Emak-Emak di Balikpapan pun Berkontribusi Pengentasan Kemiskinan

Membantu pengentasan kemiskinan masyarakat 

Balikpapan, IDN Times - Komunitas Insan Peduli (KIP) Kota Balikpapan di Kalimantan Timur (Kaltim) turut berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan. Salah satunya lewat program “Sedekah Seribu Sehari” (S3). Mereka merupakan perkumpulan emak-emak yang peduli persoalan sosial di balikpapan.

“Alhamdulillah kegiatan ini sudah kami lakukan selama 7 tahun dan dilakukan sebanyak 84 kali, harapannya melalui kegiatan sosial ini, kami bisa membantu mengentaskan kemiskinan," kata Ketua Umum KIP Kaltim Dasmira Nistri Safitri, Selasa (6/6/2023).

1. Rutin menyisihkan uang sumbangan

Emak-Emak di Balikpapan pun Berkontribusi Pengentasan KemiskinanUnsplash.com/katyukawa

KIP Balikpapan merupakan komunitas emak-emak yang rutin menyisihkan uang koin Rp1 ribu yang dimasukkan dalam celengan. Uang terkumpul dalam celengan inilah yang dipergunakan untuk membantu warga kurang mampu. 

“Uang hasil celengan ini setiap bulannya, kita kumpulkan dan langsung kita bagikan ke warga kurang mampu. Jadi tidak ada sepeser pun uang sedekah tersebut kita gunakan untuk kegiatan lain selain sedekah,” tegasnya.

Seperti dalam perayaan hari jadi ketujuh KIP Kaltim yang secara spontan mengumpulkan uang Rp2 juta. 

Baca Juga: Pertamina Balikpapan Gandeng Komunitas dalam Kegiatan Bersih Pantai 

2. Sumbangkan daging kurban kepada warga kurang mampu

Emak-Emak di Balikpapan pun Berkontribusi Pengentasan KemiskinanKomunitas Insan Peduli (KIP) Kota Balikpapan di Kalimantan Timur (Kaltim) turut berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan, Selasa (6/6/2023). (IDN Times/Hilmansyah)

KIP S3 Kota Balikpapan, Kaltim sudah melaksanakan kegiatan bakti sosial di Balikpapan Selatan dengan memberikan bantuan santunan kepada keluarga yang kurang mampu. 

“Kita tidak akan berhenti masuk ke pelosok-pelosok gang untuk memberikan bantuan kepada warga kurang mampu,” tegasnya.

Dan bertepatan dengan pelaksanaan Hari Raya Kurban, katanya, KIP S3 juga berencana akan memotong hewan kurban yang nantinya dagingnya juga akan dibagi-bagikan kepada warga yang kurang mampu.

3. Sudah terbentuk di Kaltim

Emak-Emak di Balikpapan pun Berkontribusi Pengentasan KemiskinanKomunitas Insan Peduli (KIP) Kota Balikpapan di Kalimantan Timur (Kaltim) turut berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan, Selasa (6/6/2023). (IDN Times/Hilmansyah)

Mira menambahkan, sampai saat ini untuk KIP S3 di Kaltim, selain di Kota Balikpapan juga sudah berdiri di Kota Samarinda, Kota Bontang, dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

“Sedangkan yang di luar Pulau Kalimantan, ada di Sulbar, Palangkaraya, Palembang, Bali, Bandung. Harapannya semua provinsi akan bermunculan KIP S3 lainnya,” jelasnya.

KIP S3 Kaltim tidak keberatan jika ada komunitas lainnya yang juga menggunakan konsep mereka dengan mengumpulkan uang koin seribu sehari untuk membantu warga kurang mampu.

“Silakan jika ada yang mau menggunakan konsep ini, yang jelas tujuan kita untuk membantu mengentaskan kemiskinan,” ucapnya.

Baca Juga: Kilang Pertamina Balikpapan Raih 6 Penghargaan di APQA 2023

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya