Mudahkan Penumpang, Bandara SAMS Sepinggan Layani Rapid Test dan PCR

Penumpang bisa memeriksakan diri di bandara

Balikpapan, IDN Times - PT Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan berupaya meningkatkan pelayanan jasa penerbangan pada masa new normal ini dengan menyediakan layanan rapid test untuk memudahkan kelengkapan dokumen persyaratan sebelum terbang.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Farid Indra Nugraha mengatakan, "Kami sebagai pengelola bandar udara selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik, untuk itu sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan, kami sepakat menyediakan pelayanan kesehatan di Bandara bersinergi dengan BUMN melalui RSPB," ujarnya melalui siaran pers, pada Jumat (24/7/2020).

1. Kesepakatan penyediaan pelayanan kesehatan RS Pertamina Balikpapan di Bandara SAMS Sepinggan

Mudahkan Penumpang, Bandara SAMS Sepinggan Layani Rapid Test dan PCRBandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan (IDN Times/Surya Aditya)

"RSPB (Rumah Sakit Pertamina Balikpapan) rencananya akan menerapkan layanan rapid test hingga PCR yang fasilitasnya diatur oleh Kementerian Kesehatan, tentu kami memohon juga pengawasan dan bimbingan oleh KKP," ujar Farid.

Kerja sama  untuk pelayanan kesehatan guna mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19 di Bandara SAMS Sepinggan ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan di Kantor Administrasi PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan.

"Saya berharap semoga dengan penyediaan layanan kesehatan ini bisa lebih memudahkan pengguna jasa melengkapi persyaratan sebelum melakukan penerbangan," kata Farid.

2. Pelayanan rapid test, PCR test, dan medikal evakuasi

Mudahkan Penumpang, Bandara SAMS Sepinggan Layani Rapid Test dan PCRAcara penandatanganan kesepakatan penyediaan pelayanan kesehatan RSPB di Bandara SAMS Sepinggan (Dok. Humas Bandara SAMS Sepinggan)

Sementara itu, Direktur RSPB dr. M. Noor Khairuddin menyampaikan apresiasi untuk bekerja sama dengan Angkasa Pura I Balikpapan, yang merupakan kolaborasi antar BUMN.

"Saya ucapkan terima kasih kepada PT Angkasa Pura I telah memberikan ruang untuk kami menyediakan fasilitas layanan kesehatan bersama-sama bersinergi sesama BUMN,” ucapnya.

Ia menambahkan tak hanya rapid test, tetapi terdapat pelayanan lainnya di Bandara SAMS Sepinggan.

"Nantinya di Bandara SAMS Sepinggan layanan bukan hanya melalui konsultasi saja, tapi akan melakukan layanan rapid test dan PCR serta ada medikal evakuasi. Kemudian harus dipertimbangkan bukan hanya diperiksa, akan ditindaklanjuti jika ada hasilnya reaktif rapid test atau positif PCR," ujarnya.

3. KKP melaksanakan pengawasan dokumen kesehatan pengguna jasa di Bandara SAMS Sepinggan

Mudahkan Penumpang, Bandara SAMS Sepinggan Layani Rapid Test dan PCRPemeriksaan dokumen pemeriksaan swab penumpang di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Kepala KKP Kelas II Balikpapan, dr. M. Zainul Mukhorobin mengatakan, KKP yang mewakili Kementerian Kesehatan ada di pintu masuk dan keluar bandara, tetap tunduk dengan aturan. Terutama terkait pengawasan dokumen kesehatan pengguna jasa di Bandara SAMS Sepinggan.

"Harapan saya semoga kita terus bersinergi menghadapi masa new normal ini dan pandemi COVID-19 cepat berlalu," tambahnya.

Sebagai informasi, Bandara SAMS Sepinggan pada periode 1-23 Juli 2020 saat penerbangan masa new normal ini telah melayani 126.159 penumpang dengan rute penerbangan favorit yaitu Jakarta, Tarakan, dan Surabaya.

Baca Juga: Logistik Meningkat, Angkasa Pura I Sosialisasi Regulasi Kepabeanan

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya