Ini Komentar Jokowi tentang Kaesang yang Gabung PSI

Keputusan menjadi tanggung jawab anak-anaknya

Penajam, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akhirnya buka suara soal putra bungsunya Kaesang Pangarep yang bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Baliho bergabungnya anak presiden ini banyak bertebaran di Solo Jawa Tengah.

Jokowi mengaku sudah banyak memberikan masukan kepada anak-anaknya, tetapi keputusan akhir tetap diserahkan kepada mereka. “Saya kan sudah sering menyampaikan, anak-anak itu kalau sudah berkeluarga sudah punya rumah sendiri, sudah punya istri dan harus mandiri dan tanggung jawab, artinya apa yang diputuskan akan jadi tanggung jawabnya,” katanya dalam kunjungan ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (21/9/2023). 

1. Kaesang meminta restu Jokowi

Ini Komentar Jokowi tentang Kaesang yang Gabung PSITwitter.com/kaesangp

Jokowi mengatakan, Kaesang sudah membicarakan keputusan politiknya tersebut bersama seluruh keluarga. Dalam kesempatan itu pula, Kaesang secara langsung meminta izin Jokowi untuk bergabung bersama PSI. 

“Ya biasa di dalam keluarga minta doa restu, karena kalau saya bilang tidak pun juga tetap akan jalan. Anak-anak saya seperti itu, kalau mau tahu,” tegasnya.

Baca Juga: Gubernur Kaltim Melantik Penjabat Bupati PPU 

2. DPP PSI belum secara resmi merespons

Ini Komentar Jokowi tentang Kaesang yang Gabung PSIKaesang Pangarep (Instagram.com/kaesangp)

Sebelumnya, DPP PSI hanya merespons tentang isu bergabungnya Kaesang. Informasinya setelah akun media sosial Instagram @psi_id mengunggah sebuah tayangan video yang menampilkan sosok seperti Kaesang. Video itu diunggah pada Rabu 20 September 2023.

Banyak kesempatan, Wakil Ketua Dewan Pembina DPP PSI Grace Natalie hanya berharap agar Kaesang benar-benar bergabung dengan partainya. Ia tidak benar-benar menanggapi sosok mirip Kaesang yang sudah viral di media sosial. 

"Mirip kah? (sosok di video dengan Kaesang?) Mudah-mudahan enggak hanya mirip," ujarnya.

3. Komunikasi intens antara PSI dan Jokowi

Ini Komentar Jokowi tentang Kaesang yang Gabung PSIIDN Times/Fadli Syahputra

Lebih lanjut, Grace memastikan pihaknya selalu berkomunikasi secara intens dengan Kaesang. Ia belum memberikan pernyataan tegas soal bergabungnya Kaesang. 

"Komunikasi baik. Mohon doa," ujarnya.

Baca Juga: Pemda Salurkan Rp771 Juta untuk Sembilan Parpol di PPU 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya