310 Pedagang Pandan Sari Balikpapan Divaksinasi, termasuk yang Lansia 

Tidak vaksin, izin pedagang terancam dicabut

Balikpapan, IDN Times - Satgas Penanganan COVID-19 Kota Balikpapan kembali menggelar program vaksinasi kepada para pedagang. Kali ini menyasar para pedagang Pasar Pandan Sari, Kecamatan Balikpapan Barat.

“Hari ini ada sebanyak 310 pedagang yang kita berikan vaksin, kita bagi dalam dua tahap, tahap pertama jam 08.00 sampai 11.00, dan tahap kedua jam 14.00 hingga 16.00. Semoga semuanya (pedagang) hadir untuk menerima vaksin," ujar Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, disela-sela pemberian vaksin pedagang Pasar Pandan Sari, Jumat (5/3/2021).

1. Libatkan puskesmas di Balikpapan Barat

310 Pedagang Pandan Sari Balikpapan Divaksinasi, termasuk yang Lansia Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi saat vaksinasi pedagang Pasar Pandan Sari Balikpapan pada 5 Maret 2021 (IDN Times/Hilmansyah)

Satgas melibatkan belasan tenaga kesehatan (nakes) dari puskesmas di sekitar pasar, yakni Puskesmas Mekar Sari, Puskesmas Marga Sari, Puskesmas Margo Mulyo, Puskesmas Baru Tengah dan Puskesmas Baru Ilir.

“Kita sudah menyiapkan jumlah dosis vaksinasi lebih dari jumlah target sasaran pedagang. Ya, kalau jumlah pedagang yang datang lebih sedikit, gak masalah, karena satu botol vaksin itu cukup untuk 10 orang," jelasnya.

Satgas juga mempersilakan pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di luar kawasan Pasar Pandan Sari untuk melakukan vaksinasi COVID-19.

Baca Juga: Pengajar Balikpapan Terima Vaksin COVID-19, Guru Akhirnya Bisa Lega

2. Pedagang lanjut usia juga divaksinasi

310 Pedagang Pandan Sari Balikpapan Divaksinasi, termasuk yang Lansia Tenaga kesehatan saat pelaksanaan vaksinasi pedagang Pasar Pandan Sari Balikpapan pada 5 Maret 2021 (IDN Times/Hilmansyah)

Sejumlah pedagang usia lanjut juga mendapatkan vaksinasi COVID-19 dalam kegiatan ini. Rizal mengatakan, pemberian vaksin dibagi dalam beberapa kategori. Ada pedagang yang tercatat penerima vaksin sebagai kategori profesi, dan ada juga sasaran vaksinasi yang dibagi sesuai usianya, misalnya lansia.

"Sebenarnya resminya untuk lansia, pendaftaran baru kita mulai. Jadi vaksin yang akan datang dalam waktu dekat sebagian untuk lansia," paparnya.

Ia menegaskan, sebenarnya vaksinasi lansia akan dilakukan di tahap ketiga. Datanya sudah ada, dengan jumlah sekitar 50 ribu orang penerima vaksin lansia.

3. Izin pedagang terancam dicabut jika tak divaksin

310 Pedagang Pandan Sari Balikpapan Divaksinasi, termasuk yang Lansia Izin pedagang terancam dicabut jika tak mengikuti vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Dinas Perdagangan Kota Balikpapan mengancam akan mencabut izin pedagang di pasar tradisional yang tidak ikut berpartisipasi dalam vaksinasi COVID-19.

“Kita nanti akan buat aturan, dimana surat vaksinasi nantinya akan jadi syarat bagi pedagang memperpanjang sewa lapak,” ujar Kepala Dinas Perdagangan Kota Balikpapan, Arzaedi Rahman.

Jika program vaksinasi di pasar telah selesai, ia berencana memasang spanduk yang mengumumkan bahwa semua pedagang di pasar tersebut telah menerima vaksinasi COVID-19

“Sebenarnya kami sudah siap untuk melaksanakan vaksinasi di tiap pasar yang dikelola oleh Dinas Pasar tinggal menunggu saja jadwal dari tim gugus tugas,” tutupnya.

Baca Juga: Pedagang Pasar di Balikpapan Mulai Mendapat Vaksinasi COVID-19

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya