Dua Jurnalis di Balikpapan Positif COVID-19, Rekan dan Keluarga Diswab

Sebanyak 8 orang terkonfirmasi positif

Balikpapan, IDN Times – Sebanyak dua jurnalis di Kota Balikpapan terkonformasi positif COVID-19. 

“Ya, Kami mendapatkan informasi ada sebanyak 2 dari rekan media yang terkonfirmasi positif, kemudian kami mencoba mengkonfirmasi dengan rumah sakit serta melihat dengan aplikasi O record, dan ternyata memang benar keduanya tengah menjalani perawatan,” ujar Kepala DKK Balikpapan, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty saat konfrensi pers di Balai Kota pada Senin (02/10/2020) petang.

1. Satgas langsung lakukan tracing

Dua Jurnalis di Balikpapan Positif COVID-19, Rekan dan Keluarga DiswabIDN Times / Hilmansyah

Andi Sri Juliarty mengatakan, menindak lanjuti informasi tersebut, Satgas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 kemudian melakukan koordinasi dengan manajemen perusahaan tempat jurnalis tersebut bekerja untuk dilakukan tracing kontak erat.

“Rekan media termasuk orang-orang yang banyak beraktivitas di luar bertemu dengan sejumlah orang, untuk itu kami segera mencari tracing dengan mereka yang kontak erat, dan langsung dilakukan swab,” ujarnya.

Sebagai tim gugus tugas, lanjut Andi, pihaknya sudah melakukan upaya tercepat untuk segera melokalisir orang-orang yang kontak erat dengan dua jurnalis tersebut untuk dilakukan tracing. 

Baca Juga: Bawaslu Soal Wali Kota Balikpapan Diduga Arahkan Pilih Kolom Kosong

2. Sebanyak 8 orang terkonfirmasi positif.

Dua Jurnalis di Balikpapan Positif COVID-19, Rekan dan Keluarga DiswabIDN Times / Hilmansyah

Selanjutnya, dari usulan dan hasil tracking kontak erat tersebut, sebanyak 37 orang kemudian diminta dilakukan test swab. “Dari 37 yang diusulkan ada 3 yang tidak datang, kemudian 34 dilakukan pemeriksaan kemarin pagi,” jelasnya.

Namun sebenarnya dari hasil tracing ada sebanyak 44 orang yang menjalani swab test dan hasilnya ada 8 orang yang terkonfirmasi positif.

“Hasilnya keluar hari ini kita terima, dari 44 orang yang diswab, ada 8 yang terkonfirmasi positif, termasuk 2 yang dari keluarga (jurnalis) yang sudah dinyatakan positif,” ujarnya.

3. Langsung diisolasi di asrama haji dan wisma inhutani

Dua Jurnalis di Balikpapan Positif COVID-19, Rekan dan Keluarga DiswabIDN Times / Hilmansyah

Andi Sri Juliarty menambahkan, setelah dinyatakan terkonfirmasi positif sebanyak 8 orang, selanjutnya diminta untuk melakukan isolasi mandiri di Embarkasi Haji Batakan Balikpapan ataupun wisma inhutani Balikpapan.

“Kepada 8 orang yang terkonfirmasi positif sudah kita tindaklanjuti segera isolasi mandiri tadi begitu hasil keluar. Tapi masih ada 4 orang lagi yang masih kita tunggu hasilnya, karena hasilnya meragukan dan harus dilakukan pemeriksaan ulang,” ujarnya.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3M: gunakan Masker, Menghindari kerumunan atau jaga jarak fisik, dan rajin Mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: [BREAKING] 2 Jurnalis di Balikpapan Positif COVID-19

Topik:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya