penajam Tertinggi

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya