[UDPATE] Total Kasus Positif COVID-19 di Kaltim Mencapai 722 Pasien

Samarinda memberi sumbangan kasus terbanyak hari ini

Samarinda, IDN Times - Jumlah kumulatif kasus virus corona alias COVID-19 di Kalimantan Timur (Kaltim) menyentuh angka 722 kasus per Selasa (14/7/2020). Disampaikan Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan COVID-19 Kaltim, Andi M Ishak dalam siaran pers daringnya sore tadi, penamabahan kasus hari ini sebanyak 27 kasus dan Samarinda menjadi penyumbang terbesar.

"Dengan rincian dari Balikpapan sebanyak 3 kasus. Kabupaten Kutai Timur 1 kasus. Bontang 1 kasus. Kabupaten Berau 2 kasus. Kabupaten Kutai Kartanegara 2 kasus dan Samarinda 19 kasus," beber Andi.

1. Samarinda penyumbang angka positif terbesar di Kaltim hari ini

[UDPATE] Total Kasus Positif COVID-19 di Kaltim Mencapai 722 PasienDua pasien positif COVID19 di Simalungun dinyatakan sembuh (Dok. IDN Times/Istimewa)

Dari 27 kasus pasien baru yang terkonfirmasi COVID-19, ada 19 orang di antaranya berasal dari Kota Tepian. Kata Andi, ke-19 pasien ini merupakan orang tanpa gejala (OTG) yang mengikuti pemeriksaan karena terindikasi kontak dengan kasus terkonfirmasi positif. Semua pasien saat ini tengah menjalani pemeriksaan di RS Karantina Bapelkes Samarinda.

"Ini menunjukan peningkatan dan belum cenderung adanya penurunan. Covid ini dinamis, jadi sebaiknya kita semua mengetatkan protokol agar terjaga dari penularan," harapnya.

2. Kaltim juga mendapatkan 8 kasus sembuh COVID-19

[UDPATE] Total Kasus Positif COVID-19 di Kaltim Mencapai 722 Pasienilustrasi. Pasien sembuh dari COVID-19 ( ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Dalam kesempatan yang sama Andi juga menyampaikan kasus kesembuhan pasien COVID-19 di Kaltim. Sebanyak 8 kasus sembuh dengan rincian, 1 dari Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), 1 dari Kabupaten Paser dan 6 dari Balikpapan. Semuanya dinyatakan sembuh setelah menjalani hasil pemeriksaan swab di laboratorium rujukan sebanyak dua kali dengan hasil negatif.

"Hasil pemeriksaan klinis dari dokter juga menyatakan kondisi pasien sudah sangat baik dan tidak menunjukkan gejala lanjutan," imbuhnya.

Baca Juga: Transmisi Lokal Kembali Dominasi Kasus Positif Baru COVID-19 di Kaltim

3. Data kasus COVID-19 di Kaltim

[UDPATE] Total Kasus Positif COVID-19 di Kaltim Mencapai 722 PasienIlustrasi pasien virus corona. ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Lebih jauh Andi memaparkan, total kasus COVID-19 di Kaltim hingga hari ini. Untuk kategori orang dalam pemantauan (ODP) terdapat penambahan 124 kasus dengan total keseluruhan 13.394 pasien. Penambahan juga terjadi pada kategori PDP yang mendapatkan 2 kasus baru dengan total akhir 887 kasus.

Sementara jumlah total kasus positif ada 722 pasien. Pada periode yang sama, Andi menyebutkan ada 512 pasien yang sembuh. Sementara itu, total 17 kasus pasien meninggal dunia dan 193 kasus yang masih dalam perawatan.

"Peningkatan kasus cukup tinggi, jauh di atas rujukan penerapan pelonggaran yang hanya 5 persen sementara Kaltim rata-rata peningkatan kasus di angka 14 persen. Kondisi kita saat ini perlu dievaluasi. Kaltim secara umum belum memungkinkan dilakukan pelonggaran maupun relaksasi keseluruhan dari segala aspek," pungkasnya.

Baca Juga: Total Kasus Positif COVID-19 Kaltim Melonjak Jadi 642 Kasus

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya