Kasus Konfirmasi COVID-19 Balikpapan Bertambah Lagi 29 Orang

Banyak penambahan pasien dari suspek dan hasil tracing

Balikpapan, IDN Times - Angka konfirmasi positif COVID-19 di Balikpapan terus bertambah. Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty yang kerap disapa Dio, mengungkapkan ada penambahan 29 kasus konfirmasi COVID-19 per 9 Agustus 2020. Sebanyak 15 diantaranya bermula dari kasus suspek.

"Terdapat penambahan 15 kasus terkonfirmasi positif dengan riwayat suspek COVID-19 dengan keluhan lainnya kemudian dilakukan pemeriksaan PCR sebagai tindakan medis dan didapatkan hasil positif," kata Dio melalui rilis tertulis pada Minggu (9/8/2020)  

1. Penambahan kasus dari hasil tracing pasien konfirmasi sebelumnya

Kasus Konfirmasi COVID-19 Balikpapan Bertambah Lagi 29 OrangIlustrasi swab. IDN Times/ Muchammad

Selain itu, Dio juga menjelaskan ada penambahan kasus yang merupakan hasil tracing dari pasien konfirmasi positif sebelumnya.

"Terdapat penambahan tiga kasus terkonfirmasi positif dengan riwayat melakukan pemeriksaan PCR sebagai tracing kasus terkonfirmasi positif BPN 721 dan didapatkan hasil positif," katanya.

Selain itu, 4 kasus konfirmasi positif lainnya juga bertambah dari tracing kasus BPN 725. Sementara, dari kasus BPN 469 juga didapatkan tambahan kasus konfirmasi positif sebanyak 5 orang, dan dari BPN 566 ada satu orang terkonfirmasi positif. Artinya ada 13 orang konfirmasi positif dari hasil tracing

Sementara penambahan satu pasien lainnya yakni BPN 738 yang merupakan OTG dan mengikuti tes PCR mandiri.

"Satu pasien laki-laki BPN 738, berusia 42 tahun. KTP Balikpapan. Seorang karyawan dengan riwayat mengikuti pemeriksaan PCR mandiri (OTG) dan didapatkan hasil positif," kata Dio.

Baca Juga: Bertambah 53, Total Kasus COVID-19 di Kaltim Mencapai 1.887

2. Sebanyak 35 orang selesai karantina

Kasus Konfirmasi COVID-19 Balikpapan Bertambah Lagi 29 OrangIlustrasi tenaga medis. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Dio juga menjelaskan kasus sembuh atau selesai isolasi karantina mandiri sebanyak 35 orang.  Sementara itu, terdapat pula kasus probable meninggal dunia. 

"Satu pasien laki-laki, berusia 44 tahun. KTP Balikpapan meninggal dunia pada 9 Agustus 2020 pukul 06.35 Wita di RST dan masih menunggu hasil swab, namun telah dimakamkan secara protokol COVID-19," jelasnya

Ia juga menjelaskan telah diterima satu hasil swab kasus meninggal dunia pada 7 Agustus 2020 terkonfirmasi positif, yakni pasien BPN 749.

3. Banyak kasus COVID-19 yang dirawat di RS artinya kondisi sakit sedang dan berat

Kasus Konfirmasi COVID-19 Balikpapan Bertambah Lagi 29 Orangpixabay.com/ivabalk

Dio kembali mengingatkan masyarakat untuk semakin waspada. Banyak pasien terkonfirmasi positif dirawat di rumah sakit dibanding yang tanpa gejala. Artinya perlu semakin waspada karena banyak pasien COVID-19 yang sakit sedang dan berat.

Ia mengimbau masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. 

"Physical distancing, menggunakan masker, tetap di rumah atau tidak keluar rumah jika tidak perlu, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga asupan gizi guna menunjang imun tubuh," katanya.

Baca Juga: Waspadai, 4 Pasar Tradisional di Balikpapan Terpapar COVID-19

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya