Cukup Untuk 10 Hari, Kaltim Terima Bantuan APD dan Masker Kemenkes

Untuk rumah sakit rujukan COVID di Kaltim

Balikpapan, IDN Times – Provinsi Kalimantan Timur kembali mendapat mendapatkan bantuan Alat Pelindung diri (APD) dan Masker dari Kementerian Kesehatan. APD ini tiba di Bas Ops Lanud Dhomber Balikpapan dengan menggunakan pesawat Hercules yang diterbangkan dari Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta pada Jumat (10/4).

Bantuan ini diserahkan langsung Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa mewakili Pangdam VI Mulawarman kepada Direktur RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan Edi Iskandar disaksikan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty.

“Bantuan yang diserahkan ke Pemprov Kaltim ini merupakan bantuan dari Kemenkes RI yang diangkut daru Lanud Halim Perdana Kusuma dengan menggunakan pesawat Hercules,” ujar Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa mewakili Pangdam VI Mulawarman, Jumat (10/4/20).

1. Bantuan APD yang tiba untuk Kaltim sebanyak 6.000 APD dan 4.000 buah masker

Cukup Untuk 10 Hari, Kaltim Terima Bantuan APD dan Masker KemenkesBantuan APD dan masker untuk Provinsi Kaltim tiba di Balikpapan, 10 April 2020 (IDN Times/Hilmansyah)

Bantuan APD dan masker ini merupakan kiriman tahap ketiga yang dikirim pemerintah pusat ke seluruh daerah di Indonesia. APD dan masker menjadi kebutuhan primer bagi tenaga medis dalam penanganan COVID-19.

"Kiriman ini adalah tahap ketiga, Kaltim mendapat 120 koli APD dan 2 koli masker. Bantuan ini cukup untuk menambah APD yang dikirim tahap dua kemarin yang saat ini stoknya semakin menipis," ujar Edi Iskandar. 

Setiap koli APD berisi 50 buah, jadi 120 koli yang diterima artinya Kaltim mendapatkan 6.000 buah APD. Sementara, masker yang diterima untuk Kaltim sebanyak 4.000 buah. 

Baca Juga: Alat Rapid Test Kemenkes Habis, Pemkot Balikpapan Siap Beli Sendiri 

2. Diperkirakan bantuan bisa bertahan untuk 10 hari

Cukup Untuk 10 Hari, Kaltim Terima Bantuan APD dan Masker KemenkesBantuan APD dan masker untuk Provinsi Kaltim tiba di Balikpapan, 10 April 2020 (IDN Times/Hilmansyah)

Edi memperkirakan sejumlah bantuan alat kesehatan yang datang kali ini diperkirakan akan cukup untuk jangka waktu 10 hari kedepan bagi seluruh rumah sakit di Kalimantan Timur.

"Bantuan ini diharapkan akan kembali mengisi APD di semua rumah sakit rujukan, sehingga pelayanan untuk pasien COVID-19, bisa tetap terjamin juga bagi petugasnya. Dan pemakaian APD ini akan tergantung pasien, kalau tidak banyak melayani mungkin bisa untuk 10 hari," ujarnya.

3. Kota Balikpapan dapat bantuan 40 koli APD dan 2 koli masker

Cukup Untuk 10 Hari, Kaltim Terima Bantuan APD dan Masker KemenkesBantuan APD dan masker untuk Provinsi Kaltim tiba di Balikpapan, 10 April 2020 (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara Balikpapan yang memiliki jumlah pasien positif COVID-19 terbanyak di Kaltim mendapatkan bantuan 40 koli APD atau coverall gown dan 2 koli masker.

“Dari 40 koli APD dan 2 koli masker ini, disebarkan diserahkan ke RSKD sebanyak 20 koli APD dan 2 Koli masker. Dinas Kesehatan Kota Balikpapan 6 koli APD, dan RSUD Beriman 2 koli APD serta RST sebanyak 2 koli APD,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty.

Baca Juga: [BREAKING] Positif COVID-19 di Balikpapan Berasal dari Klaster Tasikmalaya 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya