Hujan Semalaman, Ketinggian Banjir di Balikpapan Mencapai 1,5 Meter

Banjir terjadi di dataran rendah rawan banjir

Balikpapan, IDN Times - Hujan deras semalaman mengguyur Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) menyebabkan sejumlah pemukiman warga terendam banjir.  Lokasinya terjadi di sejumlah kawasan dataran rendah di Balikpapan yang sudah menjadi langganan banjir. 

Rombongan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud pun turun langsung ke sejumlah lokasi banjir. Memantau kondisi dialami masyarakat Balikpapan yang terdampak bencana banjir. 

Rahmad memantau sejumlah lokasi yang rutin terjadi banjir, di antaranya kawasan Gunung Guntur, Jalan Beler, Sepinggan Raya, Telaga Sari, dan rumah jabatan wakil wali kota. 

“Kita ingin melihat langsung dampak banjir dialami warga akibat hujan deras yang terjadi tadi malam," katanya ditemui di lokasi banjir, Kamis (25/8/2022). 

1. Ketinggian air mencapai 1,5 meter

Hujan Semalaman, Ketinggian Banjir di Balikpapan Mencapai 1,5 MeterWali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud memantau banjir di wilayahnya, Kamis (25/8/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Saat bersamaan pula, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan turun ke lapangan dalam penanganan banjir. Turut dibantu instansi terkait serta relawan yang peduli bencana di Balikpapan. 

Kabid Kedaruratan BPBD Kota Balikpapan Usman Ali mengatakan, kondisi banjir terparah terjadi di kawasan Jalan Beler di mana ketinggian air mencapai 1,5 meter.  Kawasan ini dulunya memang diketahui sebagai tempat muara air. 

“Kawasan ini terendam cukup parah karena tempat muara air,” jelasnya.

Baca Juga: Balikpapan Antisipasi Penyebaran Kasus Cacar Monyet

2. Jalur genangan banjir di Balikpapan

Hujan Semalaman, Ketinggian Banjir di Balikpapan Mencapai 1,5 MeterHujan deras semalaman mengguyur Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) menyebabkan sejumlah pemukiman warga terendam banjir, Kamis (25/8/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Air mengalir dari kawasan Batu Ampar masuk Jalan MT Haryono hingga tembus Showroom Mazda, Perumahan Sosial, Gunung Samarinda, Pasar Segar, dan terakhir di Beler. 

“Subuh tadi itu kan dari Bj Bj turun ke Beler juga airnya,” tambahnya. 

Selain itu, BPBD Balikpapan melaporkan genangan banjir pun terjadi di sejumlah ruas jalan Balikpapan, seperti Jalan Ahmad Yani, MT Haryono, Gunung Malang. 

“Genangan ini tentunya sangat mengganggu aktivitas masyarakat Balikpapan, meskipun banjir kali ini surut hanya dalam hitungan jam,” ungkapnya.

3. BPBD Balikpapan evakuasi warga korban banjir

Hujan Semalaman, Ketinggian Banjir di Balikpapan Mencapai 1,5 MeterHujan deras semalaman mengguyur Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) menyebabkan sejumlah pemukiman warga terendam banjir, Kamis (25/8/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Dalam musibah ini, katanya, pihak BPBD Balikpapan dan tim SAR juga melakukan evakuasi warga di beberapa titik yang terdampak parah oleh banjir yang menggenang.

“Evakuasi tadi di belakang Hotel Pasifik (Gunung Sari) evakuasi bayi. Sekitar subuh tadi,” ujarnya. 

BPBD Balikpapan memantau lokasi yang jadi langganan banjir berada di Kecamatan Balikpapan Selatan dan Balikpapan Kota. Selain itu, pihak SAR juga mewaspadai musibah tanah longsor di beberapa titik yang mengalami curah hujan tinggi. 

Baca Juga: Polemik Pembangunan RSIA Balikpapan, Rp1,4 M, Bukan Ganti Rugi Lahan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya