32.600 Vaksin Sinovac Jatah Kaltim Tiba di Balikpapan

Akan dibagikan untuk 8 kabupaten dan kota di Kaltim

Balikpapan, IDN Times - Sebanyak 32.600 vaksin Sinovac untuk warga Kalimantan Timur tiba di Kargo Bandara Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman  (SAMS) Sepinggan Balikpapan pada Sabtu (23/1/2021). Vaksin dibawa ke Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim dan dikawal ketat oleh petugas kepolisian dari Polda Kaltim.

“32.600 vaksin Sinovac untuk warga Kaltim merupakan pengiriman tahap pertama termin kedua yang diperuntukkan bagi warga Kaltim diluar Samarinda dan Kutai Kartanegara,” ujar Kepala Bidang P2P Dinkes Provinsi Kaltim, Setyo B. Basuki, ditemui di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Sabtu ini.

1. Vaksin untuk 8 kabupaten dan kota di Kaltim

32.600 Vaksin Sinovac Jatah Kaltim Tiba di BalikpapanVaksin Sinovac tiba di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan untuk 8 kabupaten kota di Kaltim, Sabtu 23 Januari 2021 (IDN Times/Hilmansyah)

Vaksin Sinovac yang tiba hari ini, akan dibagikan kepada 8 kabupaten kota di Kaltim yakni Balikpapan, Bontang, Sangatta, Berau, Kutai Barat, Mahakam Ulu, Penajam Paser Utara dan Paser. Sementara Samarinda dan Kutai Kertanegara tidak mendapat jatah pengiriman karena sudah terlebih dahulu menerima vaksin pada pengiriman sebelumnya.

“Vaksin ini sesuai prosedur langsung dikirim dulu ke Gudang Farmasi Dinkes Provinsi Kaltim, untuk kemudian secepatnya akan dikirim kembali ke 8 kabupaten dan kota yang dimaksud, dimana rencananya akan dikirim pekan depan,” tegas Setyo.

Baca Juga: Melanggar PPKM di Balikpapan, Tempat Usaha Terancam Ditutup

2. Penambahan kuota vaksin untuk Balikpapan

32.600 Vaksin Sinovac Jatah Kaltim Tiba di BalikpapanKepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty (IDN Times/Haikal)

Pembagian vaksin ini sesuai dengan surat Kemenkes Nomor :SR.0206/1/20010/2021 tanggal 22 Januari 2021 tentang distribusi vaksin dan rencana vaksinasi COVID-19 tahap satu termin dua yang ditujukan kepada Kadis Kesehatan Provinsi Kaltim 

“Surat ini diteruskan ke DKK Balikpapan, dan vaksin untuk Kota Balikpapan angkanya ada penambahan kuota menjadi 12.200 dosis, sehingga bisa digunakan untuk 6.068 tenaga kesehatan dan 10 tokoh pertama yang mendapatkan vaksin, ” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty.

Dio sapaan akrabnya menambahkan, untuk mempercepat pemberian vaksin bagi tenaga kesehatan, maka yang bersangkutan tidak lagi menunggu SMS. Namun dapat langsung dilihat pada aplikasi yang tersedia. Apabila nama tenaga kesehatan tersebut tercantum dan dalam kondisi sehat maka dapat dilakukan vaksinasi.

“Di Balikpapan sendiri ada 47 vaksinkes yang siap memberikan vaksin bagi tenaga kesehatan yang meliputi puskesmas dan rumah sakit, termasuk klinik-klinik TNI-Polri se Balikpapan,” jelas Dio.

3. Dikawal PJR dan Brimob Polda Kaltim

32.600 Vaksin Sinovac Jatah Kaltim Tiba di BalikpapanPetugas pengawalan vaksin Sinovac untuk Kaltim (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Kasat PJR Ditlantas Polda Kaltim, AKBP Yusep mengatakan, sesuai dengan SOP yang diterima, maka pengawalan pengiriman vaksin dilakukan dengan diawali mobil patroli jalan raya (PJR) Ditlantas Polda Kaltim, kendaraan taktis (rantis) Satbrimob Polda Kaltim, mobil objek pengawalan, ditutup mobil rantis lagi selanjutnya baru mobil Dinkes Pemprov Kaltim.

“Total personel yang dari Polda Kaltim ada sebanyak 13 orang, dipimpin dua perwira satu dari pengawalan dan satu dari Brimob Polda kaltim,” tegasnya.

Yusep menambahkan, pengawalan vaksin Sinovac akan dilakukan dari Balikpapan melewati jalan Tol Balsam dengan tujuan akhir Gudang Farmasi Dinkes Provinsi Kaltim,” tutupnya.

Baca Juga: COVID-19 di Balikpapan Masih Tinggi, Hari Ini 170 Tambahan Kasus Baru

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya