Comscore Tracker

Hari Pertama Kerja, ASN Balikpapan Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Akan ada sanksi bagi yang melanggar perwali

Balikpapan, IDN Times - Aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) menjalani pemeriksaan kesehatan tim medis Dinas Kesehatan Kota Balikpapan. Pemeriksaan ini dilaksanakan dalam rangka memastikan kesehatan ASN dalam kondisi siap dan sehat untuk mulai bekerja kembali.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini dilakukan atas inisiasi Wali Kota dan Pj Sekretaris Daerah Balikpapan. Memastikan kondisi ASN siap sehat untuk memulai bekerja, pasca cuti bersama libur panjang lebaran. 

“Selama libur panjang saat berlebaran mungkin ada pola konsumsi yang tidak seimbang atau ada kelelahan perjalanan mudik, kita lakukan pengecekan kesehatan untuk memastikan kesehatan dalam kondisi sehat untuk mulai bekerja,” ujar, Senin (9/5/2022).

1. Pemeriksaan dilakukan secara umum

Hari Pertama Kerja, ASN Balikpapan Jalani Pemeriksaan KesehatanPemeriksaan kesehatan aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Balikpapan Kaltim. (IDN Times/Hilmansyah)

Tim medis melakukan pemeriksaan secara umum, seperti tekanan darah, berat badan, lingkar perut, gula darah, kolestrol, asam urat, hingga hipertensi. Sedangkan untuk hasilnya masih menunggu dari tim kesehatan yang akan dilanjutkan dengan kegiatan donor darah.

“Hari ini dilakukan pemeriksaan tekanan darah, berat dan tinggi badan, serta lingkar perut dan untuk mengevaluasi kegemukan, juga lab kimia gula darah, kolestrol, asam urat dan dan kondisi hipertensinya,” jelas Andi Sri Juliarty.

Seluruh ASN Pemkot Balikpapan diminta mengikuti proses pemeriksaan kesehatan ini. 

Baca Juga: UN Ditiadakan, SD dan SMP di Balikpapan Laksanakan USBD Serentak 

2. Para pegawai diminta taat aturan libur lebaran

Hari Pertama Kerja, ASN Balikpapan Jalani Pemeriksaan KesehatanWakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud (tengah) (Dok.IDN Times/Istimewa)

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud belum bisa memastikan apakah ada ASN yang belum masuk kerja pada hari pertama masuk setelah libur lebaran.

“Untuk kehadiran ASN masih didata, kita belum tahu apakah ada ASN yang tidak masuk di hari pertama kerja,” ujarnya.

Rahmad menyampaikan bahwa pihaknya juga telah membuat aturan yang dicantumkan dalam Peraturan Wali Kota Balikpapan terkait aturan cuti bagi ASN selama libur lebaran. Sehingga tidak ada alasan bagi ASN untuk menambah libur Lebaran.

“Kita juga sudah ada perwali, bahwa ASN ini tidak boleh mengambil cuti lagi selama libur lebaran. Kalaupun mau mengambil cuti ya silakan nanti kalau sudah masuk kerja,” ujarnya.

3. ASN yang bolos akan dikenakan sanksi

Hari Pertama Kerja, ASN Balikpapan Jalani Pemeriksaan KesehatanIlustrasi ASN (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Rahmad menambahkan, kebijakan ini dibuat agar pelayanan masyarakat yang dilaksanakan oleh pemerintah kota tidak terganggu libur lebaran ASN.

“Karena kalau kita melayani masyarakat ini terlalu jauh nanti masyarakat komplain, karena dengan 10 hari libur tersebut saya kira sudah cukup,” terangnya.

Ia menegaskan bahwa dirinya juga akan menindak tegas terhadap ASN yang nanti terlambat atau tidak masuk kerja di hari pertama sesuai dengan aturan kepegawaian yang berlaku.

“Kalau ada yang mau molor nanti ada sanksinya, ada aturannya, karena kedisiplinan dari ASN itu sudah ada. Jadi jangan coba-coba,” tutupnya.

Baca Juga: Produksi Kilang Minyak Balikpapan Tercapai, di Tengah Libur Lebaran

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya