Brimob Polda Kaltim Tiba di Balikpapan setelah Tugas di Poso dan Papua

Seorang personel tertembak dalam tugas

Balikpapan, IDN Times - Dua batalion pasukan Brimob Polda Kalimantan Timur (Kaltim) tiba kembali ke Balikpapan. Mereka merupakan pasukan Brimob yang ditugaskan dalam operasi di Poso Sulawesi Tengah dan Papua.

Dansat Brimob Polda Kaltim Komisaris Besar Pol Andy Rifai menyambut langsung kedatangan pasukannya ini dengan sederhana. 

“Siang ini kami menerima kedatangan pasukan Brimob Polda Kaltim yang telah melaksanakan tugas operasi di Poso Sulteng dengan Sandi Mandigo Raya selama hampir 12 bulan,” katanya, Sabtu (31/12/2022). 

1. Sebanyak 105 personel Brimob Polda Kaltim kembali dengan selamat

Brimob Polda Kaltim Tiba di Balikpapan setelah Tugas di Poso dan PapuaDua batalion pasukan Brimob Polda Kalimantan Timur (Kaltim) tiba kembali ke Balikpapan Kaltim, Sabtu (31/12/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Andy mengatakan, sebanyak 105 personel Brimob Polda Kaltim sudah pulang dengan selamat. Dikatakannya, dalam operasi di Poso Sulteng dengan Sandi Mandigo Raya ini, kontribusi personel Polda Kaltim cukup luar biasa.

Di mana mereka ini ditempatkan di sejumlah pos sekat yang ada di Poso Sulteng. Ditambahkannya, Pasukan Brimob ini berhasil melumpuhkan salah satu gembong teroris kelompok Ali Kalora yang berafiliasi dengan JAD.

“Salah satu gembong yang DPO berhasil diringkus pasukan ini, sehingga ini bisa menjadi motivasi bagi rekannya yang lain,” ucapnya.

Baca Juga: Penyebab Kecelakaan di Simpang Rapak Balikpapan karena Human Eror

2. Satu personel pasukan Brimob Polda Kaltim terkena tembakan

Brimob Polda Kaltim Tiba di Balikpapan setelah Tugas di Poso dan PapuaDua batalion pasukan Brimob Polda Kalimantan Timur (Kaltim) tiba kembali ke Balikpapan Kaltim, Sabtu (31/12/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Rifai mengatakan, Brimob Polda Kaltim pun mengirimkan bertugas sebanyak 104 personel bertugas ke Papua dengan Sandi Damai Cartenz. Satu orang personel terpaksa dipulangkan setelah menjadi korban kontak senjata dengan Kelompok Separatis Papua (KST).

Di mana jumlah pasukan yang tiba ada sebanyak 103 orang personel.

“Kemarin untuk operasi Damai Cartenz kami berangkatkan sebanyak 104 orang, 1 orang orang pulang lebih awal karena mengalami luka tembak," paparnya. 

Personel ini akan menjalani terapi dengan physicolog yang telah disiapkan.

3. Dua batalion akan diterima Kapolda Kaltim

Brimob Polda Kaltim Tiba di Balikpapan setelah Tugas di Poso dan PapuaDansat Brimob Polda Kaltim Komisaris Besar Pol Andy Rifai, Sabtu (31/12/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Lebih lanjut, Andy Rifai menyebutkan, kedua batalion Brimob ini rencananya akan diterima langsung Kapolda Kaltim Inspektur Jenderal Pol Imam Sugianto. Pasukan Brimob yang baru saja pulang bertugas dari Poso dan Papua. 

Pertemuan digelar di lapangan Sat Brimob Polda Kaltim.

“Rencananya, besok Senin (2/1/2022), kedua batalion yang sudah menyelesaikan tugas ini akan diterima langsung Kapolda Kaltim dalam sebuah upacara sederhana di lapangan Sat Brimob Polda Kaltim,” tutupnya.

Baca Juga: Tahanan di Polresta Balikpapan Kabur, 4 Penjaga Diperiksa Propam

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya