Kepala DLH: Warga Samarinda Jangan Buang Sampah saat Idulfitri

Hindari ledakan sampah, warga diimbau simpan sampah 2 hari 

Samarinda, IDN Times - Pemerintah Kota Samarinda mengimbau warga untuk tidak membuang sampah selama dua hari libur Lebaran. Hal ini dilakukan untuk menghindari ledakan sampah pada dua hari tersebut.

“Simpanlah sampah anda selama dua hari. Jangan membuang sampah pada hari H dan H+1 Idulfitri atau pada tanggal 24-25 Mei,” pesan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Samarinda Nurrahmani, melalui Surat Edaran Dinas Lingkungan Hidup Kota Samarinda no 924/1149/100.14 tentang Bersih Sampah Idul Fitri 1414 Hijriah.

1. Buang sampah kembali secara normal pada 26 Mei

Kepala DLH: Warga Samarinda Jangan Buang Sampah saat Idulfitriovoenergy.com

Nurrahmani dalam surat tertulis tersebut mengatakan, petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup pada 2 hari itu (24-25 Mei) fokus membantu pengambilan dan pengangkutan sisa sampah H-1. 

"Buanglah kembali sampah secara normal mulai pada H+2 Idulfitri 1441 Hijriah tanggal 26 Mei ke TPS terdekat mulai pukul 18.00 - 06.00 Wita," ujar perempuan yang akrab dipanggil Yama ini.

Baca Juga: Rapid Test Serentak Digelar di 3 Pasar di Balikpapan Besok

2. Gunakan tas guna ulang saat berbelanja dan hindari kemasan plastik sekali pakai

Kepala DLH: Warga Samarinda Jangan Buang Sampah saat Idulfitripinterest

Selain itu, Yama juga mengingatkan warga Samarinda agar saat berbelanja di pasar swalayan agar menghindari kemasan plastik melainkan tas belanja guna ulang.

"Gunakan tas guna ulang ketika berbelanja di supermarket/pasar swalayan, ataupun pasar tradisional," katanya.

Saat perayaan Idulfitri, warga juga disarankan agar mengurangi penggunaan kemasan plastik sekali pakai, serta menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.  

3. Warga bantaran sungai agar menjaga kebersihan dan tak membuang sampah ke sungai

Kepala DLH: Warga Samarinda Jangan Buang Sampah saat IdulfitriANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Yama juga menegaskan kepada warga yang tinggal di bantaran sungai agar tetap menjaga kebersihan dan melaksanakan simpan sampah selama dua hari saat Lebaran.

"Bagi masyarakat yang tinggal di bantaran sungai agar tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah ke sungai dan buanglah sampah ke TPS terdekat, tetap melaksanakan simpan sampah pada 24-25 Mei 2020," kata Yama.

Selain itu, jika warga melaksanakan ziarah kubur agar tetap menjaga kebersihan dan tidak meninggalkan sampah di area makam.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Pemkot dan MUI Samarinda Sepakat Salat Id di Rumah

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya