Comscore Tracker

Nasdem Usung Ahmad Basir Bacalon Wali Kota di Pilkada Balikpapan

Pilah-pilih 5 nama bakal calon wakil wali kota 

Balikpapan, IDN Times - Dewan Pimpinan Pusat Partai NasDem memberikan rekomendasi kepada Ahmad Basir untuk maju sebagai Bakal Calon Wali Kota Baikpapan pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Surat rekomendasi ini diserahkan langsung Sekretaris DPW NasDem Kaltim Fatimah Ahmad kepada Ketua DPD NasDem Kota Balikpapan Rizal Effendi yang kemudian menyerahkannya ke Ahmad Basir.

“Surat rekomendasi ini dari DPP yang diserahkan ke DPW, namun resminya nanti setelah ada pasangannya dan ini makin mengkirstal yang nantinya akan ditambah dengan koalisi partai,” ujar Ketua DPD NasDem Kota Balikpapan, Rizal Effendi usai menyerahkan surat rekomendasi di Kantor DPD NasDem Balikpapan Baru, Senin (29/6).

1. NasDem akan bangun koalisi

Nasdem Usung Ahmad Basir Bacalon Wali Kota di Pilkada BalikpapanIDN Times / Hilmansyah

Partai NasDem akan membangun koalisi dengan 5 partai politik yang di parlemen, partai-partai tersebut yakni PPP, Hanura, Perindo dan PKB.

“Saat ini ada 10 suara parlemen dimana syaratnya hanya 9 kursi, saat ini NasDem yang memiliki tiga kursi di parlemen terus membangun komunikasi politik dengan PPP yang memiliki tiga kursi, Hanura dengan dua kursi, Perindo dengan satu kursi, PKB yang juga satu kursi,” ujar Rizal.

Kerja keras ini, kata Rizal harus dilakukan seluruh elemen partai terutama bakal calon wali kota yang sudah mendapatkan rekomendasi dari DPP NasDem.

Baca Juga: Imbas Pandemik COVID-19, KPU Balikpapan Turunkan Target Jumlah Pemilih

2. Ada 5 nama bakal calon wawali yang akan mendampingi Ahmad Basir

Nasdem Usung Ahmad Basir Bacalon Wali Kota di Pilkada BalikpapanIDN Times / Hilmansyah

Selain mempersiapkan koalisi partai, NasDem juga tengah mempersiapkan calon wakil wali kota yang akan dipasangkan dengan Ahmad Basir. Dari 15 nama yang sudah masuk sudah mulai dikerucutkan menjadi sekitar 5 nama.

“Ya saat ini sudah dikerucutkan menjadi 4 sampai 5 nama, mereka dari latar belakang yang berbeda-beda ada yang birokrasi, politis, pengusaha hingga tokoh masyarakat, mudah-mudahan dalam waktu satu dua minggu kedepan nama calon wawalinya sudah ada,” terang Rizal.

Rizal menambahkan, latar belakang  bakal calon wawali tidak dipermasahlakan yang penting yang bersangkutan mampu berkontribusi dalam memenangkan pasangan calon. Penentuan bakal calon wawali ini sendiri bisa dilakukan dari pengamatan, survei bahkan rekomendasi dari partai koalisi pengusung pasangan calon.

3. Partai nonparlemen juga memberikan dukungan

Nasdem Usung Ahmad Basir Bacalon Wali Kota di Pilkada BalikpapanBakal Calon Wali Kota Balikpapan Ahmad Basir (IDN Times / Hilmansyah)

Selain itu, NasDem juga mengklaim selain partai parlemen, sejumlah partai nonparlemen juga telah menyampaikan dukungannya kepada kepada Ahmad Basir diantaranya PSI, PBB dan PAN, meski bukan sebagai partai pengusung.

“Balikpapan kedepan tidak bisa dibangun dengan satu atau dua orang saja atau satu dua kelompok saja, namun harus dibangun semua lapisan masyarakat, Saat ini saya sudah membangun komunikasi politik dengan 5 parpol yang ada di parlemen, mudah-mudahan akan ada rekomendasi lagi dari parpol-parpol tersebut,” ujar Basir.

Sementara untuk pasangannya sebagai bakal calon wakil wali kota, dari lima nama yang mencuat masih akan dicari yang terbaik. Basir menjelaskan, saat ini masih dilakukan penjaringan sambil meminta masukan dari berbagai kalangan.

Baca Juga: PKS Resmi Dukung Rahmad Masud Maju sebagai Calon Wali Kota Balikpapan

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya