Mobil dan Sopir Terjun Bebas ke Perairan Laut Ruko Bandar Balikpapan

Pengendara mobil ditemukan sudah tewas

Balikpapan, IDN Times - Sebuah kendaraan roda empat dilaporkan terjun bebas ke perairan laut Ruko Bandar Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (2/1/2023) pukul 03.00 Wita. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan dan kepolisian setempat pun langsung ke lokasi guna melakukan proses evakuasi. Namun saat ini belum diketahui secara pasti penyebab bencana jatuhnya mobil mini bus ke perairan di Jalan Sudirman Balikpapan. 

"Ada sebuah kendaraan roda empat jatuh ke laut. Penyebab, pemilik dan jenis kendaraannya belum kami ketahui,” ujar Kabid Kedaruratan BPBD Kota Balikpapan Usman Ali, Senin (2/1/2023).

1. Koordinasi dengan Polresta Balikpapan dan Basarnas

Mobil dan Sopir Terjun Bebas ke Perairan Laut Ruko Bandar Balikpapanilustrasi korban (IDN Times/Mardya Shakti)

Usman mengaku memperoleh informasi tersebut sesaat setelah peristiwanya terjadi. Ia pun langsung berkoordinasi dengan Basarnas, Polresta Balikpapan, dan tim relawan setempat. 

Dalam penyelidikan diketahui, mobil tersebut tenggelam sekitar 2-3 meter di dalam perairan kawasan Ruko Bandar Balikpapan. Sopir kendaraan diketahui sudah dalam kondisi tewas di dalam kendaraan tersebut. 

Proses evakuasi korban dilakukan tim Basarnas Balikpapan dan Banda Indonesia. 

Baca Juga: 11 Tahanan Polresta Balikpapan Kabur 

2. Pengendara mobil berhasil dievakuasi

Mobil dan Sopir Terjun Bebas ke Perairan Laut Ruko Bandar BalikpapanIlustrasi pencarian korban tenggelam. Dok. IDN Times/bt

Sementara itu, Kasi Ops Basarnas Kota Balikpapan Basri mengaku langsung meluncur ke lokasi kejadian sesaat menerima informasi pukul 03.00 Wita. Mereka pun menerjunkan tim penyelam gabungan pukul 06.00 Wita dan berhasil mengevakuasi jasad korban ke Rumah Sakit Bhayangkara. 

Para penyelam juga mengamankan ponsel korban sekaligus kunci mobil nahas tersebut. 

“Selain korban, tidak ada penumpang lain di dalam mobil tersebut,” tegasnya.

3. Lokasi kejadian masih ada tumpahan minyak

Mobil dan Sopir Terjun Bebas ke Perairan Laut Ruko Bandar Balikpapanilustrasi korban (IDN Times/Mardya Shakti)

Kasatpolairud Polresta Balikpapan Ajun Komisaris Polisi Kasianto menyebutkan di sekitar lokasi kejadian masih terlihat sisa-sisa tumpahan minyak yang diduga berasal dari mobil nahas. 

Warga diminta tidak menyalakan api  di sekitar lokasi tersebut. 

Baca Juga: Brimob Polda Kaltim Tiba di Balikpapan setelah Tugas di Poso dan Papua

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya