Buronan Pembunuh Siswi SMA Mamuju, Diringkus di Balikpapan

Tersangka ditangkap dalam pelarian

Balikpapan, IDN Times - Polsek Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Semayang Balikpapan di Kalimantan Timur (Kaltim) meringkus buronan kasus pembunuhan siswi kelas 2 SMA di Mamuju Sulawesi Barat (Sulbar), Selasa (13/6/2023) pukul 12.15 Wita. Tersangka inisial HS (25) langsung diringkus sesaat turun dari KM Bukit Siguntang di Pelabuhan Semayang Balikpapan.

Sehari sebelumnya, tersangka diketahui membunuh siswi SMA Mamuju. 

"Kami dapat informasi dari Kasatreskrim Polres Mamuju, Polda Sulbar, terkait ada DPO (daftar pencarian orang) kasus pembunuhan yang melarikan diri ke Balikpapan," kata Kapolsek Pelabuhan Semayang Balikpapan Komisaris Polisi Komang Andhika. 

1.Tersangka pembunuhan kabur lewat Pelabuhan Pare-Pare

Buronan Pembunuh Siswi SMA Mamuju, Diringkus di BalikpapanPolsek KP3 Pelabuhan Semayang Balikpapan di Kalimantan Timur (Kaltim) meringkus buronan kasus pembunuhan siswi kelas 2 SMA di Mamuju Sulawesi Barat, Selasa (13/6/2023). (IDN Times/Hilmansyah)

Andhika mengatakan, tersangka HS ini kabur lewat jalur laur dengan menempuh rute dari Pelabuhan Pare-Pare-Pelabuhan Semayang Balikpapan dengan menumpang di KM Bukit Siguntang.

Pihak Polsek Pelabuhan Semayang sudah memperoleh informasi keberadaan pelaku dalam pelarian tersebut. Mereka pun tinggal menunggu kedatangan HS sekaligus menangkapnya sesaat turun dari kapal. 

"Kami juga berkoordinasi dengan pihak kapal. Dalam hal ini pihak kapal mencoba mengamankan yang bersangkutan," tutur Andhika.

"Setelah itu, ketika tersangka turun dari kapal, kami langsung melakukan penangkapan."

Baca Juga: Emak-Emak di Balikpapan pun Berkontribusi Pengentasan Kemiskinan

2. Tersangka akan dibawa pulang ke Polda Sulbar

Buronan Pembunuh Siswi SMA Mamuju, Diringkus di BalikpapanIlustrasi garis polisi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Pihak Polsek Pelabuhan Semayang langsung menahan tersangka guna menjalani proses penyidikan. Nantinya, keberadaannya akan dijemput langsung penyidik dari Polda Sulbar. 

Proses penanganan kasusnya nantinya akan dilakukan penyidik Polres Mamuju mengingat delik kejadiannya terjadi di tempat tersebut. 

Dalam kasus ini, Polsek Pelabuhan Semayang sekadar membantu proses penyidikan sudah digelar Polres Mamuju. 

“Tersangka saat ini kita amankan di Polsek Semayang, dan rencananya akan di jemput petugas dari Polda Sulbar,” ucapnya.

3. Kabur sesaat melakukan pembunuhan

Buronan Pembunuh Siswi SMA Mamuju, Diringkus di BalikpapanIlustrasi korban pembunuhan (IDN Times/Sukma Shakti)

Terungkapnya kasus ini setelah Tim Beruang Hitam Satreskrim Polresta Balikpapan mendapat informasi dari Polda Sulbar, bahwa terduga pelaku pembunuhan seorang siswi SMA di Mamuju berinisial HT (18), melarikan ke Balikpapan dengan menumpang KM Bukit Siguntang.

Tersangka HS ini kabur usai membuang jasad HT ke bawah jembatan di Jalan Arteri di Mamuju Sulbar pada Senin kemarin. Temuan jasad HT itu kemudian membuat geger warga Mamuju, terutama mereka yang tinggal dekat Jembatan Arteri.

4. Motif pembunuhan siswi SMA Mamuju

Buronan Pembunuh Siswi SMA Mamuju, Diringkus di BalikpapanPolsek KP3 Pelabuhan Semayang Balikpapan di Kalimantan Timur (Kaltim) meringkus buronan kasus pembunuhan siswi kelas 2 SMA di Mamuju Sulawesi Barat, Selasa (13/6/2023). (IDN Times/Hilmansyah)

Dalam keterangannya kepada jurnalis, tersangka mengaku baru pertama kalinya kenal dengan korban. HS bertemu dengan korban di Mamasa dan kemudian dibawanya ke Mamuju. 

Namun dalam perjalannya, tersangka kesal dengan korban yang tidak bersedia ditinggalkan. Hal ini membuat tersangka kesal lantas mencekik leher korban hingga tewas dan membuang jasadnya ke parit di bawah jembatan Jalan Arteri.

“Korban saya cekik, selanjutnya jenazahnya saya angkut dengan menggunakan mobil pikap untuk saya buang ke parit,” ujarnya tertunduk lemas.

Baca Juga: Pertamina Balikpapan Sosialisasi Kondisi Darurat dan Penetapan DTT

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya